Tulisan Arab Naudzubillah Min dzalik dan artinya

tulisan arab naudzubillah min dzalik

Informasi tentang arti naudzublillah dilengkapi dengan tulisan arab latin dan artinya dalam bahasa Indonesia serta boso jowo bisa di copy paste dalam bentuk text pada Microsoft word format doc maupun ditempelkan pada blog website karya ilmiah dan lain sebagainya.

pontren.com – assalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh, bagi kalangan muslim wa muslimah alias orang yang beragama Islam, jika melihat sesuatu atau mendengar kejadian yang tidak berkenan termasuk saat menceritakan sesuatu yang tidak baik adakalanya mengucapkan naudzubillah min dzalik.

Apa sih sebenarnya naudzubillah min dzalik artinya dalam bahasa Indonesia dan bagaimana cara menulis dalam huruf hijaiyah tulisan arab?

Baca : Arti ta’awudz dalam bahasa Inggris

Berikut akan kami sampaikan seperti apa tulisan arab kalimat naudzubillah min dzalik dalam arab gundul dan juga versi lengkap dengan harakat syakal guna kemudahan dalam membacanya, sekaligus dapat di gandakan kemudian di temple (copy paste) dalam artikel atau word termasuk wordpress serta blogspot.

Langsung saja tanpa basa basi, berikut cara penulisan na’udzublillah dalam huruf arab hijaiyah.

Tulisan Naudzubillah arab

Sebagaimana dijanjikan diatas, akan disampaikan dua versi tulisan arab, yang pertama berbentuk model tanpa harakat yang dikenal dengan sebutan tulisan pegon atau arab gundul.

Berikut tulisan dalam huruf hijaiyah naudzubillah min dzalik dalam bentuk Arab gundul

نعوذ بالله من ذلك

Jika anda hanya menginginkan cara penulisan singkat versi arab naudzubillah saja tanpa min dzalik, silakan anda menulis seperti dibawah ini.

نعوذ بالله

Jika anda anda menginginkan tulisan arab naudzubillah versi lengkap yang dilengkapi dengan harakat semisal fathah kasrah sukun tasydid dan lain sebagainya, ini dia cara penulisannya.

Monggo disimak.

نَعُوْذُ بِاللهِ

Keperluannya bukan hanya versi pendek? Tapi dibutuhkan secara lengkap tulisan na’udzubillah min dzalik dilengkapi syakal?

Silakan di kopi paste sebagaimana dibawah ini dengan harakat fathah berdiri harakat Alif Khanjariyyah) pada kata dzalika, bukan hanya yang model fathah biasa.

نَعُوْذُ بِاللهِ مِنْ ذٰلِكَ

Begitulah cara penulisannya menggunakan huruf hijaiyah, tinggal dipilih mana yang hendak dipakai, mau model gundul ataupun dalam versi lengkap harakat dan syakalnya.

Arti naudzubillah min dzalik Bahasa Indonesia dan Boso Jowo

Sebagaimana diketahui bahwa kalimat naudzu billah min dzaalik terdiri atau tersusun dari beberapa kata.

Mari diurai satu persatu:

نَعُوْذُ = merupakan kata kerja dalam bahasa arab yang berasal dari kata yang asalnya عَاذَ – يَعْوُذُ kemudian dalam fiil mudharik dengan dzamir kita sehingga menjadi naudzu yang berarti kami berlindung

بِ = dalam ilmu bahasa arab disebut dengan huruf, di Indonesia dalam kalimat ini (naudzu billah) biasa diartikan “kepada”.

الله = Tuhan, yang dalam keterangan ahli bahasa, Lafadz الله adalah ‘Alam Dzat Wajib Wujud. Artinya adalah suatu nama dzat yang maha wujud yang menjadikan segala sesuatu ada. Sebagai pencipta serta pemelihara alam semesta beserta segala isinya.

Sumber: TMBA | Tips Mahir Berbahasa Arab.
https://bahasa-arab.com/irab-dan-makna-kalimat-istiadzah/

مِنْ = (dalam Bahasa Arab disebut dengan huruf jar yang memiliki arti = “dari”.

ذٰلِكَ = itu, yaitu hal yang diceritakan, didengarkan, dilihat dan sebagainya dimana sang pengucap memohon perlindungan keadaan atau situasi yang dimaksud dengan “itu”.

baca : tulisan assalamu’alaikum waalaikum salam arab latin

Jadi arti naudzubillah min dzalik adalah;

Kami berlindung kepada Allah dari itu (sesuatu hal yang dimurkai Allah).

Bagaimana terjemah arti boso jowo naudzubillah min dzalik?

Ini dia artinya dalam bahasa Jawa.

Kulo nyuwun pangreksonipun gusti Allah saking niku (mboten sae)“.

Mekaten terjemahanipun saking boso arab dumateng boso Jowo Kromo Alus.

Surat dan ayat dalam al-Qur’an yang berkaitan dengan istiadzah dan juga kalimat diatas (naudzubillah) salah satunya terdapat Dalam alqur’an surat ke 16 yaitu surat an Nahl ayat 98

فَإِذَا قَرَأْتَ الْقُرْآنَ فَاسْتَعِذْ بِاللَّهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ

Artinya: “Apabila kamu membaca Al-Qur’an, mintalah perlindungan kepada Allah dari setan yang terkutuk.” (QS. An-Nahl [16]: 98)

and the last, that is how to write nauudzu billahi min dzaalik in arabic text which meaning We seek refuge to ALLAH (God) in order to keep us away from the bad things.

wilujeng siang, wassalamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh.

loading...

Silakan berkomentar