keterangan domisili madin

Contoh Surat Keterangan Domisili Madrasah Diniyah Takmiliyah DTA

Download surat Keterangan Domisili Madrasah Diniyah Takmiliyah dari Desa atau Kelurahan dalam format doc ms word bisa diedit bagi lembaga yang biasa disebut dengan DTA MDTA Madin Maupun DT sebagai lembaga pendidikan Islam nonformal.

Pontren.com – assalamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh, sebagai lembaga yang berada dibawah naungan Kementerian Agama, secara legal formal diakui oleh pemerintah dengan keberadaan piagam terdaftar madrasah diniyah takmiliyah.

loading...

Pada piagam terdaftar madrasah diniyah takmiliyah ini tercantum nomor statistik diniyah takmiliyah yang biasa disingkat dengan NSDT.

NSDT terdiri dari kode lembaga, kode provinsi, kode kabupaten beserta nomor urut lembaga yang unik sehingga nomor ini jika dilakukan penomoran dengan cermat dan tidak salah maka tidak ada satupun nomor NSDT didunia, atau di Indonesia yang dobel untuk dua lembaga madin yang berbeda.

Guna mendapatkan piagam terdaftar sebagai pengakuan bahwa lembaga ini tercatat di kemenag (orang awam biasa menyebutnya dengan izin operasional madrasah diniyah takmiliyah) maka pihak pengelola madin harus bersikap pro aktif dalam mendaftarkan.

guru-Madin
Guru Madin

Posisi kementerian agama khususnya Seksi PD Pontren atau Pakis bersikap pasif alias menunggu pendaftaran, paling banter melakukan sosialisasi dan himbauan supaya lembaga yang sudah memiliki santri 15 anak atau lebih untuk mendaftarkan ke Kemenag.

Tentunya dalam pendaftaran ini ada ketentuan dan persyaratan yang diperlukan sebagaimana dipersyaratkan masing masing kemenag kabupaten atau kota.

Sebenarnya jika mengacu kepada pedoman penyelenggaraan madrasah diniyah takmiliyah tidak ditemukan persyaratan adanya surat domisili dari desa atau kelurahan.

baca : Download administrasi Madrasah Diniyah Takmiliyah Lengkap

Akan tetapi karena kuatnya pengaruh ijin operasional pondok pesantren yang didalamnya terdapat syarat keterangan domisili dari desa dan ada contoh kongkrit yang dapat diadaptasikan sehingga dalam persyaratan pengajuan madin dan TPQ ikutan latah mempersyaratkan surat keterangan domisili ini sebagai lampiran persyaratan pengajuan izin operasional yang berbentuk piagam terdaftar khususnya MDTA untuk jenjang awaliyah, MDTW untuk wustha dan MDTU pada jenjang madin Ulya.

Secara bahasa, domisili berarti tempat kediaman yang sah dari seseorang, tempat tinggal resmi (KBBI online).

Dengan begitu domisili madrasah diniyah takmiliyah adalah tempat kediaman yang sah dari lembaga pendidikan Madin dalam beroperasional melakukan kegiatan belajar mengajar.

Surat keterangan domisili madin ini dikeluarkan oleh kelurahan atau desa tempat lembaga tersebut beroperasi dengan tanda tangan dan stempel dari kepala desa atau lurah, bisa juga ditandatangani oleh sekretaris desa ataupun carik.

Isi Surat Keterangan Domisili Madrasah Diniyah Takmiliyah (Madin)

syarat-bantuan-insentif-guru-TPQ-madin-pondok-pesantren
pengelola Madin

Dalam isian surat keterangan ini memuat bahwa nama pejabat dalam hal ini lurah atau kepala desa yang menyatakan bahwa ;

Nama Yayasan/Lembaga Penyelenggara
Nama Madrasah Diniyah Takmiliyah : ……………………………………..

Nama pimpinan Madrasah Diniyah Takmiliyah : …………………………………….
Alamat Madrasah Diniyah Takmiliyah : ………………………………………..

benar-benar berada di wilayah desa/kelurahan kami.

Demikian surat domisili ini dibuat untuk dipergunakan sebagaimana mestinya.

Selanjutnya dibawahnya terdapat tanda tangan pejabat yang berwenang dengan dibubuhkan stempel atau cap dinas dan ada nama lengkap beserta gelar dibawah tanda tangan ini.

Pada bagian akhir terdapat tembusan yang ditujukan kepada camat, lembaga yang bersangkutan dan arsip sebagai dokumen pihak desa atau kelurahan.

Download contoh surat keterangan domisili Madrasah Diniyah Takmiliyah

Berikut ini adalah contoh surat keterangan domisili yang diadaptasi dari keterangan domisili pesantren dimana dalam formatnya menggunakan ms word supaya mudah dilakukan perubahan atau edit sesuai dengan kebutuhan.

Sebelum dilakukan pengunduhan akan ditampilkan preloved atau anda dapat melihat bentuk file ini tanpa harus mengunduhnya terlebih dahulu.

Dimaksudkan jika memang cocok atau sesuai dengan yang diinginkan dapat dilanjutkan dengan mengunduhnya, jika tidak cocok anda tidak perlu mendownload file ini kalau hanya ingin melihat lihat.

Berikut tampilannya.

Pengunduhan file dapat dilakukan secara langsung melalui tampilan diatas melalui pojok kanan atas gambar.

Jika ada kendala dalam pengunduhan melalui tampilan preloved dimaksud, berikut kami berikan tautan link yang menuju langsung ke tempat penyimpanan

Download contoh surat keterangan domisil madin dari desa / kelurahan.

Demikian contoh yang dapat kami haturkan kepada para petugas perangkat desa ataupun pengelola lembaga madrasah diniyah takmiliyah sebagai acuan dalam lampiran persyaratan pengajuan izin operasional madin yang sebenarnya secara teknis lebih tepat bernama pengajuan piagam terdaftar madin dan NSDT.

Wilujeng dalu, selamat malam. Wassalamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh.

Silakan berkomentar

%d blogger menyukai ini: