jawaban-jazakallah-khair

Jawaban Jazakallah Khair

Informasi tentang kata untuk menjawab ucapan jazakallah khair yang sudah merupakan kalimat yang familiar di kalangan muslimin muslimat di Indonesia sebagai ungkapan berterima kasih sekaligus mendoakan orang yang telah menolong.

pontren.com – assalamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh, sugeng sonten para pemirsa layar laptop komputer maupun smartphone, adakalanya jika kita membantu seseorang atau meringankan pekerjaan orang lain maka akan mendapatkan ucapan jazakallah khair yang memiliki arti semoga Allah membalasmu dengan kebaikan.

Baca;
Ucapan terima kasih jazakallah dalam teks arab
Tulisan istirja dalam huruf hijaiyah dengan harakat dan syakal
Tulisan arab syahadatain beserta penjelasan sekilas

Ucapan jazakallah khair

Jika ucapan itu disampaikan melalui pesan media sosial semisal whatsapp twitter maupun aplikasi perpesanan pada smartphone android iphone maupun windows phone, maka dapat ditulis dengan tulisan latin yang dengan versi agak panjang, misalnya jazakallah khairan katsir atau katsiiraa maupun katsiiron.

Tapi jika pemilik hape mempunyai keyboard huruf arab, maka tulisan tersebut tertulis sebagaimana dibawah ini;

جَزَاكَ اللَّهُ خَيْرًا

Yang menjadi topik pembahasan kali ini adalah bagaimana menanggapi atau menjawab balik atas ucapan jazakallah khair ini yang lebih pas dan sesuai bukan hanya dari katanya katanya saja.

Jawaban Jazakallah Khair dalam tulisan arab dan latin beserta arti dan terjemahnya

Pertimbangan jawaban juga dengan landasan mendoakan kembali kepada yang mengucapkan serta dicarikan landasan sebagai penguat dan pemantapan dalam pemilihan jawaban ini.

Pada beberapa blog menuliskan bahwa jawaban jazakallah khairan katsiiraa adalah wa iyyakum. yang jika di terjemahkan kedalam bahasa Indonesia memiliki arti dan kepadamu/untukmu juga.

Akan tetapi jawaban seperti ini mendapat sanggahan dari blog lain yang mengetengahkan bahwa para sahabat maupun ulama tidak menjawab secara khusus seperti jawaban diatas wa iyyaakum وَ اٍيَّاكُمْ

Dengan adanya sanggahan jawaban ini, Al-Allamah Asy-Syaikh Al-Muhaddits Abdul Muhsin Al-Abbad mengatakan sepantasnya dia juga mengatakan “jazakallahu khair” (semoga Allah membalasmu kebaikan pula).

meskipun ucapan semisal “wa iyyakum” sebagai athaf (mengikuti) ucapan “jazaakum”, yaitu ucapan “wa iyyakum” memiliki makna dan arti “sebagaimana kami mendapat kebaikan, juga kalian” ,namun jika dia mengatakan “jazakalallahu khair” dan menyebut do’a tersebut secara nash, tidak diragukan lagi bahwa hal ini lebih utama dan lebih utama.

Asy Syaikh Ahmad bin Yahya An Najmi ditanya: Apa hukumnya mengucapkan, “Syukran (terimakasih)” bagi seseorang yang telah melakukan hal yang baik kepada kita?

Syaikh Ahmad Bin Yahya menjawab
Yang melakukan hal tersebut sudah meninggalkan perkara yang lebih utama, yaitu mengatakan, “Jazaakallahu khairan (semoga ALLAH membalas kebaikanmu.” Dan pada Allah-lah terdapat kemenangan.

Jawaban yang lain yaitu dengan mengucapkan kata “wa fiika baarakallah” yang mempunyai arti Semoga Allah juga melimpahkan berkah kepadamu. Hal ini dapat anda lihat pada lihat Ibnu Sunni hal. 138, no. 278 atau di Al-Waabilush Shayyib Ibnil Qayyim, hal. 304. Tahqiq Muhammad Uyun

wa fiika baarakallah Tulisan arab

wa-fiika-baarakallah

jika anda hendak menuliskan jawaban dengan wa fiika baarakallah menggunakan huruf arab hijaiyah dalam merespon ucapan terima kasih yang diucapkan dengan jazakumullahu khairan. Berikut tulisan arab wafiika baarakallah beserta arti terjemahnya. Tidak lupa juga kami lengkapi dengan harakat dan syakal guna kemudahan untuk dibaca.

وَ فِيْكَ بارَكَ الله

Wa fiika baarakallah
Artinya : Semoga Allah juga melimpahkan berkah kepadamu.

Kesimpulan jawaban jazakallah khaer

Bahwasanya jawaban wa iyyaakum juga merupakan doa yang diterjemahkan dalam bahasa Indonesia memiliki ma’na “dan kepadamu juga”, meskipun para ulama tidak menemukan unsur landasan sebagai sunnah dalam menggunakan jawaban ini. Akan tetapi para ulama juga tidak melarang mengucapkannya atau selain menjawab balik dengan jazakumullah khair. Dengan catatan tidak boleh menganggapnya sebagai bagian dari sunnah.

Catatan hadits tentang berterima kasih

مَنْ صُنِعَ إِلَيْهِ مَعْرُوفٌ فَقَالَ لِفَاعِلِهِ جَزَاكَ اللَّهُ خَيْرًا فَقَدْ أَبْلَغَ فِى الثَّنَاءِ

arti : Barangsiapa diperlakukan baik oleh orang lain kemudian ia berkata kepadanya “jazaakallah khairan” (semoga Allah membalasmu dengan kebaikan), maka ia telah memujinya dengan setinggi-tingginya. (HR. Tirmidzi, Al Albani berkata: “shahih”

sumber gambar :

Background photo created by freepik – www.freepik.com

1 komentar untuk “Jawaban Jazakallah Khair”

  1. Ping-kembali: Syafahullah artinya serta penulisan arab | Informasi TPQ Madin Pesantren

Silakan berkomentar

%d blogger menyukai ini: