Menebalkan Huruf Hijaiyah Sambung Mulai Alif Sampai Ya

Materi pembelajaran menulis pada TK SD Islam maupun PAUDQu sert TPQ (Taman Pendidikan Al-Qur’an) tahsinul kitabah menebalkan huruf hijaiyah sambung menjadi satu kalimat atau sambungan kata.

pontren.com – assalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuhu, setelah murid santri pada Sekolah Dasar maupun Madrasah Ibtidaiyah juga TPQ TKQ dan TQA menguasai penulisan huruf Arab secara satuan, selanjutnya naik untuk menyambung.

Untuk file menulis huruf sambung mulai alif sampai dengan ya’ ini dalam format PDF yang bisa anda unduh dan menjadi sarana pembelajaran tahsinul kitabah bagi santri yang sudah membaik dalam menulis Huruf Arab.

Pada file ini awal mula yaitu menebalkan huruf hijaiyah satuan mulai dari alif sampai ya kemudian selanjutnya ada beberapa huruf dan contohnya untuk mereka jadikan contoh pedoman. Mulai dari 2 huruf, 3 huruf dan setelahnya.

Pada bagian bawahnya, ada kolom kosong untuk menuliskan sendiri. Tanpa harus sekedar menyambung garis putus-putus huruf hijaiyah ini (berupa tabel kolom).

Dengan begitu harapannya mereka mampu mengetahui cara menyambung huruf hijaiyah awal tengah dan akhir dan mempraktekkannya dalam tulisan. Sukur-sukur pada word internet.

Dari sinilah anak-anak atau santri SD SMP bahkan SMA serta TPQ TPA maupun TQA mengetahui cara menyambung huruf hijaiyah dan contohnya.

Mereka mengenal bentuk huruf hijaiyah sambung dan yang tidak bisa digandeng setelahnya.

Download Materi Menebalkan Huruf Hijaiyah Sambung PDF

Sebagaimana kami sampaikan, berikut ini adalah file dalam format PDF untuk pegangan guru dalam mengajar tahsinul kitabah menulis huruf sambung huruf hijaiyah sambungan mulai dari alif sampai ya baik awal tengah maupun bagian akhir.

Anda bisa mencetaknya dalam bentuk satuan atau sekaligus menjadi bahan buku tahsinul kitabah pada jenjang pendidikan yang anda kelola.

Untuk penampakan file preloved dari materi ini bisa anda lihat dalam gambar penampakan sebagai berikut;

Kemungkinan masih banyak file yang bisa anda kumpulkan dari berbagai sumber. Sebagai penambah pengayaan dalam pembelajaran menulis huruf arab menyambungkan pada bagian depan tengah maupun akhir.

Jika hendak mengunduhnya, berikut adalah tautan link pengunduhannya.

Download Materi Menebalkan Huruf Hijaiyah Sambung

Demikianlah sekedar tambahan informasi dan sebagai acuan dalam mengajar menulis huruf hijaiyah. Juga menyambung dari awal huruf alif sampai akhir huruf ya baik berada pada bagian awal, tengah, dan akhir.

Maturnuwun sudah mampir ke blog yang sederhana ini, salam kenal mas Muhsin, wassalaamu’alaikum.

Tinggalkan komentar