Tembung Ancase Tegese tuladha Ukara

Share

Tembung Ancase Tegese basa Jawa lan tuladha Ukarane lengkap dengan arti dan terjemahnya dalam Bahasa Indonesia beserta dengan contoh kalimat menggunakan boso Jowo. uga tulisan ancase Sengkuni ing crita Wayang.

pontren.com – assalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh. Ancase tegese yaiku maksute, tujuane. Arti ancas adalah maksud atau tujuan, dengan begitu arti ancase adalah maksudnya atau tujuannya.

Jika anda mendapatkan soal pada bahasa Jawa untuk menggunakan kata ini dalam contoh kalimat, maka sangat perlu sampean mengetahui arti maksud dari kosakatanya.

Jika tidak mengetahui maka akan susah membuat dan merangkainya dalam susunan sebuah kalimat yang memiliki arti jelas mengenai bahasa jawa ancas.

Tembung Ancase Tegese tuladha Ukara

Sekarang melangkah kepada contoh penggunaan kata ini dalam kalimat bahasa Jawa.

Misalnya ada soal berbunyi gawea tuladha ukara nganggo tembung ancase! Yang artinya Buatlah contoh kalimat dalam Bahasa Jawa yang menggunakan kata ancase (maksudnya/tujuannya)!.

Berikut ini beberapa conto utawa tuladhane.

Ancase bocah sinau nang sekolah supaya entuk ngelmu lan bisa kanggo bekal urip saiki lan mbesuk dunya akhirat. Artinya tujuan anak belajar di sekolah supaya mendapatkan ilmu serta bisa menjadi bekal hidup saat ini dan akan datang baik dunia maupun akhirat.

Conto tuladha ukara nganggo tembung ancase basa jawa kang nomer loro (contoh kalimat menggunakan kata ancase Bahasa Jawa yang nomor dua) yaiku;

Ancase simbah ngajak plesir Bima menyang Surabaya ancase supaya putune iso weruh kutha kang gede. Artinya Kakek/nenek mengajak Bima piknik ke Surabaya maksudnya agar cucunya bisa mengetahui kota yang besar.

Contoh lainnya yaitu; ancase urip iku ora gur mangan ngombe lan turu, artinya adalah “ tujuannya hidup itu tidak hanya makan, minum dan tidur.

Ancase tumindak kang becik ing dongeng yaiku dadi piwulang marang para siswa supaya bisa nindakake kabecikan lan ninggalake bab kang ala. Tujuan berbuat baik dalam dongeng yaitu menjadi contoh bagi para murid supaya melakukan perbuatan baik dan meninggalkan hal yang buruk.

Ancase Sengkuni

ancase sengkuni

Kali ini berkenaan dengan cerita wayang, yaitu maksud sengkuni dalam kisah pewayangan.

Tujuannya sengkuni dalam wayang ada banyak misalnya merebut kerajaan indraprastha milik Pandawa, menghabisi seluruh Pandawa beserta keturunannya, bahkan membuat habis keturunan Abiyasa karena dendam kesumatnya.

Yang dalam bahasa Jawanya yaitu;

Ancase sengkuni yaiku ngrebut kerajaan Indraprastha seka Pandawa lan merjoyo kabeh Pandawa Lima. Luwih-luwih Deweke uga kepengen numpes keturunane resi Byasa mergo dendame kang ngedap-edapi.

Demikianlah informasi mengenai tegese ancase ukarane tembung basa Jawa beserta arti dan terjemahnya dalam Bahasa Indonesia. Wilujeng siang, wassalaamu’alaikum.


Share

Mumtaz Hanif

salam blogger

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *