Syarat Takmir Masjid pengurus DKM menurut Kemenag


Share


Syarat takmir masjid atau pengurus Dewan Kemakmuran Masjid mengacu kepada standar pembinaan manajemen masjid Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam (SK Dirjen Bimis no DJ.II/802 tahun 2014.

pontren.com – assalaamu’alaikum para penggiat kegiatan kemakmuran masjid, wilujeng enjang, selamat pagi dan selamat bersiap-siap menjalankan aktivitas anda sekalian, tak lupa semoga kesehatan dan keselamatan keberkahan senantiasa di limpahkan kepada anda sekalian.

persyaratan menjadi takmir masjid

Jika anda bertanya, adakah standar tentang pengurus masjid? Ketentuan dan batasan yang secara eksplisit menyebutkan seperti apa dan bagaimana? Maka anda perlu melihat dalam SK Dirjen Bimis.

Meskipun tidak menyebutkan dalam bab tertentu atau mengelompokkannya dalam pembahasan tersendiri, disana anda akan menemukan seharusnya takmir masjid itu hendaknya seperti apa.

Takmir Masjid dalam SK Dirjen Bimbingan Masyarakat Islam

Dari situlah bisa dirangkup menjadi persyaratan atau syarat takmir masjid yang dipilih menjadi pengurus DKM guna mengurusi umat dan jamaah.

Seperti apa gambaran takmir masjid dalam SK Dirjen Pendis Kementerian Agama? Mari kita simak satu persatu.

Syarat Takmir Masjid bidang Manajemen

Dalam Bab IV Pembinaan idarah huruf a. Perencanaan disebutkan bahwa;

Pengurus Masjid dalam jabatan apapun hendaknya memiliki keahlian memimpin (leadership), mampu memahami seluruh tugas dan permasalahan dibidangnya dan merumuskan rencana yang akan dilakukan bersama secara efisien dan efektif.

Standar Pembinaan Manajemen Masjid

BACA : SUSUNAN STRUKTUR ORGANISASI PENGURUS MASJID DAN TUGASNYA

Pada tulisan diatas, terdapat beberapa kata kunci yaitu;

  • Memiliki keahlian memimpin (leadership)
  • Memahami seluruh tugas permasalahan di bidangnya (kepengurusan masjid)
  • Memiliki perencanaan yang efisien dan efektif.

Keberadaan ketentuan diatas menjadi syarat kemampuan manajemen takmir masjid yang memangku tugas jabatan mulia non profit ini.

Syarat Domisili Takmir Masjid

Selain persyaratan berkaitan dengan manajemen, ada tambahan keterangan lagi berkaitan dengan domisili dan lokasi tempat tinggal takmir masjid.

Hal ini tertuang dalam bab yang sama (pembinaan idarah) huruf b tentang organisasi kepengurusan angka 4 disebutkan bahwa pengurus yang akan dipilih hendaknya bertempat tinggal disekitar masjid.

Pada masjid kampung atau kompleks perumahan, tentunya bukan masalah berkaitan dengan lokasi tempat tinggal.

Masjid Besar Kecamatan Ngargoyoso Karanganyar
Masjid Besar Kecamatan Ngargoyoso Karanganyar

Akan tetapi pada beberapa masjid yang memiliki kaitan erat dengan kedinasan, biasanya mempunyai kecenderungan pengurusnya berdomisili atau tempat tinggal yang jauh dari masjid tempat dia mendapatkan jabatan sebagai takmir masjid.

Itulah syarat dan ketentuan yang ada dalam standar pembinaan manajemen masjid Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kementerian Agama Republik Indonesia.

Hal lain yang perlu dipertimbangkan adalah keaktifan serta semangat dan waktu luang takmir masjid itu sendiri.

BACA : SEBAB ALASAN TAKMIR MASJID PENGURUS DKM TIDAK BERJALAN DENGAN BAIK

Dalam hal ini yang dimaksud dengan keaktifan adalah aktif pada kegiatan masjid baik berupa ibadah salat jamaah dan yang lain semisal pengajian rutin, kepanitiaan PHBI, zakat dll.

Meskipun orang tersebut memiliki kemampuan leadership yang bagus, memahami tugas dan fungsi takmir masjid dan bagus dalam perencanaan yang efektif serta evisian, jika pasif dalam beribadah serta kegiatan masjid tentunya perlu dipertimbangkan lagi untuk dipilih menjadi pengurus DKM.

Nah itulah syarat pengurus masjid yang biasa disebut dengan DKM (Dewan Kemakmuran Masjid) mengacu kepada SK Dirjen Bimis tentang standar pembinaan manajemen masjid.

Kesimpulan

ada 4 syarat untuk menjadi takmir masjid mengacu kepada standar pembinaan manajemen masjid Dirjen Pendis.

adapun keempat syarat dimaksud adalah;

  • Leadership
  • Pemahaman tugas dan permasalahan tugasnya dalam jabatan takmir
  • Memiliki perencanaan yang efisien dan efektif.
  • bertempat tinggal di sekitar masjid tempatnya menjadi pengurus

Wilujeng enjang, selamat pagi wassalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakaatuh.


Share

monggo silakan komen atau tanya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.