Allahumma antassalam waminkassalam tabarakta ya dzaljalali wal ikram


doa-dan-harapan-di-akhir-ramadan

informasi tentang tulisan arab allahumma antassalam waminkassalam tabarakta ya dzaljalali wal ikram lengkap dengan harakat syakal beserta arti terjemah bahasa Indonesia, sebagai salah satu dzikir setelah salat berdasarkan dalil hadits nabi yang sahih.

pontren.com – assalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakaatuh, wilujeng dalu kaum muslimin wal muslimat di berbagai belahan dunia, semoga keberkahan dan keselamatan senantiasa dilimpahkan kepada kita semuanya.

Dalam beribadah maupun berdoa, tentunya umat Islam merujuk kepada Nabi Muhammad melalui berbagai riwayat hadits yang memiliki derajat shahih sampai dengan mutawatir.

Salah satunya yaitu dzikir yang berkenaan dengan setelah menunaikan ibadah salat, misalnya salat wajib 5 waktu.

Tentunya kaum muslimin akan lebih sreg bila menggunakan dzikir yang benar menurut rasulullah.

Dzikir yang termasuk lazim kita dengar yaitu allahumma antassalaam wa minkas salam ilal akhir.

Darimana dasar atau dalil mengenai bacaan tersebut?

Sebagai landasan dalam berdzikir lafadz allahumma antassalam dapat anda lihat dalam hadits riwayat Imam Muslim nomor 591.

Dalam hadits tersebut berasal dari riwayat Tsauban radhiallahu’anhu, Nabi Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda:

كَانَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عليه وسلَّمَ، إذَا انْصَرَفَ مِنْ صَلَاتِهِ اسْتَغْفَرَ ثَلَاثًا وَقالَ: اللَّهُمَّ أَنْتَ السَّلَامُ وَمِنْكَ السَّلَامُ، تَبَارَكْتَ يا ذَا الجَلَالِ وَالإِكْرَامِ

artinya “Biasanya Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam jika selesai shalat, beliau beristighfar 3x, lalu membaca doa: “Allaahumma antas salaam wa minkas salaam tabaarakta yaa dzal jalaali wal ikroom”

Dari hadits diatas, menjadi landasan bagi muslimin setelah selesai melaksanakan kemudian melakukan istighfar (minta ampunan) dan kemudian membaca doa Allahumma antas salam tersebut.

Menurut al Auza’i, yang dimaksud dengan bacaan istighfar adalah mengucapkan kalimat astaghfirullah.

Tulisan allahumma antassalam Arab

Seperti apakah tulisannya secara lengkap dalam huruf hijaiyah arab dilengkapi harakat tentang dzikir allahumma antas salam?

Berikut teks arabnya disertai dengan harakat atau syakal yang dapat di copy paste pada blog maupun word komputer laptop serta smartphone telepon pintar anda.

اللَّهُمَّ أَنْتَ السَّلَامُ وَمِنْكَ السَّلَامُ، تَبَارَكْتَ يا ذَا الجَلَالِ وَالإِكْرَامِ

Tulisan latin : Allaahumma antas salaam w minkas salaam tabaarakta yaa dzal jalaali wal ikroom.

arti allahumma antassalam waminkassalam

apakah arti dan terjemah dari allahumma antassalam wa minkas salaam kedalam bahasa Indonesia?

Arti bacaan allahumma antas salaam wa minkas salaam adalah sebagai berikut:

Artinya : “Ya Allah, Engkau pemberi keselamatan, dan dariMu keselamatan, Maha Suci Engkau, wahai Tuhan Yang Pemilik Keagungan dan Kemuliaan.

Itulah ulasan singkat tentang dzikir allahumma antas salam disertai dalil landasan yang berasal dari hadits shahih riwayat imam Muslim dari Riwayat Tsauban Radhiyallahu ‘anhu (RA).

Semoga menambah wawasan mengenai dalil dan dasar landasan tentang berdzikir yang benar menurut rasulullah utamanya setelah melaksanakan sholat.

Wilujeng dalu, selamat beristirahat, semoga kita termasuk kedalam orang orang yang dirahmati dalam kehidupan di dunia dan di akhirat.

Wassalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakaatuh.

monggo silakan komen atau tanya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.