Man Saara Alaa Darbi Wasola tulisan arab dan artinya

jalan tol

Man sara alad darbi wasala tulisan arab dan artinya. sebenarnya tulisan latin yang benar ‘alad darbi, tapi dalam rangka menyesuaikan dengan keyword pencarian maka kami tulis judulnya seperti diatas.

Informasi tentang cara penulisan pepatah kata arab man sara alad darbi washola yang merupakan kata kata mutiara dari negeri arab dilengkapi dengan syakal harakat lengkap guna memudahkan untuk di copy paste pada status atau fb twitter sebagai postingan.

Pontren.com – assalamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh, selamat sore, sugeng sonten. Sepertinya setiap Negara bahkan daerah memiliki kata kata mutiara atau kalimat bijak yang dijadikan dalam pedoman hidup yang kata anak milenial sering disebut dengan self reminder atau untuk pengingat diri.

Salah satunya adalah bangsa arab yang juga banyak mempunyai petuah bijak atau kata mutiara yang disebut dengan mahfudhat.

Saking banyaknya kata bijak dalam bahasa arab ini bahkan menjadi mata pelajaran khusus pada lembaga pendidikan Islam khususnya pondok pesantren utamanya yang modern, entah kalau boarding school biasanya tidak ada kecuali memang itu boarding school yang kuat dari segi pesantrennya.

Mahfudhat berbeda dengan hadits nabi

Meskipun kata kata bijak dan bisa dikatakan baik untuk pedoman hidup, akan tetapi mahfudhat tidak bisa dinisbatkan kepada Nabi Muhammad saw, karena merupakan hal yang berbeda.

Dengan begitu untuk dapat diketahui bahwasanya ada beda hadits nabi dengan mahfudhat, jika hadits merupakan perkataan perbuatan dan yang lainnya yang bersumber dari Nabi, sedangkan mahfudhat hanya ungkapan yang adakalanya tidak diketahui siapa pencetus pertama petuah bijak ini.

Tulisan arab man sara ‘alad darbi washola

Salah satu mahfudhat atau petuah bijak yang ada yaitu man saara ‘alad darbi wasola, seperti apakah atau bagaimana cara menulisnya dalam huruf hijaiyah bahasa arab?

Berikut tulisannya dilengkapi dengan harakat atau syakal lengkapnya.

مَنْ سَارَ عَلَى الدَّرْبِ وَصَلَ

Demikian cara penulisan man saara alad darbi wasola dilengkapi dengan fathah kasrah sukun maupun dhammah dan tasydid sehingga bagi yang awam dalam ilmu nahwu sharaf khususnya dan bahasa arab umumnya dapat membacanya dengan benar.

Arti Man saaro alaa darbi wasola

Apakah arti dari mahfudhat ini?
Secara umum arti dari man saara ‘alad darbi washola sebagaimana dibawah ini.

“Barang siapa berjalan pada jalannya, maka dia akan sampai (pada tujuannya)”

Untuk lebih detil dan satu persatu atau arti tiap mufradat adalah sebagai berikut;

مَنْ = siapa
سَارَ= berjalan
عَلَى= di
الدَّرْبِ= jejak
وَصَل = sampai

Itulah artian dari mahfudhat diatas jika diuraikan perkata yang secara makna seperti telah disampaikan.

Ulasan mahfudhat man saara ala ad darbi wasola

Jika seseorang berjalan atau mengurus sesuatu sesuai dengan aturan dan ketentuan yang berlaku tentunya akan selesai apa yang sedang dikerjakannya.

Istilah mentereng saat ini sesuai dengan juknis alias petunjuk teknis yang ada dan tidak mencari alternatif lain yang tidak sesuai jejaknya.

Demikian ulasan tentang arti dari man saara alad darbi washola disertai dengan terjemahan dan tulisan dalam bahasa arab. Wassalamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh.

loading...

One Comment on “Man Saara Alaa Darbi Wasola tulisan arab dan artinya”

Silakan berkomentar