Perbedaan TPQ dan LPQ

Perbedaan TPQ dan LPQ mengacu kepada aturan dari Kemenag sebagai pedoman dan pegangan dalam memberikan definisi serta pengertian lembaga yang berada pada naungan Kementerian Agama.

pontren.com – assalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuhu, wilujeng enjang selamat pagi para penggiat pendidikan Islam di segala penjuru dunia.

Kali ini kita akan membahas tentang beda LPQ dengan TPQ sebagai lembaga.

Sebagai pedoman dalam menentukan perbedaan lembaga ini maka yang menjadi rujukan yaitu;

Dari ketiga hal ini selanjutnya kita bisa memahami apa itu Lembaga Pendidikan Al-Qur’an dan apa yang dimaksud dengan Taman Pendidikan Al-Qur’an.

Pengertian LPQ dan TPQ menurut Kemenag

Dalam SK Dirjen Pendidikan Islam nomor 2769 tahun 2022 menyampaikan bahwa Pendidikan Al-Qur’an adalah lembaga pendidikan Keagamaan Islam yang bertujuan memberikan pengajaran bacaan, tulisan, hafalan dan pemahaman Al-Qur’an.

Keterangan ini juga bisa anda lihat dalam Peraturan menteri Agama nomor 13 tahun 2014.

Sedangkan pengertian dari LPQ (Lembaga Pendidikan Al-Qur’an) adalah lembaga yang menyelenggarakan pendidikan Al-Qur’an yang didirikan oleh pemerintah, yayasan, organisasi masyarakat Islam dan atau masyarakat.

Bagaimana dengan TPQ?

Dalam hal ini pengertian dari TPQ (Taman Pendidikan Al-Qur’an) adalah jenis pendidikan keagamaan Islam nonformal yang bertujuan agar peserta didik mampu membaca, menulis, menghafal dan mengamalkan Kandungan Al-Qur’an.

Perbedaan TPQ dan LPQ

Dimana letak perbedaannya dari kedua lembaga ini?

Yang pertama tentu singkatannya. Singkatan LPQ adalah Lembaga Pendidikan Al-Qur’an sedangkan TPQ singkatan dari Taman Pendidikan Al-Qur’an.

Itu tentu bukan perbedaan yang urgen karena tidak menyangkut beda pokok dari kedua lembaga ini.

Perbedaan selanjutnya adalah posisi dari kedua lembaga ini.

Dalam hal ini posisi LPQ merupakan induk dari berbagai lembaga pendidikan Al-Qur’an yang diantaranya yaitu Taman Pendidikan Al-Qur’an.

Sebagai ilustrasi, apabila anda hendak mendaftarkan TPA anda (maksud saya TPQ) ke Kemenag untuk mendapatkan nomor statistik dan piagam terdaftar, maka anda nanti akan mendapatkan no statistik LPQ dan piagamnya.

Kemudian pada salah satu tulisan akan menyebutkan bahwa LPQ anda berjenis TPQ.

Jadi dalam hal ini LPQ bertindak sebagai induk lembaga dan TPQ selaku anak atau rumpun jenis pendidikan pada Lembaga Pendidikan Al-Qur’an (LPQ)

Setidaknya ada 6 Jenis LPQ yaitu;

  1. PAUDQu (Pendidikan Anak Usia Dini Al-Qur’an)
  2. TKQ (Taman Kanak-kanak Al-Qur’an)
  3. TPQ (Taman Pendidikan Al-Qur’an)
  4. Taklimul Qur’an Lil Aulad (TQA)
  5. Rumah Tahfidz Al-Qur’an (RTQ) dan
  6. Pesantren Tahfidz Al-Qur’an.

Itulah keenam jenis rumpun lembaga pada LPQ namun masih ada kemungkinan lembaga lain yang masuk dalam kategori ini.

Dalam keterangan lain menyebutkan juga mengenai rumpun lembaga dalam bentuk yang sejenis juga bisa masuk Lembaga Pendidikan Al-Qur’an.

Nah demikianlah perbedaannya antara keduanya. Yaitu LPQ merupakan induk lembaga dari TPQ, dan TPQ adalah salah satu jenis dari LPQ.

Maturnuwun sudah mampir, kalau ada yang mau membantah perbedaan ini, silakan anda tulis pada kolom komentar. Wassalamu’alaikum.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top