arti fahimtum fahimna

Arti Fahimtum Fahimna Tulisan Arabnya (sinetron kun anta)

Share

Arti fahimtum fahimna tulisan Arabnya yang sering ada dalam pecakapan antara guru dengan murid (ustadz dengan santri pondok pesantren) pada sinetron kun anta yang sempat saya dengar barusan (30 Mei 2021).

pontren.com – assalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh, saat sedang santai dan menulis artikel pada blog ini, anak aye sedang nonton televisi, sepertinya kisah anak pondok pesantren yang dihukum karena melanggar aturan.

Beberapa kali ada percakapan antara seorang guru dengan beberapa santri perempuan yang memuat pertanyaan fahimtum dan mendapatkan jawaban fahimna.

Berikut adalah ulasan arti fahimtum fahimna sebagai tambahan khazanah pengetahuan dalam bahasa Arab dan dunia persinetronan tanah air.

Saya sudah bertahun tahun tidak mengikutinya (dulu era tersanjung sempat liat beberapa kali dengan Jihan Fahira sebagai artisnya).

Tulisan Arab fahimtum fahimna

Berikut ini adalah teks tulisan arab kalimat fahimtum? Fahimnya dalam versi arab gundul maupun lengkap beserta harakat dan syakalnya.

Langsung saja fahimtum fahimna in arabic text

فهمتم؟ فهمنا

Sedangkan model lengkap dengan harakat dan syakalnya tulisannya kayak gini;

!فَهِمْتُمْ؟ فَهِمْنَا

Teks latin, Fahimtum? fahimnaa!!!

tulisan arab fahimtum fahimna

Nah yang kepo teks arabnya, anda bisa copy paste tulisan ini pada gadget apa saja yang kompatibel.

Atau untuk bikin tugas pada word maupun sampean tempelkan bada blog website yang sampean kelola.

Arti fahimtum

Fahimtum artinya adalah kamu sekalian paham.

maksud kata kamu sekalian adalah beberapa orang, tepatnya tiga orang atau lebih banyak sebagaimana dalam kaidah tata bahasa Arab (ilmu nahwu).

Dalam percakapan sinetron kun anta, kalimat fahimtum merupakan kata tanya, sehingga arti fahimtum dalam sinetron tersebut maksudnya adalah “apakah kalian paham?”

Kata fahimtum berasal dari kata فَهِمَ – يَفْهَمُ – فَهْمًا (fahima – yafhamu – fahman) yang artinya adalah paham, mengerti terhadap sesuatu ataupun situasi.

Selanjutnya kata fahimtum merupakan fi’il maadhii dengan dhomir أَنْتُمْ (antum) yang artinya kamu sekalian (jama’).

Nah itulah arti kata fahimtum dalam bahasa Arab yang ada pada percakapan film kun anta sebagai salah satu sinetron yang disiarkan oleh salah satu televisi swasta di Indonesia.

Arti fahimna

Kata selanjutnya adalah fahimna. Arti kata فَهِمْنَا (fahimnaa) adalah kami paham atau kami memahami (apa yang anda katakan)

Sama saja kata fahimna ini juga berasal dari فَهِمَ – يَفْهَمُ – فَهْمًا (fahima – yafhamu – fahman), yang apabila anda terjemahkan kedalam bahasa Indonesia memilik arti “paham” atau faham.

Selanjutnya fahimna merupakan fi’il madhi dengan dhomir نَحْنُ nahnu yang artinya kita.

Variasi kata dengan fi’il fahima yafhamu : Fahimta fahimti fahimtu artinya

Ada beberapa macam dhomir untuk fi’il madhi sebagai contoh dalam kata fahima yafhamu.

Adapun contohnya adalah sebagai berikut;

فَهِمْتُ fahimtu artinya saya telah paham, boso jowone “Aku wis mudeng”.

فَهِمْتَ fahimta artinya kamu (dhamir “anta” kamu laki-laki tunggal) paham, jika memakai kata tanya “fahimta?” maka maksudnya adalah menanyakan apakah anda paham?

jika dalam bahasa Jawa artinya yaitu ” opo kowe wis paham? dalam versi singkat lainnya yaitu “wis dong po durung?”

فَهِمْتِ fahimti artinya anda paham (dhamir “anti” kamu perempuan tunggal), sama saja jika berupa kalimat tanya maksudnya adalah menanyakan apakah kamu (seorang perempuan) sudah paham.

Nah itulah seputar arti fahimtum fahimna tulisan Arab secara gundul maupun berharokat juga fahimtu fahimta fahimti artinya sebagai pelengkap informasi. Salam kenal dan wassalaamu’alaikum.


Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.