Allahu yahdik Artinya Tulisan Arab Ungkapan Mendoakan

Share

Allahu yahdik artinya beserta tulisan Arab baik dengan huruf Gundul Jawi maupun dengan harakat syakal beserta gambar kaligrafi yang merupakan salah satu ungkapan mendoakan dan berharap kebaikan kepada lawan bicara.

pontren.com – assalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh, secara bahasa, arti Allahu yahdik adalah Semoga Allah memberimu petunjuk hidayah.

Kata Allahu yahdik memiliki susunan kata Allahu ( اَللّٰهُ ) + yahdii = memberi hidayah (يَهْدِيْ) dan kamu (كَ).

Anda tentu mengetahui hidayah dalam mengartikannya pada kata Allahu yahdik.

Kata hidayah sendiri kata Akar katanya ialah : هدى – يهدي – هديا – هدى – هدية – هداية (hadaa, yahdii, hadyan, hudan, hidyatan, hidaayatan), pada kata terakhir hidaayatan apabila membacanya dengan waqof maka menjadi hidaayah.

Yahdii merupakan fi’il mudhari’.

Untuk kata allahu yahdik ini tujuannya jelas, yaitu ucapan untuk orang kedua atau lawan bicara. Dalam hal ini kamu.

Jika menggunakan fi’il madhi untuk mengucapkan atau mendoakan semoga Allah memberikan hidayah kita maka ucapannya adalah;

هَدَانَا الله

Tulisan Arab Allahu Yahdik

Entah kenapa saat saya membaca kumparan maupun blog dosen pintar, mereka menuliskan kalimat Allahu yahdik tanpa huruf ya’.

Apakah yang menulisnya memang sekedar copas asal nulis mengejar traffic atau bagaimana saya juga kurang paham.

Makanya pada blog yang ramai pengunjung tapi komentarnya ditutup mungkin pertimbangan ngeri aja kalau dikomentari dan ada koreksi pada tulisannya, bisa menjatuhkan kredibilitas blog karena asal nulis tanpa lambaran pengetahuan yang memadai.

Kemudian saya mencari berbagai sumber yang lebih bisa kita percaya daripada sekedar kumparan maupun dosenpintar dalam hal menulis kalimat arab.

Kemudian akhirnya kesimpulan tulisan Arab Allahu yahdik adalah sebagai berikut apabila berharakat;

Apabila hendak menulisnya dalam tulisan Arab gundul Jawi maka lebih praktis, bisa untuk ucapan kepada laki-laki maupun perempuan karena ketiadaan harakat syakalnya.

Berikut tulisannya.

Nah bagi anda yang mencari-cari tulisan teks Arab, sebaiknya juga perlu memperhatikan situs blog yang anda baca, adakalanya ada yang sekedar copas dari berbagai tulisan, dan yang di kopi paste juga bisa saja asal nulis.

Bahkan media kumparan yang banyak pengunjungnya pun sepertinya banyak yang ngambil tulisan dari berbagai blog kemudian mereka tempelkan pada situs mereka, (dengan pede dan tanpa rasa salah serta engga ngasih tautan).

Yah seperti itulah dunia maya dalam tulisan, dalam rangka hati-hati, sebaiknya kita juga perlu memverifikasi berbagai tulisan bukan hanya sekedar langsung percaya dengan apa yang ada pada internet meskipun dipajang oleh media mainstream nasional.

Gambar Tulisan Kaligrafi Allahu yahdik

Oh iya tadi saya hampir saja lupa untuk melampirkan gambar tulisan sebagai DP atau Whatsapp pada hape canggih anda.

Kami membuatnya dua gambar dalam format png atau JPG menyesuaikan kebutuhan ringan dalam mengunduhnya.

Yang pertama yaitu berbentuk square dalam rangka memenuhi keperluan gambar dp WA.

Berikut kaligafi ringannya.

allahu yahdik tulisan arab

Sedangkan untuk status, kami rancang supaya pas lebar dan panjangnya pada hape android sampean, kalau iphone saya sih kurang paham ya, engga pernah punya (dan sepertinya enggak minat, maahal bro!).

allahu yahdik artinya

Penutup

Demikian informasi mengenai arti dan tulisan Allahu Yahdiika, semoga bisa menjadi tambahan khazanah dalam cara menulis dalam teks Arab beserta istilah dan kalimat mendoakan yang Islami.

Wilujeng dalu, salam kenal dan akhirnya selamat malam dan wassalaamu’alaikum.


Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *