Contoh Surat Rekomendasi KUA izin Madrasah Diniyah Tamiliyah

rekomendasi KUA izin madin

Download contoh surat rekomendasi Kantor Urusan Agama untuk Lembaga Madin yang mengajukan nomor statistik diniyah takmiliyah (NSDT) yang akan tercantum dalam piagam terdaftar bagi madin sebagai bukti keabsahan lembaga diakui telah dicatat di Kemenag yang dalam bahasa awam disebut dengan izin operasional madrasah diniyah takmiliyah.

Pontren.com – assalamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh, sebenarnya jika mengacu kepada petunjuk teknis yang tercantum dalam buku penyelenggaraan madrasah diniyah takmiliyah dapat dikeluarkan SOP dan syarat apa saja sebagai dasar pengajuan piagam terdaftar madrasah diniyah takmiliyah dan juga nomor statistik diniyah takmiliyah (NSDT).

Tetapi dengan keberadaan aplikasi online EMIS membuat beberapa hal yang ada dalam buku pedoman menjadi terabaikan yang penting lembaga bisa aktif dalam melakukan kegiatan update data lembaga santri ustadz ustadzah pengajar secara reguler setiap semester.

Nantinya madin akan mendapatkan insentif berupa dana BOP (bagi yang dapat) dan juga para guru ustadz ustadzah juga diberikan uang insentif setiap tahun dengan nominal yang telah ditentukan (jika ada alias yen ono.)

cuti tahunan

Dalam pengajuan izin operasional lembaga madrasah diniyah takmiliyah yang lebih tepatnya disebut dengan proposal pengajuan permohonan terdaftar, yang fungsinya untuk mendapatkan selembar piagam terdaftar dan secarik urutan angka nomor statistik madin sebagai identitas lembaga, terdapat syarat dan ketentuan.

Syarat Paling umum pengajuan izin madin

Syarat dan ketentuan pada pengajuan ini biasanya terdiri dari proposal yang dilampiri dengan berbagai form lampiran ataupun rekomendasi dan surat keterangan.

Berikut hal paling lumrah pada proposal permohonan piagam terdaftar;

  • Surat keterangan domisili lembaga madin dari desa atau kelurahan
  • Rekomendasi dari Kantor Urusan Agama Kecamatan setempat
  • Daftar nama santri minimal 15 orang
  • Daftar nama ustadz ustadzah dilengkapi dengan fotocopy KTP
  • Biodata kepala madin
  • Profil lembaga Madin
  • Fc akta lembaga (jika ada)
  • Denah lokasi keberadaan lembaga
  • Jadwal pelajaran madrasah diniyah takmiliyah
  • Kurikulum pembelajaran madin yang akan didaftarkan

Itulah kemungkinan lampiran yang perlu dicantumkan dalam proposal pengajuan, tergantung bagaimana model JFU yang mengurus perizinan atau yang mengeluarkan piagam dan nomor statistik untuk Madin ini.

Salah yang tercantum dalam lampiran adalah adanya surat rekomendasi dari KUA Kecamatan tempat lembaga beroperasional.

baca : Kelengkapan administrasi Madin

Dari Jakarta (sepanjang yang saya tahu) tidak pernah memberikan contoh model rekomendasi untuk pengajuan izin lembaga madin, kalau guna mengurus izin operasional pesantren iya memang ada dan dicontohkan secara baku dan jelas.

Jadi tidak ada patokan baku tentang rekomendasi ini, paling praktis yaitu dengan malakukan adaptasi dari yang dicontohkan guna rekomendasi ponpes kemudian diedit sesuai dengan kebutuhan untuk madrasah diniyah takmiliyah.

Garis Besar Isi Rekomendasi KUA tentang Keterangan Terdaftar Madin

Adapun contoh surat rekomendasi KUA untuk izin madin yang kami upload secara garis besar seperti ini;

Paling atas adalah KOP KUA Kecamatan tempat lembaga berada, kemudian dilanjutkan denngan nomor surat, lampiran 1 bendel dan hal rekomendasi NSDT dan Piagam Terdaftar Madin.

Selanjutnya tujuan surat yaitu Kepada yang terhormat Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota …………………. Di ………………….

setelah ucapan Assalamu’alaikum Wr. Wb. Selanjutnya kalimat doa dan salam yang kira kira berbunyi Salam silaturahim kami sampaikan, semoga Bapak/Ibu senantiasa sukses dalam menjalankan aktivitas sehari-hari.

Menindaklanjuti permohonan rekomendasi dari:

Nama Yayasan/Penyelenggara : ……………………………………………….
Nama MDT : ……………………………………………….
Nama pimpinan MDT : ……………………………………………….
Alamat MDT : ……………………………………………….

Setelah membaca berkas dan melihat langsung di lokasi Madrasah Diniyah Takmiliyah dan benar adanya, maka kami merekomendasi agar Madrasah Diniyah Takmiliyah sebagaimana tersebut di atas dapat diberikan Nomor Statistik Diniyah Takmiliyah dan Piagam Terdaftar oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten / Kota …………………………………. .

Demikian surat rekomendasi ini dibuat untuk dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.

Kepala Kantor Urusan Agama
kecamatan …………………………

Nama Lengkap
NIP : ……………………….

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Dasar-Hukum-KKG-MGMP-Madin

Dan pada bagian paling bawah atau paling akhir yaitu tembusan, dimana terdapat 2, yang pertama untuk lembaga yang bersangkutan (madin) dan arsip.

Download contoh surat rekomendasi NSDT dan piagam terdaftar madrasah diniyah takmiliyah

Surat rekomendasi untuk izin operasional / piagam terdaftar Madin dan untuk mendapatakan nomor statistik diniyah takmiliyah ini hanya satu lembar saja.

Anda dapat melihat gambaran atau tampilan rekomendasi dari kua ini melalui review yang dapat anda lihat dibawah ini, seingat saya dalam istilah jual beli online ada istilah preloved.

Yaitu gamba dipajang terlebih dahulu sebelum ada barang, kemudian yang tertarik akan memesan kemudian baru diproduksi.

Kalau preloved dalam blog ini anda dapat melihat tampilan file yang akan diunduh tanpa harus men download terlebih dahulu

Berikut tampilannya.

Jika cocok anda dapat mengunduhnya secara langsung melalui gambar diatas (pojok kanan bagian top gambar) kalau tidak sesuai dengan keinginan dan harapan anda, bisa mencari pada blog atau website yang lain.

Ada kendala dalam pengunduhan? Kami sediakan tautan yang menuju ke link pengunduhannya.

Berikut tautannya

Download contoh surat rekomendasi KUA izin Madin

Demikian informasi mengenai contoh surat rekomendasi dari Kantor Urusan Agama Kecamatan yang diberikan kepada lembaga madrasah diniyah takmiliyah dalam rangka mengurus izin operasional maupun surat keterangan terdaftar berupa piagam dan nomor statistik.

Wilujeng enjang, wassalamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakaatuh.

loading...

Silakan berkomentar