Taman Pendidikan Al Quran di Masjid


manajemen-masjid-bidang-imarah

TPQ Taman Pendidikan Al Quran di Masjid
Informasi tentang TPQ di Masjid mengacu kepada berdasarkan Keputusan Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam nomor DJ.II/802 Tahun 2014 tentang Standar Pembinaan Manajemen Masjid yang tercantum dalam Bab V Pembinaan Imarah.

Pontren.com – assalamu’alaikum, saat ini banyak sekali TPQ yang melaksanakan kegiatan Belajar mengajar di dalam ruangan utama masjid atau pada bangunan khusus yang berada di kompleks Masjid.

Sepertinya lebih banyak TPA yang mengandalkan masjid sebagai tempat pendidikan TPQ daripada lembaga TPA yang telah memiliki gedung tersendiri baik mandiri maupun berada dibawah yayasan.

Dalam tulisan ini akan mengulas tentang TPQ di Masjid dengan dasar dari Keputusan dirjen diatas.

TPQ adalah Pendidikan Nonformal dan Jenjang Pendidikan

back to TPQ
back to TPQ

TPQ merupakan pendidikan nonformal di lingkungan masjid yang diselenggarakan untuk semua umur dan dikelompokkan menurut kategori usia peserta yaitu anak-anak, remaja, dewasa dan orang tua.

Dari paparan dalam Keputusan Dirjen Bimas ini, jenjang TPQ berbeda dengan milik Dirjen Pendis.

Adapun versi pengelompokan santri peserta didik menurut Dirjen Bimis mengacu kepada tahapan kehidupan umur yaitu;

  • Anak –anak;
  • Remaja;
  • Dewasa; dan
  • Orang tua.

pada kenyataan yang bisa dilihat semua orang, TPQ hanya berjalan pada usia anak anak, sedangkan remaja telah memiliki komunitas sendiri, meskipun begitu, pengajian remaja dapat pula dikategorikan sebagai TPQ karena mempelajari yang berkaitan dengan alquran.

remaja masjid (ilustrasi)
remaja masjid (ilustrasi)

pada Kalangan Dewasa dan orang tua, TPQ ini dalam bentuk atau format berupa pengajian atau kajian rutin. dimana kegiatan belajar mengajarnya lebih bersifat monolog dari nara sumber diselingi dengan tanya jawab.

Materi Pembelajaran TPQ Pada masjid

Dalam informasi materi pendidikan TPQ pada masjid, hanya disampaikan secara sangat global dan tidak ada acuan kurikulum serta patokan pendidikan, kesemuanya diserahkan kepada pengelola.

Adapun materi untuk TPQ di Masjid ini terbagi menjadi tema besar yaitu;

  • membaca huruf alquran,
  • ilmu tajwid,
  • hafalan dan
  • ilmu tafsir atau memahamimakna ayat ayat alquran.

Pengelola TPQ pada Masjid

Mengacu kepada ketentuan Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam, kegiatan TPQ dikelola oleh pengurus TPQ secara langsung atau dapat juga dengan cara mengundang mendatangkan guru yang berkompeten atau dianggap mumpuni dalam pengajaran Taman Pendidikan Alquran.

setahu saya sangat jarang sekali ketua tamir atau kepala bidang pengurus masjid yang terjun langsung mengajar pada TPQ utamanya pada jenjang anak-anak.

TPQ pada Masjid berada dibawah Bidang Imarah

pengertian-idarah-imarah-riayah-manajemen-masjid
pengertian-idarah-imarah-riayah-manajemen-masjid

Siapakah yang bertanggungjawab terhadap keberlangsungan Kegiatan Belajar Mengajar TPQ?

Pasti sampean sudah tahu jawabannya, karena sudah kami cantumkan dalam sub judul diatas.

Ketua Bidang Imarah mestinya bertanggungjawab terhadap keberadaan Taman Pendidikan Alquran pada masjid yang dikelola yang dalam hal ini mestinya meliputi tanggungjawab manajemen, penggalian dana, pengadaan sarana prasarana.

Meskipun bisa saja tidak langsung mengurusi akan tetapi seharusnya ketua bidang imarah beserta anggota yang berada di imarah melakukan usaha dan upaya dalam rangka peningkatan kualitas TPQ.

Termasuk dalam perhatian terhadap kelengkapan sarana prasarana serta usaha menyediakan kurikulum serta peralatan buku iqra maupun soal ujian setiap semester dan raport.

Juga tanggungjawab penyelenggaraan perkumpulan wali murid beserta kegiatan kegiatan yang memerlukan dukungan penuh dari takmir masjid, minimal menjembatani para pengelola TPQ dengan pihak takmir masjid utamanya dalam hal pendanaan dan pendampingan.

Sayangnya jauh api dari panggang, kebanyakan Takmir masjid pada bidang imarah atau siapapun yang bertugas dalam bidang ini (mungkin disebut dengan istilah yang lain) kebanyakan tidak menjadikan TPQ sebagai isu utama untuk dibina.

Lebih condong memikirkan pembangunan dan juga kegiatan pengajian akbar atau hal hal yang bersifat mempercantik dan memperindah bangunan masjid.

Memperindah bangunan masjid bukan hal yang tabu atau jelek, tapi mengabaikan Lembaga Taman Pendidikan alquran juga bukan hal yang bijaksana jika terjadi pada takmir masjid.

Demikian informasi tentang taman pendidikan alquran di masjid, wassalamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh.

monggo silakan komen atau tanya

Silakan berkomentar

%d blogger menyukai ini: