la hawla wala quwwata illa billah arabic text

3 Manfaat Bacaan Hauqolah Berdasarkan Hadits Nabi

Share

3 manfaat bacaan hauqolah berdasarkan hadits riwayat, manfaat membaca lafadz hauqalah yang berbunyi la haula wala quwwata illa billah.

pontren.com – assalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh, membaca kalimat thoyyibah bacaan dzikir hawqalah atau laa hawla wa laa quwwata illaa billahi pada kehidupan kita sehari hari mempunyai manfaat yang banyak.

Baik manfaat secara langsung maupun tidak langsung.

Adapun tulisan arab bacaan lafadz hauqolah adalah

لَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللهِ

Artinya dalam bahasa Indonesia yaitu Tidak ada daya dan kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah Ta’ala.

Dalam Syarah Muslim Imam Nawawi menjelaskan penyebab keutamaan membaca kalimat hauqalah.

dia menyebutkan bahwa “Para ulama menuturkan sebab hal itu, karena kalimat itu adalah kalimat kepasrahan dan menyerahkan urusan kepada Allah Ta’ala, merendah (menghinakan) diri kepada Allah. Sesungguhnya tidak ada yang bisa berbuat selain-Nya, tidak ada yang menggagalkan keputusan-Nya, dan hamba tadi tidak kuasa sedikitpun dalam urusan tadi. . .”

Manfaat Bacaan Hauqolah berdasarkan hadits riwayat

Apa sih khasiat bacaan hawqalah?

setidaknya ada beberapa yang bisa kita ambil manfaatnya yaitu Ampunan atas dosa-dosa, menambah amal baik dan sebagai harta karun di surga.

lebih lengkapnya mari kita menyimak berdasarkan berbagai hadits riwayat sebagai berikut.

Mendapatkan Ampunan atas dosa-dosa meskipun lebih banyak dari Buih di Laut (manfaat bacaan hauqolah)

Berdasarkan hadits riwayat Ahmad dari Abdullah bin ‘Amr radhiyallahu’anhu dan dinilai sahih oleh al-Hakim dan adz-Dzahaby Rasulullah Shallallahu’alaihiwasallam bersabda,

“مَا عَلَى الْأَرْضِ رَجُلٌ يَقُولُ: لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ، وَاللهُ أَكْبَرُ، وَسُبْحَانَ اللهِ، وَالْحَمْدُ لِلَّهِ، وَلَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللهِ، إِلَّا كُفِّرَتْ عَنْهُ ذُنُوبُهُ، وَلَوْ كَانَتْ أَكْثَرَ مِنْ زَبَدِ الْبَحْرِ”

“Tidaklah seorang di muka bumi mengucapkan la ilaha illallah, Allahu akbar, subhanallah, alhamdulillah dan la haula wa la quwwata illah billah; melainkan dosa-dosanya akan diampuni, walaupun lebih banyak dibanding buih di lautan”.

Dengan kelima lafadz bacaan ini yang salah satunya adalah hauqolah (laa hawlaa wa laa quwwata illaa billaah) akan mendapatkan ampunan dosa dosa meskipun lebih banyak jika dibandingkan dengan buih di lautan.

Merupakan salah satu harta karun surga dan menambah amal shalih bagi seorang hamba

Selanjutnya, manfaat lain yaitu lafadz hauqolah sebagai salah satu harta karun di surga, berikut teks hadits yang berkaitan.

Abu Musa al-Asy’ary radhiyallahu’anhu bertutur,

كُنَّا مَعَ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِي سَفَرٍ فَكُنَّا إِذَا عَلَوْنَا كَبَّرْنَا فَقَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: “أَيُّهَا النَّاسُ ارْبَعُوا عَلَى أَنْفُسِكُمْ فَإِنَّكُمْ لَا تَدْعُونَ أَصَمَّ وَلَا غَائِبًا وَلَكِنْ تَدْعُونَ سَمِيعًا بَصِيرًا”. ثُمَّ أَتَى عَلَيَّ وَأَنَا أَقُولُ فِي نَفْسِي لَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللهِ فَقَالَ: “يَا عَبْدَ اللهِ بْنَ قَيْسٍ قُلْ لَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللهِ” فَإِنَّهَا كَنْزٌ مِنْ كُنُوزِ الْجَنَّةِ”

“Pada suatu hari kami bepergian bersama dengan nabi Shallallahu’alaihiwasallam. Setiap kali melewati jalan menanjak kami bertakbir (dengan suara keras). Maka Nabi Shallallahu’alaihiwasallam pun bersabda, “Wahai para manusia, kasihanilah diri kalian. Sungguh kalian tidaklah sedang memanggil dzat yang tuli atau sesuatu yang tidak ada. Namun kalian sedang memanggil Dzat Yang Maha Mendengar dan Maha Melihat!”. Kemudian beliau mendatangiku, dan saat itu aku sedang membaca dengan lirih, “La haula wa la quwwata illa billah”. Maka beliaupun berkata, “Wahai Abdullah bin Qais, ucapkanlah La haula wa la quwwata illa billah. Sungguh ia merupakan salah satu harta karun surga”. (HR. Bukhari dan Muslim.)

Imam Ahmad dalam Musnadnya meriwayatkan hadits yang dari Abu Hurairah Radhiyallahu ‘Anhu, bahwa Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda,

أَكْثِرُوا مِنْ قَوْلِ لَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللَّهِ فَإِنَّهَا كَنْزٌ مِنْ كُنُوزِ الْجَنَّةِ

“Perbanyaklah membaca Laa Haula Wa Laa Quwwata Illaa Billaah, karena sesungguhnya adalah salah satu harta simpanan di surga.”

Kesimpulan Manfaat Bacaan Hauqolah

Dari beberapa hadits yang menyebutkan mengenai khasiat membaca la haula wala quwwata illa billah maka beberapa manfaat bacaan hauqolah adalah;

  • Untuk mendapatkan ampunan dosa-dosa;
  • Menjadi harta karun di surga; dan
  • Menambah amal salih kebaikan seorang hamba.

Demikian informasi yang kami kumpulkan, semoga bisa menambah semangat kita dalam beribadah dan semoga Allah memudahkan kita untuk beramal salih, salam kenal, wassalaamu’alaikum.

Sumber :

https://umma.id/post/hauqalah-zikir-yang-menjadi-simpanan-kekayaan-di-surga-45880?lang=id
https://asmaulhusnacenter.com/keutamaan-hauqolah
https://www.republika.co.id/berita/q2s9kt320/3-manfaat-membaca-emla-hauwla-wa-la-quwwata-illa-billahem


Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.