Contoh Susunan Panitia hajatan Manten Beserta Tugasnya

susunan-panitia-acara-hajatan-pernikahan

Informasi tentang susunan panitia pada acara pernikahan perkawinan maupun ngunduh mantu yang biasa dipergunakan oleh masyarakat jawa baik dikota maupun didesa dapat di download dalam format doc ms word guna kemudahan edit dan penggantian nama beserta jabatan.

Pontren.com – assalamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh. Wilujeng enjang poro sedulur. Pada masyarakat biasa sebelum pelaksanaan hari H terdapat acara panitia kecil maupun kumbokarnan, disini adalah acara tentang penyusunan panitia hajatan manten atau walimatul ursy beserta pembagian tugas maupun pembagian ulem surat undangan guna dibagikan kepada sang pemilik nama.

Keberadaan panitia ini berfungsi untuk penghematan biaya dan pengeluaran pemilik hajat karena tidak diperlukan penyewaan even organizer, termasuk juga sarana sillaturrahmi antar warga turut menikmati pelaksanaan raja sehari.

Selain itu juga pembagian tugas peminjaman bolo pecah, kajang, yang tentunya berkewajiban juga dalam pengembalian benda benda yang dipergunakan dalam acara.

Saat ini tugas dari para jayeng among tamu maupun sinoman adakalanya telah sedikit berkurang karena trend orang sang empu pemilik hajatan ada yang memilih atau menggunakan jasa even organizer ataupun jasa catering dalam kegiatan pernikahan.

Berikut adalah contoh susunan panitia acara nikah sebagai acuan maupun pertimbangan dalam pembuatannya.

Selamat menikmati.

Contoh Susunan Panitia Pernikahan

SUSUNAN PANITIA HAJATAN MANTEN
Tempat: Bpk. Jimin Hadi Suparno
Hari/Tgl: Sabtu Legi Malam Ahad Pahing, 23 Juni 2020
Rr. Hartini Daup Kaliyan Bgs. Hartono

  1. Paran Poro : Bpk. H. Padmo Surato
    Bpk. Suhardi
    Bpk. Supardi
  2. Ketua Panitia : Bpk. Wahyudi
    Bpk. Parsam Abdul Azis
  3. Sekretaris : Sdr. Amir Marzuki
  4. Bendahara : Ibu Lugimin/Mukinem

Seksi-seksi:

  1. Kajang : Bpk. Sukino Cs.
    Bpk. Wito Kabul Cs.
  2. Toto Tarub : Bpk. H. Jumadi
    Bpk. Teguh Santoso
    Bpk. Suratman Kentut
  3. Jayengan : Bpk. Sukimin
    Bpk. Warsono Sunggul
  4. Konsumsi : Ibu Mukinem
    Ibu Partinah
    Bpk. Muhammad Mujahid
    Bpk. Sumarno
  5. Ulem Ijohan : Bpk. Rewang
    Bpk. Karmin
    Bpk. Sarmin
    Bpk. Wahyono
    Bpk. Slamet Mugi
    Bpk. Suroto
  6. Ulem Surat : ITABI
  7. Dekorasi/Janur : ITABI
  8. Sinoman/Pramuladi : ITABI
  9. Pambiworo : Bpk. Pariyo
  10. Caroko Adicoro : Bpk. Syarifuddin
  11. Dokumentasi : Nur Arif
  12. Rias Manten : Ibu H. Parto Diharjo
  13. Perlengkapan : Bpk. Arjo Jiman
    Bpk. Lukman
    Bpk. Kadiman
    Bpk. Suyadi
    Bpk. Tugimin
  14. Nompo Bolo Pecah : Bpk. Teguh
    Bpk. Simin
  15. Penghubung : Sdr. Qomarul
    Sdr. Muhsin Burhani
    Sdr. Taufiqurrahman
  16. Hiburan : FATWA SENADA
  17. Penerangan : Dipo Sound System
  18. Among Tamu : Bpk. Mardina Sekalian (Bayan)
    Bpk. Setiyono Sekalian
    Bpk. Suhardi Sekalian
    Bpk. H. Jumadi Sekalian
    Bpk. Suyanto Sekalian
    Bpk. Sumardi Sekalian
    Bpk. Darmanto Sekalian
    Ibu Pariyo Sumiati
  19. Among Tamu Keluarga : Bpk. H. Padmo Surato
    Bpk. Sukirno Dirjo Martono Sekalian
    Bpk. Samidi Sekalian
    Bpk. Turut Muslim Sekalian
    Bpk. Lugimin Sekalian
    Bpk. Wijiyanto R. A. Sekalian
    Bpk. Arjo Jiman Sekalian
    Bpk. Suyadi Sekalian
  20. Keamanan : Bpk. Lasimin
    Bpk. Sugiyo
    Bpk. Sadiyanto
  21. Patah Sakembaran : Fadila Ramadania
    Mutiara Marfu’ah
  22. Penunggu Kado/Souvenir : Qomariyah
    Hafizh Fauziyah
  23. Panompo Pasrah : Bpk. Setiyono, S.Pd.
  24. Atur Pambagyo Harjo : Bpk. Suparno, S.Ag. (Lurah)
    Penjabaran Tugas Panitia Hajat Manten

Perlu juga di ketengahkan apa saja yang menjadi tanggungjawab masing masing bidang seksi guna memahami apa saja yang harus dilakukan dan diselesaikan dengan cermat guna ketepatan dan presisi waktu, alat bahan dan juga susunan acara.

Sekretaris

Hendaknya yang memiliki kemampuan dalam penulisan komputer yang mumpuni dan betah atau tahan dalam mengetik serta memiliki ingatan yang kuat tentang apa saja yang perlu atau telah ditulis. Memiliki tanggungjawab dalam mencatat barang barang pinjaman maupun surat ulem yang perlu diedarkan, serta melakukan konfirmasi atas kehadiran tamu.

Bendahara

bendahara madin melihat uang

Bertugas melakukan pencatatan pengeluaran secara rapi yang mengatur sirkulasi keuangan dalam rangka kebutuhan kegiatan hajatan, mestinya pos bendahara ini dipegang oleh pihak keluarga atau seseorang yang sangat dipercaya dalam bidang keuangan oleh pemilik hajatan.

Tata Tarub

Tarub berasal dari kata ditata karep ben murup, tugas tata tarub yaitu melakukan penataan ruang dan pemasangan tenda di sekitar rumah yang punya hajat untuk dijadikan sebagai tambahan ruang bagi para tamu maupun para rewang

Melakukan pemasangan pemasangan berbagai hiasan seperti anyaman daun kelapa untuk peneduh (bleketepe) rangkaian janur kuning, pisang tuwuhan/suluhan, kelapa muda dan berbagai dedaunan

Membuat hiasan sepasang suluhan pisang suluhan Di muka pintu masuk rumah bagian kanan dan kiri, biasanya diletakkan. Pisang suluhan merupakan buah Pisang Raja yang sebagaian buahnya sudah masak secara alami (suluh)

Kemudian elemen elemen yang mendampingi suluhan berupa Elemen pendukung sandang, pangan dan papan biasanya disimbolkan dengan berbagai dedaunan yang dirangkai disekitar pohon pisang raja. Dahan, daun dan buah kapas melambangkan sandang, padi seuntai melambangkan pangan, dan dahan beringin melambangkan papan yang juga bisa dimaknai sebagai pengayom.

Disekitar pohon suluhan ini juga dibuat elemen hias lainnya yaitu Cengkir kuning/gading (kelapa gading muda).

Pelengkap penghias sepasang suluhan juga dapat berupa tebu wulung, yaitu tebu yang berwarna hitam, ada otak atik gatuk yang mengartikan dengan anteb ing kalbu.

Seksi Jayengan

menikmati hidangan rm utama

Menurut Satrio Gunawan, tim peracik minuman teh disebut atau dinamakan dengan Jayeng.

Dalam perkembangan selanjutnya, para pria yang bertugas sebagai kelompok dalam acara hajatan yang menyiapkan minuman teh kepada tamu mulai dari peracikan penyeduhan dan penuangan kedalam gelas atau wadahnya terkenal dengan istilah jayeng.

Termasuk dalam tugas jayeng ini mempersiapkan air bersih guna bahan baku serta mencuci membilas gelas yang dipergunakan dalam acara hajatan.

Seksi Kajang

Memastikan peminjaman kajang dan juga pemasangan dengan memperhatikan bentuk dan lokasi pemasangan, ada baiknya sebelum eksekusi, terlebih dahulu menyampaikan rancangan penempatan kajang.

Jika tuan rumah sudah menyewa peralatan ini tentu akan sangat meringankan para warganya, akan tetapi kalau ada rt atau rw yang memiliki kajang guna dipergunakan warga dengan sewa yang penuh kewargaan tentunya diperukan personel untuk memasangnya.

Seksi Konsumsi

ruang makan rm utama

hal yang menjadi tugas utama dari seksi konsumsi dalam acara hajatan manten atau pernikahan adalah Mengawasi jumlah makanan yang ada sehingga ketersediannya selalu terjamin. Menyiapkan makanan untuk pengantin, keluarga, panitia, penerima tamu dan pendukung acara lainnya.

Dengan begitu seksi konsumsi perlu lihai dalam melakukan estimasi kedatangan tamu dengan ketersediaan makanan yang telah siap disajikan kepada para hadirin yang datang.

Seksi Serat Ulem

Bertugas untuk memilah milah tujuan ulem kemudian membagikan kepada para petugas dan memantau perkembangan pendistribusian ulem juga meminimalisir kesalahan nama dan gelar dalam ulem.

Selanjutnya memastikan ulem sampai kepada yang bersangkutan dan apabila ada pengembalian ulem karena alamat yang salah atau pindah alamat segera melakukan konfirmasi kepada pemilik hajat.

Bagi petugas yang memiliki tanggungjawab mendistribusikan ulem kepada tamu yang diundang hendaknya segera menyampaikan undangan dan memastikan bahwa serat ulem tersebut sampai ditangan yang bersangkutan.

Jikapun dititipkan maka harus yakin bahwa yang diberikan titipan ulem serat sedahan memang mengenal dan tau serta diyakini menyampaikan surat undangan kepada yang bersangkutan.

Seksi Ulem Ijohan

cara-penulisan-daftar-pustaka

Ulem ijohan adalah undangan untuk datang ke acara pernikahan (dan tentunya dengan membawa amplop nyumbang atau sumbangan) yang dilakukan tanpa pemberian serat ulem atau undangan.

Jadi undangan ini bersifat lisan.

Dalam istilah kata lain dalam bahasa jawa adakalanya ada yang menyebut dengan penggunaan kata “atur – atur”.

Tugas seksi ijohan ulem ini adalah memastikan pemberitahuan tentang hajatan dapat disampaikan secara jelas kepada yang dituju di wilayah tertentu.

Dapat berupa kelompok khusus yang bertugas untuk melakukan ijohan, juga bisa kepada pembawa ulem untuk disebar dengan catatan ijohan di wilayah yang dilewati seandainya namanya tidak tercantum dalam surat undangan.

Seksi Dekorasi / janur kuning

Bertugas membuat hiasan baik berupa tulisan maupun dalam pembuatan kembar mayang janur kuning.
Hal yang paling lumrah adalah kembar mayang dirangkai sebanyak dua buah dan memiliki bagian-bagian yang sama. Bagian-bagian tersebut adalah tatakan, awak, dan mahkota.

Mengenai hiasan tulisan sugeng rawuh, sugeng riyadi, wilujeng lelenggahan, maupun kreasi kata yang lain, Saat ini keberadaan mmt sangat membantu dalam kemudahan untuk dekorasi karena sifatnya yang praktis dan rapi dibandingkan dengan tulisan yang dibuat dengan kertas dengan pembuatan yang lama serta bahan baku yang seimbang dengan harga cetak MMT.

Tugas Seksi Sinoman atau Pramuladi

makanan-awet-tahan-lama-santri-pondok-pesantren

Yang menjadi tugas utama atau pokok dari para muda mudi yang tergabung dalam organisasi sinoman dikala sedang ada acara hajatan adalah adalah melayani, menghidangkan minuman dan makanan kepada para tamu.

Biasanya sinoman ini hilir mudik menyuguhkan konsumsi kepada para tamu dengan dikomandoi oleh koordinator dan dipandu para among tamu dalam penyajian makanannya.

Tugas sinoman akan berkurang banyak jika model hajatan dengan menggunakan metode prasmanan untuk perjamuan makanan para tamu.

Petugas Pambiworo / pambiwara

Selain bertugas membawakan acara saat hajatan berlangsung, seorang pambiwara wajib dan perlu memastikan keabsahan nama dan gelar orang yang nantinya akan disebutkan dalam acara baik pengantin, orang tua, keluarga, kalangan pejabat dan lain sebagainya.

Juga memastikan tentang susunan acara yang akan diucapkan telah terverifikasi kebenaran urutannya dan juga siapa saja yang nanti melakukannya, misalnya mubaligh ular ular oleh s A, doa penutup oleh si B, penata foto oleh si C dan lain lain.

Seksi Dokumentasi

majelis taklim dibawah yayasan

Meskipun saat ini sudah banyak persewaan maupun fotografer acara perkawinan, di wilayah yang masih kuat gotong royong bisa saja urusan dokumentasi diserahkan kepada warga atau yang biasa melaksanakan.

Tentunya ahli bidang fotografi dan pandai dalam mengoperasikan peralatan digital yang dipilih.

Keahlian dalam mengambil moment pernikahan serta kelengkapan person yang perlu diambil gambarnya merupakan tantangan tersendiri bagi fotografer wedding ini.

Seksi Perlengkapan

Merupakan seksi sapujagad yang tidak tercover oleh seksi lain dalam penyediaan peralatan dan kelengkapan pernikahan.

Sangat mungkin perbedaan adat istiadat suatu wilayah membuat tugas dari para seksi perlengkapan ini berbeda beda.

paling sering terlibat dalam menyiapkan peralatan dalam pra pelaksanaan walimahan baik tempat lokasi supaya nyaman dipergunakan maupun kelengkapan sarana prasarana petugas pernikahan.

Rias Manten

Dari namanya sudah jelas yaitu merias calon manten beserta yang lain berkaitan dengan acara hajatan.

Bagi petugas rias manten harus sangat memperhatikan kecermatan dan ketepatan waktu selesai dalam merias karena kalau molor dan penghulu sudah ditunggu di tempat walimahan lain maka beresiko ditinggal oleh petugas PPN atau Penghulu dari KUA.

Untuk itu ketepatan waktu periasan dan hasil maksimal merupakan kombinasi mutlak ukuran sukses seorang perias manten.

Hasil indah tapi molor bisa menjadi awal bencana keruwetan dalam susunan acara manten.

Among Tamu

Among tamu adalah mereka yang bertugas untuk menyambut, mengantar sekaligus “ngemong”, “ngangon” , mengajak ngobrol para tamu undangan.

Among tamu bisa juga berfungsi sebagai pengganti tuan rumah dalam menerima tamu karena kesibukan sohibul hajat dalam walimahan.

Selain tugas diatas, biasanya secara umum yang dapat ditangkap oleh khalayak adalah among tamu mengarahkan dimana tempat duduk para tamu yang datang, kemudian juga memantau para hadirin yang belum dan sudah mendapatkan snack kudapan minum maupun hidangan makan.

Among tamu keluarga

guru madrasah diniyah takmiliyah

Merupakan penyambut tamu yang lebih spesifik yaitu among tamu bagi keluarga mempelai baik pihak laki laki atau perempuan.

Bertugas memastikan kebutuhan dari pihak pengantin ini tercukupi dalam hal konsumsi dan kaitan dengan foto keluarga maupun yang berkenaan dengan acara pernikahan.

Termasuk menemani basa basi ngobrol jika diperlukan.

Nompo Bolo Pecah

Bertugas untuk menerima peralatan makan yang umumnya terbuat dari bahan beling kaca yang mudah pecah, sehingga disebut dengan bolo pecah.

Umumnya bolo pecah adalah gelas piring mangkuk termasuk sendok garpu didalamnya.

Petugas ini melakukan penghitungan jumlah dan memastikan bentuk model supaya nanti saat dikembalikan tidak terjadi kesimpangsiuran dalam jumlah dan bentuk barang.

Patah Sakembaran

lampiran SK izin operasional PPS Wajardikdas Ula Wustha
(c) Faizal Riza

Merupakan pendamping cilik untuk penganten, biasanya bertugas mengipasi penganten, umumnya berusia anak SD atau sebelumnya dan dicarikan anak paling cantik dan terimut yang bisa didapatkan.

Dalam bahasa jawa biasa disebut dengan patah dan umumnya terdiri dari 2 orang anak yang duduk mengapit mempelai.

Penunggu Kado Souvenir

Gadis gadis cantik yang berada di belakang meja sebagai tempat diletakkan kado dari teman pengantin, dibekali dengan buku dan pena yang berfungsi untuk mencatat nama dan alamat pemberi kado.

Juga bertugas dalam memberikan souvenir buah tangan dari pemilik acara hajatan walimahan kepada para tamu. Biasanya para penunggu Kado ini sudah dandan maksimal dengan seragam mentereng pemberian tuan rumah.

Panompo pasrah / panampi pasrah

Seseorang yang bertugas mewakili pihak keluarga mempelai wanita dalam menerima pengantin pria.

Biasanya dilakukan dengan cara ucapan verbal menggunakan bahasa jawa dalam sastra yang sangat halus bahkan cenderung sudah lama sekali sehingga kalangan anak muda akan mengeryitkan dahi jika diminta untuk mengartikan kedalam bahasa Indonesia

Atur Pambagyaharja / Pambagyo Harjo

kartun-pembawa-acara-bahasa-jawa

Bertugas untuk mewakili tuan rumah dalam pambagyaharja.

Apa itu pambagyaharja?

pambagyaharjo adalah sambutan yang berisi ucapan selamat datang dan terima kasih kepada para hadirin acara walimahan oleh tuan rumah yang diwakilkan kepada orang lain dan biasanya yang mewakili adalah sesepuh desa atau orang yang dihormati pada lingkungan.

Dalam isian pambagyaharja standarnya yaitu

  1. mbagekake tamu atau menyapa para hadirin memberi ucapan selamat datang
  2. menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu
  3. menyampaikan informasi tujuan diadakannya acara
  4. minta doa dan restu kepada para pengunjung
  5. mengajak atau meminta kepada para tamu supaya dapat mengikuti acara hingga kelar

Seksi Keamanan

Paling sering yang menjadi dedengkotnya adalah hansip setempat atau tokoh sangar di lingkungan tertentu, yang menjadi sasaran utama pihak keamanan tentunya keamanan hajatan dan juga lingkungan beserta persiapan tempat parkir kendaraan bagi para tamu.

doa naik motor

Penataan parkiran serta kelancaran lalu lintas merupakan salah satu tugas pokok dari seksi keamanan dalam hal acara manten.

Penutup tulisan susunan panitia hajatan Manten

Demikian contoh susunan kepanitiaan dalam persiapan acara walimatul ursy atau yang biasa disebut dengan mantenan.

Dalam prosesi penyusunan ini biasanya para pejabat di lingkungan memiliki andil yang besar utamanya di kampung atau desa yang belum banyak terkontaminasi asap kendaraan bermotor baik mobil maupun sepeda.

Tentunya dalam penyusunan panitia diatas dan pemilihan bagian atau seksi mengacu kepada kebutuhan dan akomodasi terhadap eksistensi tokoh masyarakat tanpa meninggalkan fungsionalitas dan kemanfaatan.

Perubahan istilah maupun pengantian bagian termasuk dalam modifikasi merupakan hal yang sangat perlu diperhatikan demi kelancaran dan kecermatan dalam perjalanan acara yang semoga lancar aman terkendali tiada hal yang mengecewakan.

Demikian, wilujeng enjang, wassalamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh.

loading...

Silakan berkomentar