Nama 25 Nabi secara urut


kaligrafi tulisan Muhammad

Informasi nama nama 25 nabi dan rasul secara urut mulai dari nabi Adam dan terakhir nabi Muhammad dan keterangan tambahan tentang nabi NIMIM beserta nabi yang mendapatkan kitab.

pontren.com – assalamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh, ada beberapa pengertian yang dibuat untuk mendefinisikan apa yang dimaksud dengan nabi, salah satu pengertian nabi adalah adalah seorang laki-laki yang mendapat wahyu dari Allah SWT namun tidak wajib disebarkan kepada orang lain.

Sedangkan pengertian dari rasul secara bahasa berasal dari bahasa Arab, rasul berasal dari kata irsal yang artinya adalah memberikan arahan atau membimbing. jadi rasul merupakan nabi yang diberikan wahyu oleh Allah SWT kemudian diperintahkan oleh Allah untuk menyampaikan wahyu yang telah diberikan kepada umat manusia.

Pengertian secara istilah, yang disebut dengan Rasul adalah orang yang mendapat wahyu dari Allah tentang agama dan misinya. Rasul adalah seseorang dengan jenis kelamin laki-laki yang mendapatkan wahyu dari Allah SWT dan memiliki kewajiban untuk menyebar luaskan wahyu tersebut.

Nama 25 Nabi secara urut

Berikut adalah nama nama 25 rasul yang disusun secara urut mulai yang pertama nabi Adam as dan nabi ke 25 yaitu Nabi Muhammad saw

25 nabi secara berurutan adalah

  1. Nabi Adam as
  2. Nabi Idris as
  3. Nabi Nuh as
  4. Nabi Hud as
  5. Nabi Sholeh as
  6. Nabi Ibrahim as
  7. Nabi Luth as
  8. Nabi Ismail as
  9. Nabi Ishaq as
  10. Nabi Yaqub as
  11. Nabi Yusuf as
  12. Nabi Ayub as
  13. Nabi Syuaib as
  14. Nabi Musa as
  15. Nabi Harun as
  16. Nabi Zulkifli as
  17. Nabi Daud as
  18. Nabi Sulaiman as
  19. Nabi Ilyas as
  20. Nabi Ilyasa as
  21. Nabi Yunus as
  22. Nabi Zakaria as
  23. Nabi Yahya as
  24. Nabi Isa as
  25. Nabi Muhammad saw

Itulah susunan nama nama 25 nabi dan rosul yang diurutkan dari yang pertama sampai dengan yang terakhir secara berurutan, dapat dipergunakan guna menjawab pertanyaan “Sebutkan nama 25 nabi dan rasul secara berurutan!”

Nabi yang menerima kitab suci dan suhuf

Sebutkan nama nama nabi yang menerima kitab dan suhuf

Maka jawabannya adalah sebagai berikut ini.

Nabi atau rasul yang menerima kitab suci

Nabi Musa : menerima kitab taurat
Nabi Daud : menerima kitab zabur
Nabi Isa : menerima kitab injil
Nabi Muhammad : menerima kitab Al qur’an

Berikut nama-nama nabi yang menerima suhuf

Nabi Adam as : menerima 10 Suhuf
Nabi Syis as : menerima 50 suhuf
Nabi Idris as : menerima 30 suhuf
Nabi Ibrahim as : menerima 30 Suhuf
Nabi Musa as : menerima 10 Suhuf

Secara ringkas, pengertian dari suhuf adalah wahyu Allah yang disampaikan kepada para rasul, tetapi tidak wajib disampaikan atau diajarkan kepada manusia. Sedangkan kitab adalah wahyu Allah yang disampaikan kepada para rasul untuk diajarkan kepada manusia sebagai petunjuk dan pedoman hidupnya.

Persamaan suhuf dengan kitab adalah sama sama wahyu dari Allah SWT, sedangkan perbedaannya yaitu (1) Isi kitab lebih lengkap daripada isi suhuf, (2) Bentuk dari kitab sudah dibukukan, sedangkan suhuf masih berbentuk lembaran-lembaran yang terpisah, (3) Kitab biasanya berlaku lebih lama daripada suhuf.

Nabi Ulul Azmi

Sebutkan nama nama nabi yang termasuk ulil Azmi!

Nabi Nuh as
Nabi Ibrahim as
Nabi Musa as
Nabi Isa as
Nabi Muhammad saw

Ulul Azmi berasal dari bahasa arab أولوالعزم‎, Ulu al-Azmi adalah sebuah gelar khusus bagi golongan rasul pilihan yang mempunyai ketabahan luar biasa (sumber : wikipedia). Terdapat lima rasul yang mendapatkan gelar ulul ‘azmi sebagaimana tertulis diatas.

Demikian informasi tentang nabi dan rasul termasuk tentang nama nama kitab suci yang diturunkan kepada rasul dan suhuf serta lima nabi yang disebut dengan ulul azmi, wilujeng enjang, wassalamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh.

monggo silakan komen atau tanya

Silakan berkomentar

%d blogger menyukai ini: