Pengertian Iman Kepada Allah

kalografi laa ilaaha illallaah

Pengertian Iman Kepada Allah disertai dalil alquran beserta ayatnya.

Infomasi tentang pengertian iman kepada Allah disertai dengan dalil naqli dari alquran yang salah satunya terletak pada surat an nisa’ ayat 136 lengkap dengan harakat dan syakal untuk memudahkan dalam membacanya.

pontren.com – penjelasan tentang pengertian iman kepada Allah yang terdapat dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas 7 SMP atau MTs yang menjelaskan pengertian dan arti iman kepada Allah baik dari segi arti atau secara harfiah dan pengertian secara istilah.

Tanpa basa basi berikut pengertian dari Iman Kepada Allah dan juga arti secara harfiah.

Pengertian Iman Kepada Allah secara bahasa dan Istilah

Pengertian Secara Bahasa atau harfiah iman berarti percaya.

Untuk pengertian secara istilah, iman berarti percaya dan meyakini dengan sepenuh hati, mengucapkan dengan lisan, dan membuktikan dengan perbuatan.

Tanda-tanda keimanan dalam diri seseorang dapat terlihat dari amal perbuatan yang dikerjakan karena kepribadian diri seseorang merupakan pancaran dari iman yang ada di dalam diri seseorang.

Iman kepada Allah Swt. merupakan pokok dari seluruh iman yang tergabung dalam rukun iman.

Dalil tentang iman kepada Allah dalam alquran dan tafsir dari para ulama

Dicontohkan salah satu dalil dalam alquran yang terdapat dalam qur’an surat an Nisa ayat 136 yang matan nya berbunyi;

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا آمِنُوا بِاللَّهِ وَرَسُولِهِ وَالْكِتَابِ الَّذِي نَزَّلَ عَلَىٰ رَسُولِهِ وَالْكِتَابِ الَّذِي أَنْزَلَ مِنْ قَبْلُ ۚ وَمَنْ يَكْفُرْ بِاللَّهِ وَمَلَائِكَتِهِ وَكُتُبِهِ وَرُسُلِهِ وَالْيَوْمِ الْآخِرِ فَقَدْ ضَلَّ ضَلَالًا بَعِيدًا

Tulisan Latin : Yā ayyuhallażīna āmanū āminụ billāhi wa rasụlihī wal-kitābillażī nazzala ‘alā rasụlihī wal-kitābillażī anzala ming qabl, wa may yakfur billāhi wa malā`ikatihī wa kutubihī wa rusulihī wal-yaumil-ākhiri fa qad ḍalla ḍalālam ba’īdā

Terjemahan dalam Bahasa Indonesia : Wahai orang-orang yang beriman, tetaplah beriman kepada Allah dan Rasul-Nya dan kepada kitab yang Allah turunkan kepada Rasul-Nya serta kitab yang Allah turunkan sebelumnya. Barangsiapa yang kafir kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, rasul-rasul-Nya, dan hari kemudian, maka sesungguhnya orang itu telah sesat sejauh-jauhnya.

Tafsir jalalain an nisa ayat 136

Berikut adalah arti dari tafsir jalalain untuk alquran surat an nisa (4) ayat 136.

(Hai orang-orang yang beriman, berimanlah kamu) artinya adalah tetaplah beriman (kepada Allah dan rasul-Nya dan kepada kitab yang diturunkan-Nya kepada rasul-Nya) Muhammad saw. yakni kitab suci Alquran (serta kitab yang diturunkan-Nya sebelumnya) maksudnya kitab-kitab yang diturunkan-Nya kepada para rasul, dan menurut satu qiraat kedua kata kerjanya dalam bentuk pasif. (Dan siapa yang ingkar kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, rasul-rasul-Nya dan hari akhirat, maka sungguhnya ia telah sesat sejauh-jauhnya) dari kebenaran.

Dalam tafsir dari Kementerian Agama RI disebutkan Bahwa Iman kepada kitab-kitab Allah dan kepada rasul-rasul-Nya adalah satu rangkaian yang tidak dapat dipisah-pisahkan.

Tidak boleh beriman kepada sebagian rasul dan kitab saja, tetapi mengingkari bagian yang lain seperti dilakukan oleh orang-orang Yahudi dan Nasrani.

Demikian informasi tentang pengertian Iman kepada Allah dan contoh dalil tentang beriman kepada Allah beserta keterangan tafsir dari kitab jalalain dan Kementerian Agama RI. Wassalamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh.

loading...

Silakan berkomentar