Menikmati Makan malam di Sate Kambing Solo Bu Ratna Karangpandan

By | 18/01/2020
sate kambing solo Bu Ratna Karangpandan

Pengalaman menikmati sate kambing Bu ratna timur terminal Karangpandan sekitar jam 20.30 WIB (setengah sembilan malam).

Assalamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh, sugeng dalu bagi warga karanganyar dan sekitarnya semoga dalam kondisi sehat selalu dan tidak pura pura bahagia hehehee.

baca;
Empuknya sate Kambing Pak Manto Wonolopo Tasikmadu;
makan siang di rumah Makan Masakan Jawa Bu Mini Sawahan Jaten;
icip icip ayam Kremes Mbak Ary Seledok Ngargoyoso.

Habis sore hari dari Ngargoyoso dalam rangka sowan ke pensiunan kepala MI daerah Dukuh Ngargoyoso dan sholat magrib di masjid besar Baiturrahman Ngargoyoso, kemudian kisaran jam 8 malam meluncur turun.

Baru terasa lapar pada saat sampai daerah keteng atau kasihan olodolo, terlintas di kepala hendak makan pecel lele di barat terminal Bejen Karanganyar nanti.

Selepas melewati jembatan ndimoro dan masuk jalan provinsi Tawangmangu Karanganyar lihat kiri jalan ada rumah makan yang buka, minggir disik untuk isi perut. Lah warung sate rupanya, mau pesan gulai koq penasaran dengan sate nya. Ya wis saya tanya saja kepada mbaknya, sate nya masih? Jawab mbaknya masih.

patung-kambing-sate-kambing-bu-ratna-karangpandan
ada patung kambing didepan rumah makan

Pesan 1 mbak, makan sini, minumnya es teh ya.

Akhirnya sambil nunggu pesanan saya nulis artikel ini. Semenit berlalu pesanan es teh datang, kira kira sepuluh menit selanjutnya sate dan paketannya muncul (ada nasi satu piring, sepiring sate dan satu piring lagi kuah warna kuning, entah kuah apa namanya.

Review Rasa Sate Kambing Bu Ratna Karangpandan

Tiba waktunya mengisi perut dengan menu sate solo bu ratna karangpandan, menurut saya nasi nya cukupan untuk saya, bisa jadi bagi anda penggemar dahar kathah kurang mencukupi.

porsi-nasi-sate-bu-ratna-karangpandan
sepiring porsi nasi

Karena di awal saya hanya bilang sate saja tanpa embel embel berapa tusuk (disini dijual sate ada yang 5 tusuk, 7 tusuk dan 10 tusuk), sepertinya saya disuguhi yang 5 tusuk.

Meskipun paling sedikit tusuknya tapi bagi saya pribadi relatif banyak juga karena nasi saya sudah habis masih ada daging sate kambing muda yang tersisa.

sate-kambing-bu-ratna
5 tusuk sate

Di warung sate ini penyajian sate bakar juga didampingi dengan sepiring kuah gulai alias gule.

Hal ini saya konfirmasi ke tukang masaknya, apa sih ini kuah? Dijawab kuah gule.

Cara makannya dengan menyiramkan ke nasi yang disajikan sesuai selera. Bisa juga diabaikan untuk disiramkan ke nasi jika anda lebih memilih tanpa rasa kuah gule. Saya sih cobain sedikit menaruh pada nasi. Kira kira beberapa sendoklah.

kuah-gulai-campuran-untuk-nasi-sate
kuah gule

Menurut saya pribadi, secara rasa, menu sate kambing bu ratna ya enaklah. Namanya juga sate, lha seperti apa enaknya sate bu ratna?

Kalau ada pertanyaan seperti itu maka jawaban saya adalah enak seperti sate sate pada umumnya yang dijual oleh warung atau rumah makan penyedia sate.

Untuk kealotan daging, menurut saya relatif tidak alot, terasa daging kambingnya tapi saya berharap bumbunya lebih berasa.

Untuk kuah gule dituangkan ke nasi saya nilai sama saja untuk score kenikmatan yang dihasilkan.

Dalam artian sama enaknya tidak ada yang lebih unggul antara dituangkan atau tidak diguyur ke piring yang berisi nasi.

Singkatnya score sama alias seri, hanya perbedaan ada rasa gulai di nasi dengan murni rasa sate. Sama nilai hanya beda rasa. Begitulah kesimpulan saya pribadi.

Seperti kata mbak tukang masaknya, menuangkan kuah gule adalah selera atau opsional, anda dapat mencampur nasi dengan kuah gule atau membiarkan tawar tanpa kuah itu tergantung kesenangan selera lidah anda.

Bagaimana es teh nya? Saya tidak merasa terkesan dengan es teh yang disajikan,akan tetapi bukan maksud saya mengatakan es teh nya tidak enak.

es-teh-sate-kambing-bu-ratna-karangpandan
segelas es teh

Saya hanya ingin mengatakan ini es teh seperti minuman tempat lain enak tapi biasa saja tidak membuat saya terpana dan terpesona dengan rasa yang dihasilkan. Rasanya Standar es teh.

Review Tempat

meja-makan-sate-kambing-bu-ratna-karangpandan
tempat makan model lesehan

Tempatnya bagus, luas dan bersih. Saya akan memberikan nilai yang bagus untuk tempatnyan luas dan nyaman, cocok untuk santai baik sendirian atau bareng pasangan maupun rame rame sekeluarga rekan kerja handai taulan.

Kebanyakan lesehan dan didepan tersedia kursi duduk jika hendak makan di meja menghadap jalan raya sambil lihat berbagai merk mobil dan motor yang lalu lalang.

Entah apa warung ini di sponsori oleh produk minuman dari kopi Tora Bika karena plastik yang melapisi meja lesehan semuanya berlabel tora bika warna merah dan tora kafe.

meja-makan-bersponsor
meja bersponsor?

Menu makan dan harga sate Kambing Bu Ratna Karangpandan

Menu disini sangat lengkap, baik dari segi makanan maupun minuman.

aneka masakan dimulai dari olahan daging kambing muda tersedia, sate bakar, gule atau gulai kambing, tengkleng biasa, sate buntal, tongseng, tengkleng rica rica.

Ada juga aneka macam nasi goreng, mulai dari nasi goreng kambing, nasgor babat, nasgor sosis. Tinggal dipilih selera yang mana jika anda datang berombongan bisa terakomodasi banyak lidah menyesuaikan selera.

daftar-menu-dan-harga-sate-kambing-bu-ratna
daftar menu dan harga makanan

Untuk minuman juga tidak kalah aneka warna dan macam rupa yang tersedia.

Mulai dari es teh, jeruk anget, soda gembira, es mega mendung, beras kencur, coffemix, milo, kopi, susu coklat, krimer, cincau, sarang burung walet. Lengkap sangat pokoknya.

Untuk harga sudah tertera dalam buku menu atau lembaran kertas tebal yang tersedia nama menu serta minumannya disertai rupiah yang perlu dibayarkan.

menu-minum-dan-harga-warung-sate-Karangpandan
minuman dan harga

Biaya makan sate 5 tusuk Bu Ratna plus es teh dan 2 Kerupuk

Rampung makan, tugas saya adalah membayar biaya menu makan yang saya jadikan santap malam yaitu sebagaimana sub judul diatas.

Saya datangi mbaknya dan standar orang selesai makan akan mengatakan.

“Mbak, sudah mbak. Ditimpali mbaknya dengan pertanyaan,” Tambah Kerupuk tidak”?

Saya jawab,” iya, tambah kerupuk 2.”

Jawab mbaknya,” empat puluh lima ribu mas (Rp. 45.000,-).

menu-sate-kambing-solo-bu-ratna-karangpandan
sate lengkap dengan nasi es teh dan kuah gule

Lumayan juga ya harganya untuk 5 tusuk sate dan es teh ditambah 2 kerupuk, relatif lebih dengan selisih kisaran 10 ribu dibanding warung sate pada umumnya di Karanganyar.

Setelah saya bayar dengan uang 50 ribuan dan mendapatkan kembalian 5 ribu, saya baru ingat tadi ada barang yang ketinggalan yaitu kereta api.

Akhirnya saya beli gudang garam sak bungkus disini dengan uang Rp. 20.000,- dan dikembalikan seribu rupiah. Jadi harganya 19 ribu rupiah untuk satu bungkus gudang garam filter internasional.

Jam Buka Tutup sate Kambing Solo Bu Ratna Karangpandan Karanganyar

Hendak mencoba menu sate disini? Atau gulai? Atau nasgor kambing? Nasgor babad?

Keterangan mbak tukang masak bahwa rumah makan mulai beroperasi dan buka jam 08.00 WIB alias jam delapan pagi.

Sedangkan jika dalam kondisi normal, warung tutup pada saat jam 21.00 WIB alias jam sembilan malam. Jadi kalau anda magrib mengen nyate rumah makan ini masih online.

Atau pagi pagi habis apel upacara anda sudah dapat memesan menu gule atau tongseng di rumah makan ini.

Demikian pengalaman nyate di sate kambing solo bu ratna sebelah timur terminal pasar karangpandan di selatan jalan Solo Tawangmangu.

Sugeng dalu, wassalamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh. Nb. Gambarnya insyaallah upload besok, dah malem. Sampun ngantuk hehehee.

Karangpandan, 18 Januari 2020.

Silakan berkomentar