Kepanjangan TQA

Informasi tentang Kepanjangan TQA sebagai salah satu lembaga pendidikan Al-Qur’an yang termasuk dalam rumpun LPQ yang berada dibawah naungan Kementerian Agama pada Direktorat Jenderal Pendidikan Islam tepatnya di Direktorat Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren (PD Pontren).

Pontren.com – assalamu’alaikum bagi para pengelola lembaga pendidikan dimanapun anda berada, saat ini kebanyakan masyarakat lebih mengenal Taman Pendidikan Al-Qur’an yang disingkat dengan TPQ, akan tetapi pada dataran di jamaah lebih banyak disebut dengan TPA.

Sebenarnya masih ada beberapa jenis lembaga pendidikan al-Qur’an yang sudah ada ketentuan secara undang undang maupun aturan lain semisal Peraturan Menteri Agama, akan tetapi karena begitu kuatnya merk generik TPA membuat hampir semua lembaga pendidikan al-Qur’an dipukul rata dengan sebutan TPA (padahal yang lebih pas disingkat dengan TPQ).

Hanya madin dan pondok pesantren saja saat ini yang secara penamaan mampu menyaingi kepopuleran TPQ, dan merangkak lembaga baru yang memiliki trade mark khusus dan sedang menanjak trend yaitu rumah tahfidz, yang baru baru ini diakomodasi keberadaannya dalam rumpun LPQ secara resmi melalui KMA, bersamaan dengan lembaga Paud Al-Qur’an dan Pesantren khusus tahfidz.

Baca ; mengenal lebih dekat Ta’limul Qur’an Lil Aulad

Nasib berbeda dialami oleh TQA, yaitu suatu lembaga pendidikan al-Qur’an yang dalam strata jenjang memiliki tingkatan level lebih tinggi dari TPQ, akan tetapi secara kepopuleran kalah telak dengan Madrasah Diniyah Takmiliyah, sampai sampai ada beberapa orang yang penasaran bertanya, apa sih kepanjangan dari TQA?

Kepanjangan TQA adalah

Baiklah, berikut adalah Kepanjangan dari TQA adalah Ta’limul Qur’an Lil Aulad, jika di terjemahkan kedalam bahasa indonesia adalah pendidikan Al-Qur’an untuk anak anak.

Dengan begitu terjawab sudah apa singkatan TQA (lebih tepatnya kepanjangan TQA) sebagaimana disebutkan diatas yaitu Ta’limul Qur’an Lil Aulad.

Untuk lebih menguatkan lagi kepanjangan TQA diatas telah tercantum dalam Peraturan Pemerintah.

Baca ; Lulusan TPQ lanjut ke Madin atau TQA?

Berasarkan Peraturan Pemerintah No. 55 tahun 2007 pasal 24 ayat 2 tentang Pendidikan Agama dan Pendidikan Keagamaan menyatakan bahwa Pendidikan Al-Qur’an terdiri dari Taman Kanak-Kanak Al-Qur’an (TKA/TKQ), Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA/TPQ), Ta’limul Qur’an lil Aulad (TQA), dan bentuk lainnya yang sejenis.

Selanjutnya dalam pasal 50 Peraturan Menteri Agama no 13 tahun 2014 tentang pendidikan Keagamaan Islam disinggung juga mengenai lembaga pendidikan Al-Qur’an yang didalamnya termasuk Ta’limul Qur’an Lil Aulad.

Dari keterangan diatas bahkan dalam peraturan pemerintah disebutkan bahwa Ta’limul Qur’an Lil Aulad masuk dalam kategori Pendidikan Al-Qur’an.

Informasi Tambahan Tentang TQA

calon santri TQA
calon santri Ta’limul Qur’an Lil Aulad ditemani ibunya bermain ayunan

Sebagai informasi tambahan, dalam Petunjuk Pelaksanaan Penyelenggaraan Pendidikan Al Quran SK Dirjen Pendis no 91 tahun 2020 memberikan pengertian tentang ta’limul Qur’an Lil aulad adalah jenis pendidikan keagamaan Islam nonformal yang bertujuan agar peserta didik mampu membaca dengan tartil, menghafal, menerjemahkan dan memahami Al-Qur’an, serta mempelajari ilmu tajwid dan ulumul Qur’an.

Berbeda dengan TPQ yang dalam SK Dirjen Pendis ini diberikan pengertian atau yang dimaksud dengan Taman pendidikan Al-Qur’an adalah jenis pendidikan keagamaan Islam nonformal yang bertujuan agar peserta didik mampu membaca, menulis,, menghafal dan mengamalkan kandungan al-Qur’an.

Adapun secara administrasi, secara kelembagaan, TPQ dan TQA masuk dalam kategori LPQ, akan tetapi memiliki kode tersendiri untuk masing masing lembaga, yang nantinya akan menjadi identitas lembaga yang disebut dengan nomor statistik.

Dalam penyusunan nomor statistik lembaga Pendidikan Islam dibawah Dirjen Pendis, Bagi lembaga Taman Pendidikan al-Qur’an (TPQ) kode lembaga = 411, sedangkan untuk Ta’limul Qur’an lil ’Aulad (TQA) kode lembaga = 421.

Demikian informasi tentang kepanjangan dari TQA yang seperti anda ketahui adalah Ta’limul Qur’an Lil Aulad dan termasuk dalam rumpun Lembaga Pendidikan Al-Qur’an mengacu kepada Peraturan Pemerintah, Peraturan Menteri Agama, dan juga SK Dirjen Pendis. Wilujeng sonten, wassalamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh.

loading...

Silakan berkomentar

%d blogger menyukai ini: