Robbana Ya Robbana Dholamna Anfusana Wailam Tagfirlana Doa Arab Latin Artinya

Robbana Ya Robbana Dholamna Anfusana Wailam Tagfirlana Doa Arab Latin Artinya

Tulisan Arab dan Latin bacaan doa Robbana Ya Robbana Dholamna Anfusana Wailam tagfirlana watarhamana lana kunnana minal khosirin, doa nabi adam meminta ampunan, beserta khasiat dan manfaatnya, dalam al-Qur’an nama surat dan ayat.

pontren.com –assalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuhu, wilujeng sonten selamat sore. Kali ini kita akan menyampaikan tentang teks tulisan Arab dan latin beserta artinya do’a nabi Adam memohon ampun yang berbunyi Robbana Yaa Robbana, Dholamna Anfuusanaa Wailam tagfirlanaa watarhamana lana kuunanna minal khosirin.

Do’a ini terdapat atau ada dalam al-Qur’an Surat Al-A’raf Ayat 23.

Adapun teks tulisan Arab dan latin dari doa nabi Adam memohon ampunan atas dosa dan kesalahannya tulisannya Arabnya lengkap dengan harakat adalah sebagai berikut ini;

رَبَّنَا ظَلَمْنَآ اَنْفُسَنَا وَاِنْ لَّمْ تَغْفِرْ لَنَا وَتَرْحَمْنَا لَنَكُوْنَنَّ مِنَ الْخٰسِرِيْنَ

Adapula yang menambahkan teks robbanaa yaa robbaanaa sebelum membaca doa ini secara lengkap dan versi panjangnya adalah sebagai berikut ini.

رَبَّنَا يَا رَبَّنَا ظَلَمْنَآ اَنْفُسَنَا وَاِنْ لَّمْ تَغْفِرْ لَنَا وَتَرْحَمْنَا لَنَكُوْنَنَّ مِنَ الْخٰسِرِيْنَ

Teks tulisan latin; Robbanaa Ya Robbanaa, dholamnaa anfudanaa wa illam taghfirlanaa wa tarhamnaa lanakuunanna minal khoosiriin(a)

Artinya; Wahai Pemelihara kami (Ya Tuhan Kami), sesungguhnya kami telah berbuat zalim terhadap diri-diri kami. Apabila Engkau tidak mengampuni dan merahmati kami, sungguh kami termasuk golongan orang-orang yang rugi.

Khasiat dan Manfaat doa Robbana Ya Robbana Dholamna Anfusana Wailam Tagfirlana

Apabila membaca artinya maka manfaat dan khasiat dari doa robbanaa yaa robbanaa, tholamna anfusana lengkap sampai akhir ini adalah agar mendapatkan ampunan atas perbuatan kezaliman kita sebagai makhluk.

Dengan begitu, khasiatnya adalah ampunan, maghfirah atas kesalahan dan dosa akibat dari perbuatan zalim atau menganiaya diri sendiri.

Serta nantinya tidak masuk dalam golongan orang yang rugi karena adanya ampunan dan maghfirah dari Sang Pemelihara (Allah Subhaanahu wa Ta’aala.

Mengutip dari website gramedia bahwasanya Nabi Adam pernah melakukan kesalahan bersama Hawa dengan melanggar larangan Allah SWT untuk memakan buah khuldi ketika tengah berada di surga.

Kemudian memohon ampunan dengan ucapan doa ini.

Dalam Tafsir Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia menyebutkan bahwasanya Nabi Adam menerima beberapa kalimat yang diilhamkan Allah kepadanya untuk bertaubat dan memohon ampunan kepada Nya. Yaitu firman Allah yaitu ucapan dalam Al-Qur’an surat Al-A’raf Ayat 23 (robbana dholamna anfusana ilal aakhir)/

Selanjutnya dalam Tafsir Al-Wajiz oleh Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, dalam Surat Al-A’raf ayat 23 ini Allah mengampuni Adam dan Hawa setelah mengakui dosa-dosanya.

Dalam tafsir online, informasi tentang diterimanya taubat nabi Adam terdapat dalam surat Al Baqarah ayat 37 yang bunyinya;

فَتَلَقَّىٰٓ ءَادَمُ مِن رَّبِّهِۦ كَلِمَٰتٍ فَتَابَ عَلَيْهِ ۚ إِنَّهُۥ هُوَ ٱلتَّوَّابُ ٱلرَّحِيمُ

Arab-Latin: Fa talaqqā ādamu mir rabbihī kalimātin fa tāba ‘alaīh, innahụ huwat-tawwābur-raḥīm

Artinya: Kemudian Adam menerima beberapa kalimat dari Tuhannya, maka Allah menerima taubatnya. Sesungguhnya Allah Maha Penerima taubat lagi Maha Penyayang.

Maka Allah SWT menerima Taubat Adam dan mengampuni dosanya. Dan sesungguhnya Dia Maha Penerima Taubat orang yang bertobat dari para hamba-Nya lagi maha penyayang kepada mereka

Sumber;

https://islamdigest.republika.co.id/berita/qh56yq430/doa-taubat-nasuha-nabi-adam
https://www.gramedia.com/literasi/doa-nabi-adam/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top