Penjelasan Isi Kandungan Surat Ar-Rahman ayat 33

pentingnya pendidikan Al-Qur'an

Informasi tentang penjelasan dari isi kandungan dari surat arrahman ayat 33 sebagai salah satu alternatif jawaban untuk menjawab pertanyaan dalam buku pelajaran agama Islam semisal berbunyi” Sebutkan isi kandungan surat Arrahman ayat 33!’ dan lain sebagainya.

Pontren.com – assalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh, wilujeng enjang semuanya baik para bapak ibu guru atau murid siswa siswi yang rajin belajar melalui teknologi informasi lewat computer laptop maupun handphone canggih yang dimiliki.

Dalam tulisan kali ini akan mengetengahkan tentang teks dan arti surat arrahman ayat 33 disertakan pula apa isi Kandungan dari berbagai sumber sebagai pendukung informasi tambahan. Selamat membaca.

Tulisan arab latin dan terjemah surat arrahman ayat 33

Sebelum membahas isi kandungan dari surat arrahman ayat 33, berikut adalah tulisan arab latin serta arti terjemahnya dalam bahasa Indonesia.

يَا مَعْشَرَ الْجِنِّ وَالْإِنْسِ إِنِ اسْتَطَعْتُمْ أَنْ تَنْفُذُوا مِنْ أَقْطَارِ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ فَانْفُذُوا لَا تَنْفُذُونَ إِلَّا بِسُلْطَانٍ

Tulisan Latin: Yā ma’syaral-jinni wal-insi inistaṭa’tum an tanfużụ min aqṭāris-samāwāti wal-arḍi fanfużụ, lā tanfużụna illā bisulṭān
Artinya dalam bahasa Indonesia : Hai jama’ah jin dan manusia, jika kamu sanggup menembus (melintasi) penjuru langit dan bumi, maka lintasilah, kamu tidak dapat menembusnya kecuali dengan kekuatan.

Isi Kandungan Surat Arrahman ayat 33

Jika dibaca terjemah dari surat ar rahman ayat 33 diatas manusia ditantang untuk menembus penjuru langit dan bumi. Dalam ayat ini mengingatkan manusia tidak dapat lari dari kekuasaan Allah dan pertanggungan jawab kepada-Nya.

Berkaitan dengan kemampuan manusia dalam penjelajahan ruang angkasa, Bahwa Allah SWT mempersilakan jika manusia hendak melintasi bumi maupun langit.

Berikut beberapa kandungan surat arrahman ayat 33 dari berbagai sumber.

Pertama, Manusia adapt melakukan menjelajah ruang angkasa dengan sulthan (kekuatan ilmu pengetahuan dan tenologi), namun kekuatan manusia itu terbatas.

Kedua, Ayat ini memberikan motivasi kepada manusia untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi agar bisa melakukan eksplorasi penjelajahan di ruang angkasa dan lain sebagainya.

Ketiga, dalam ayat ini merupakan seruan Allah kepada jin dan manusia. Mereka diingatkan dengan nikmat-Nya, di antaranya Allah mempersilakan jika mereka sanggup menembus langit.

Keempat, Segala Kekuatan adalah milik Allah. Manusia tidak memiliki kekuatan kecuali dari Allah dan dengan izin-Nya.

Itulah beberapa kandungan dari surat arrahman ayat 33 yang mana berkaitan erat dengan peringatan kepada manusia, tanggungjawab, teknologi, serta kekuatan Allah SWT.

Contoh perilaku yang mencerminkan kandungan surat ar-Rahman ayat 33

santri Madrasah Diniyah Takmiliyah sedang belajar (ilustrasi)
santri Madrasah Diniyah Takmiliyah sedang belajar (ilustrasi)

Biasanya dalam buku pendidikan agama Islam saat ini terdapat ulasan dan penjelasan yang menerangkan ayat dan kemudian diminta untuk menyebutkan praktek amaliyah atau kegiatan sehari-hari yang berkaitan dengan ayat dimaksud.

Contoh soal dan jawaban sebagaimana dibawah ini.

Berikan contoh perilaku yang mencerminkan kandungan Surah Ar-Rahman ayat 33!

Untuk menjawab pertanyaan diatas, sampean dapat menuliskan jawaban sebagai berikut;

Beberapa contoh perilakunya, antara lain :

  1. memiliki kecintaan membaca buku-buku pengetahuan sebagai bukti cinta ilmu pengetahuan.
  2. Selalu berusaha ingin mencari tahu tentang alam semesta, baik di langit maupun di bumi, dengan terus menelaahnya ataupun melakukan percobaan dan penelitian yang legal sesuai aturan ketentuan perundang undangan.
  3. tetap rendah hati tidak sombong karena segala kekuatan itu adalah milik Allah dan Manusia tidak memiliki kekuatan kecuali dari Allah dan dengan izin-Nya.

Demikian informasi tentang kandungan surat Ar-Rahman ayat 33 yang memiliki kaitan dengan ilmu pengetahuan yang lebih spesifik mengenai penjuru langit dan bumi, wilujeng siang, wassalamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh.

loading...

Silakan berkomentar