Istilah Sejarah dari Bahasa Arab Syajaratun Artinya Pohon

Share

istilah sejarah berasal dari bahasa arab yaitu syajaratun yang artinya adalah pohon. Tulisan Arabnya syajarotun yaitu شَجَرَةٌ . Kenapa bisa sejarah asalnya dari kata syajaratun? Begini penjelasan dan pembahasannya.

pontren.com – assalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh, bahasa arabnya pohon adalah شَجَرَةٌ (syajaratun), yang kemudian menjadi istilah sejarah dalam Bahasa Indonesia.

Di Negara Indonesia yang kita cintai ini, sejarah dapat berarti silsilah, asal-usul, riwayat. Apabila dibuat skema menyerupai pohon lengkap dengan cabang, ranting, dan daun. Dalam kata sejarah tersimpan makna pertumbuhan atau silsilah.

Dalam Sejarah, Pohon diartikan sebagai suatu simbol, yaitu simbol kehidupan.

Pada pohon terdapat bagian-bagiannya misalnya yaitu batang, ranting, daun, akar, dan buah.

Bagian-bagian pohon ini mempunyai hubungan yang saling berkaitan serta membentuk pohon tersebut menjadi hidup.

Ada dinamika yang memiliki sifat yang aktif dan adapula dinamikanya yang bersifat tidak pasif.

Kondisi Dinamika dalam istilah pohon ini terus-menerus terjadi beriringan dengan waktu dan ruang di mana kehidupan itu ada.

Dengan adanya lambang pohon itu, dapat menunjukkan adanya suatu pertumbuhan dan perkembangan.

Perkembangan manusia dalam pohon ini juga diartikan sebagai perkembangan manusia dari masa ke masa dalam perjalanan waktu.

Perkembangan dahan, batang, akar, buah, dan daun ini memiliki arti adanya perubahan, kesinambungan, perkembangan suatu hal dari masa ke masa.

Itulah mengapa kata sejarah diambil dari bahasa Arab yang yang asal katanya yaitu syajaratun.

Pengertian sejarah secara bahasa dan istilah

pengertian sejarah

Ada banyak pengertiannya secara istilah, akan kami sampaikan beberapa pengertiannya menurut beberapa kalangan ahli yang membuat atau mendefinisikan sejarah secara

Sejarah secara Etimologi dalam bahasa Indonesia memiliki asal bahasa Melayu. Bahasa Melayu ini mengambil dari kata dalam Bahasa Arab yaitu syajarah yang terjemahnya ke Indonesia adalah pohon.

Dalam bahasa inggris disebut sebagai History mempunyai arti ilmu yang menelaah hal ihwal manusia dalam urutan kronologis.

Adapun Kata Historyitu sendiri berasal dari bahasa Yunani, yaitu kata historia yang berarti informasi atau pencarian.

Pengertian sejarah menurut para Ahli

Menurut Moh. Yamin, Pengertian Sejarah adalah ilmu yang mempelajari tentang peristiwa nyata dan dapat dibuktikan.

Pengertian Sejarah Menurut Mohammad Hata adalah dari masa lalu, sejarah hanya memberi gambaran dari masa lalu dan di susunnya menurut tempat dan waktu, dengan memberikan lukisan seperti itu sejarah melahirkan bagi kita suatu pengertian masa yang lalu itu.

Definisi Sejarah menurut Thomas Carlyle adalah peristiwa masa lampau yang mempelajari biografi orang-orang terkenal. Mereka, adalah penyelamat pada zamannya. Mereka merupakan orang-orang besar yang pernah dicatat sebagai peletak dasar sejarah.

Demikian informasi mengenai Istilah Sejarah dari kata Bahasa Arab Syajaratun Artinya adalah pohon, semoga memudahkan dalam mengerjakan soal mengisi titik titik maupun tugas serta mid semester maupun ujian semesteran.

Wilujeng dalu, selamat malam dan akhirnya salam kenal, wassalaamu’alaikum.


Share

Mumtaz Hanif

salam blogger

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *