Tegese Ngayahi Tuladha Lan Ukarane Tembung Bahasa Jawa

tegese ngayahi ukarane bahasa jawa
Share

Tegese Ngayahi tuladha lan ukarane tembung Bahasa Jawa. Contoh kalimat menggunakan kata ngayahi artinya beserta conto basa Jowo. Pelajaran untuk siswa siswi anak didik SMP MTs jenjang kelas (delapan).

pontren.com – assalaamu’alaikum wa rahmatullah wa barakatuh, ngayahi tegese yaiku nindaake, nglakoni. Arti dari ngayahi artinya adalah melakukan atau melaksanakan. Jadi sekarang sudah paham ya maksudnya kata ini.

Mengkono, Ngayahi padha tegese karo tembung iku mau yaiku nglakoni utawa nindaake. Artinya oleh karena itu, ngayahi memiliki arti yang sama dengan kata tadi, yaitu melakukan atau melaksanakan.

Jadi kata ini dalam penggunaannya berkaitan dengan mengerjakan atau melaksanakan sesuatu, yang dalam bahasa Inggrisnya adalah do something (melakukan sesuatu).

Kalau sampean ingat dalam bahasa jawa yang berbunyi,” Wong kae ayahane akeh”. Maksudnya adalah orang tersebut memiliki pekerjaan atau melakukan sesuatu yang banyak.

Atau misalnya istilah lain yang untuk kata sindiran maupun bisa sebagai pujian.

Kalimatnya yaitu,”kabeh diayahi”. Arti rangkaian kata atau ukara tembung kabeh diayahi yaiku sembarang kalir digarap dikerjakno. Maknanya semuanya diambil untuk dikerjakan.

Tegese Ngayahi tuladha lan ukarane tembung Bahasa Jawa

Berikut ini adalah contoh kalimat bahasa Jawa menggunakan kata yang barusan kita bahas.

Tentunya kami siapkan juga terjemahnya dalam Bahasa Indonesia untuk memudahkan kalangan yang hendak tahu apa artinya.

Gaweo ukara nganggo tembung ngayahi! artinya, buatlah kalimat dengan menggunakan kata ngayahi dalam Bahasa Jawa.

Berikut conto tuladha ukarane ngayahi.

Sawise kepilih dadi Kepala Desa, tanggung jawabe Bapak Ponco Adi Prasetya dadi tansaya akeh. Saliyane ngayahi jejibahane minangka kepala keluarga lan pengusaha minimarket, dheweke kudu bisa ngatur lan ngelola Desa saengga Desa Girimulya bisa makmur wargane aman sentausa.

Artinya adalah sebagai berikut;

Setelah terpilih menjadi Kepala Desa, Tanggungjawabnya Bapak Ponco Adi Prasetyo semakin bertambah Banyak.

Selain mengerjakan kewajiban sebagai kepala keluarga dan menjadi pengusaha minimarket, dia juga harus bisa mengatur dan mengelola Desa sehingga Desa Girimulyo bisa makmur, warganya aman dan sentosa.

Anda bisa mengubah kata dan profesi pada contoh ini dengan kalimat yang lain, semisal ketua kelas sebagai murid, atau sekretaris dan lain sebagainya.

Contoh yang lain misalnya;

Dadi murid sekolah kudu pinter ngatur wektu supaya bisa ngayahi jejibahan sekolah lan tugas saka bapa ibu.

Artinya, menjadi murid pada sekolahan harus pintar menata waktu supaya bisa melaksanakan kewajiban sekolah serta tugas dari bapak dan ibu.

Iku mau tuladha conto ukara tembung ngayahi basa jawa lan tegese, ing pangajab bisa nggampangake siswa siswi SMP MTs kelas 8 (wolu) nggarap gawean ngomah (GN).

Artinya, itu tadi contoh kalimat kata ngayahi dalam bahasa jawa beserta artinya, harapannya bisa memudahkan para siswa siswi kelas 8 MTs maupun SMP dalam mengerjakan PR Pekerjaan rumah maupun ulangan soal ujian semesteran.

Akhirnya, salam kenal, wilujeng siang dan wassalaamu’alaikum wa rahmatullah wa barakatuh.


Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *