Pembagian tugas Tenaga Kependidikan TPQ


tenaga kependidikan TPQ

Download contoh Surat Keputusan Pembagian Tugas Tenaga Kependidikan Lembaga TPQ TPA (Taman Pendidikan al-Qur’an dalam format doc ms word bisa diedit sesuai dengan kebutuhan dalam rangka memenuhi ketentuan administrasi SK Dirjen Pendis no 91 tahun 2020.

pontren.com – assalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh, wilujeng siang dan selamat liburan weekend di hari ahad ini para pengelola lembaga pendidikan Islam khususnya Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ).

Salah satu kelengkapan administrasi yang dipersyaratkan dalam mengajukan penetapan tanda daftar Lembaga Pendidikan Islam (termasuk TPQ) dan juga untuk mendapatkan NSTPQ (nomor statistik Taman Pendidikan al-Qur’an) salah satu yang dipersyaratkan adalah keberadaann pedoman pembagian tugas tenaga Kependidikan Lembaga.

Menyimak contoh yang ada dalam standar administrasi madrasah, disitu tercantum keberadaan pembagian tugas tenaga kependidikan yang menyatu dengan pembagian tugas pendidik (guru/ustadz).

Akan tetapi melihat juklak yang ada tentang lembaga pendidikan al-Qur’an yang memisahkan persyaratannya, guna antisipasi bertele tele dan debat kusir, akhirnya tidak ada salahnya jika SK Pembagian Tugas Kependidikan Tenaga Administrasi TPQ ini dibuat terpisah dengan sk pembagian tugas guru.

Dan yang unik, jika sampean amati bahwasanya sepanjang yang saya tahu mengenai tenaga administrasi TPQ ini (Tenaga Kependidikan) itu ya guru TPQ yang merangkap pekerjaan berkaitan dengan administrasi, entry data emis, membuat surat undangan, mengedarkannya dan seabrek kegiatan. Ya rangkap rangkap jabatan.

Entah kalau di tempat anda memang memiliki tenaga khusus yang hanya mengurus administrasi lembaga tanpa turut serta dalam pengajaran.

Contoh SK Pembagian Tugas Tenaga Kependidikan

Dibawah ini adalah kalimat atau teks yang ada dalam format doc ms word dan sebagai umumnya surat keputusan terdapat pertimbangan dan undang undang peraturan sebagai pengingat dikeluarkannya SK kemudian Keputusan dan penetapan.

Adapun yang menjadi pertimbangan adalah proses belajar mengajar merupakan inti dari proses penyelenggaraan pendidikan pada Taman Pendidikan al-Qur’an dan untuk menjamin kelancaran proses KBM di TPQ maka perlu ditetapkan pembagian tugas tenaga kependidikan.

Sedangkan undang undang yang menjadi dasar dan peraturan dikeluarkannya SK Pembagian tugas ini yaitu;

  • UU no 20 th 2003 tentang Sisdiknas
  • PP no 19 th 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan
  • PMA no 13 th 2014 tentang pendidikan Keagamaan Islam
  • SK Dirjen Pendis no 91 th 2020 tentang juklak penyelenggaraan pendidikan al-Qur’an.

Secara garis besar, keputusan ini berisi beban pekerjaan tenaga kependidikan pada semester dan tahun pelajaran tertentu, kemudian kepada yang bersangkutan memiliki kewajiban untuk melaporkan pelaksanaan tugasnya secara berkala kepada Kepala TPQ.

Dan lazimnya SK, apabila ada kekeliruan akan dilakukan ralat sebagaimana mestinya, dan yang terakhir mulai berlaku SK Dimaksud, kemudian kota penetapan dan tanggalnya serta tanda tangan dari kepala Lembaga.

Download SK Pembagian Tugas Tenaga Kependidikan Taman Pendidikan al-Qur’an (TPQ)

SK ini terdiri dari 2 lembar yang pertama adalah bunyi SK beserta ketentuan yang ada didalamnya, kemudian lembaran satunya adalah lampiran nama yang bertugas atau berkaitan erat dengan SK dimaksud.

Untuk melihat bagaimana bentuk dari SK pembagian tugas tenaga kependidikan atau dalam kata lain adalah tenaga administrasi, sampean tidak harus mengunduhnya terlebih dahulu, cukup scroll atas bawah pada tampilan preloved file yang diunggah dibawah ini.

Setelah menimbang, mengamati, memperhatikan contoh Surat tugas pembagian tugas tenaga administrasi (tenaga kependidikan) lembaga Taman pendidikan al-Qur’an, jika sampean berkenan ingin memilikinya silakan unduh gratis free download langsung dari tampilan diatas atau melalui tautan dibawah ini.

Download SK Pembagian Tugas Tenaga Kependidikan TPQ

Tentunya ini bukanlah contoh baku yang harus diikuti seperti itu, sampean bisa melakukan ubahan dimanapun yang anda perlukan karena ini hanya contoh partikelir dari blog ini, bukan diambilkan dari file paten yang diterbitkan oleh pihak yang berwenang urusan TPQ.

Akan tetapi sebagai pertimbangan bahwasanya contoh yang dibuat ini merupakan adaptasi dari standar administrasi madrasah (bukan TPQ lho ya) supaya dalam pembuatan SK tetap pada koridor layout ataupun format yang baku dan benar. Demikian, saran dan kritik tentunya akan meningkatkan kualitas blog ini, diucapkan terima kasih, wassalamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh.

monggo silakan komen atau tanya

Silakan berkomentar

%d blogger menyukai ini: