Mengenal TQA Ta’limul Qur’an Lil Aulad

nomor statistik TPQ
ilustrasi santri Ta’limul Qur’an Lil Aulad

Pontren.com – mengenal tentang Lembaga Pendidikan Al Qur’an yang bernama Ta’limul Qur’an Lil Aulad, suatu lembaga pendidikan nonformal dibawah Kementerian Agama yang satu rumpun dengan TKQ (Taman Kanak Kanak Alquran) dan TPQ (Taman Pendidikan Al Qur’an).

Ta’limul Qur’an dimasukkan dalam kategori Pendidikan Diniyah Nonformal. Dalam hal ini termasuk sebagai Pendidikan Al-Qur’an sebagaimana dimaksud dalam Peraturan Menteri Agama nomor 13 Tahun 2014 Pasal 45 ayat (1) huruf b diselenggarakan oleh masyarakat.

Baca :

Pengertian TQA

Mengutip dari pengertian TPQ yang diungkap oleh Dhofier, maka pengertian dari TQA yaitu adalah Lembaga pedidikan Islam klasik yang mengajarkan ilmu-ilmu ke Islaman dengan pola tradisional yang merupakan kelanjutan dari TPQ.

Penyelenggara TQA

Dalam Hal pihak yang menyelenggarakan TQA (Ta’limul Qur’an Lil Aulad dapat diselenggarakan oleh pesantren, pengurus masjid, organisasi kemasyarakatan Islam, dan lembaga sosial keagamaan Islam lainnya.

Lokasi Tempat Penyelenggaraan

masjid agung karanganyarSebagaimana diatur dalam PMA diatas bahwasanya lokasi tempat pelaksanaan penyelenggaraan Ta’limul Qur’an Lil Aulad dapat terlaksana di masjid, mushalla, ruang kelas, atau ruang belajar lain yang memenuhi syarat.

Kurikulum TQA

Dalam hal kurikulum, dari pihak Kementerian Agama melalui PMA dimaksud tidak memperinci terkait kurikulum. Hanya memberikan garis besar mengenai bidang pengajaran kegiatan belajar tentang Pendidikan al Qur’an yang didalamnya adalah TQA. Adapun garis besar kurikulum dimaksud adalahmembaca, menulis dan menghafal ayat-ayat Al-Qur’an, tajwid, serta menghafal doa-doa utama.

Kompetensi Pendidik ustadz ustadzah Pengajar

Dalam hal kompetensi tenaga pendidik, hal yang harus dimiliki oleh pengajar pada TQA yaitu keahlian dalam membaca alQuran dengan tartil serta menguasai teknik pengajaran al Qur’an.

Posisi TQA dalam Lembaga Pendidikan al Qur’an (LPQ)

Secara jenjang hirearki pendidikan, TQA menduduki posisi yang lebih senior daripada TPQ dan TKQ.
Dengan begitu Lembaga Pendidikan Ta’limul Qur’an merupakan jenjang strata kelanjutan bagi santri yang telah lulus pada Taman Pendidikan Alqur’an.
Jika pada TPQ terdiri dari 3 level (level A, B, dan C) maka untuk jenjang level tingkatan kelas untuk TQA hanya terdiri dari 2 jenjang level yaitu A dan B.

TQA di Masyarakat

Lembaga ini merupakan suatu pendidikan yang satu rumpun dengan TKQ dan TPQ, akan tetapi secara popularitas dan kemasyhuran sangat kalah telak dari TPQ. Hal ini karena ketidakmerataan informasi kepada masyarakat awam maupun para pengelola Lembaga Pendidikan Al Qur’an.

Manfaat dari TQA yaitu untuk mengikat para santri yang telah fasih membaca alquran supaya bisa melanjutkan pendidikan keagamaan Islam.

remaja masjid (ilustrasi)
remaja masjid (ilustrasi)

Hal umum yang terjadi jika santri telah dinyatakan lulus dari TPQ memiliki kecenderungan tidak lagi mengaji jika tidak ada madrasah diniyah terdekat. Padahal madin memiliki syarat dan ketentuan yang lumayan ribet.
Demikian tentang TQA, semoga menambah perbendaharaan keilmuan dalam pendidikan keagamaan diniyah nonformal.

loading...

1 komentar untuk “Mengenal TQA Ta’limul Qur’an Lil Aulad”

  1. Ping-kembali: Pendidikan Lanjutan TPQ bagi santri yang Telah Lulus Wisuda | Informasi Seputar TPQ MDT dan Pesantren

Silakan berkomentar