Artinya Syafakillah Syifaan ajilan dan tulisan Arab


tulisan syafakillah syifaan ajilan arab

Syafakillah artinya dari bahasa arab ke Indonesia penjelasannya dengan kalimat syafakallah dan mengucapkan syafakillah untuk diri sendiri dilengkapi jawabannya.

pontren.com – assalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakaatuh, wilujeng enjang semuanya, ucapan syafakillah adalah kalimat yang lazim didengar sebagai ucapan untuk menjenguk orang sakit.

Bisa juga kalimat ini beredar di media sosial maupun whatsapp disertai dengan tulisan arab syafakillah beserta artinya dalam bahasa Indonesia.

Adakalanya si sakit akan bingung bagaimana cara menjawab atau apa jawaban syafakillah?

Ulasan berikut semoga dapat menjadi panduan bagaimana penggunaan kata syafakillah atau syafakallah yang tepat serta apa jawaban yang lazim untuk ucapan kalimat dimaksud.

Karena pembahasan yang agak panjang, maka akan dibagi menjadi sub bab sebagaimana dibawah ini.

itulah lima bahasan yang akan diulas pada artikel kali ini, akan dibuat sesederhana mungkin dan mudah dipahami bagi yang masih awam mengenai bahasa arab.

Langsung saja kita menuju ke pembahasan yang pertama mengenai arti dan terjemah dari syafakillah dilengkapi dengan akar katanya dari bahasa arab.

Arti syafakillah artinya

Secara bahasa, syafakillah berasal dari kata شفى- يشفي- شفاء yang bermakna menyembuhkan. Diambil dari syafaa kemudian ditambahkan dhamir ki (kamu perempuan) sehingga menjadi kata syafaaki.

Kemudian rangkaian syafaakillah merupakan gabungan dari kata syafaa + ki + Allah yang kemudian menjadi sebuah kalimat syafaakillah.

Dalam bahasa Inggris, dhomir disebut dengan kata ganti atau pronoun, jadi kata ki dalam syafakillah setara dengan you akan tetapi lebih spesifik dibedakan untuk perempuan.

Apabila diartikan perkata menjadi menyembuhkan kamu (perempuan), Allah.

Dengan demikian, secara terjemahan, syafakillah artinya adalah semoga Allah menyembuhkan kamu (untuk perempuan).

Kalau syafakillah ya zauji artinya apa? Maksudnya adalah semoga allah menyembuhkanmu wahai pasanganku, akan tetapi mestinya akan lebih baik lagi memakai kata syafakillah ya zaujati.

Bagaimana untuk ucapan kepada seorang laki laki atau pria saat menjenguk di rumah sakit atau melalui pesan whatsapp alias WA? Silakan baca kelanjutannya.

Syafakillah atau syafakallah

Penggunaan kata syafakillah atau syafakallah tergantung kepada siapa ungkapan atau ucapan ini disampaikan, jadi tidak ada benar atau salah dalam mengucapkannya.

Yang menjadi acuan adalah kepada siapa kata dimaksud diucapkan.

Dalam bahasa arab dikenal dengan dhomir, untuk bahasa inggris disebut sebagai kata ganti (pronoun).

Dan lebih sepesifik lagi, kata ganti orang kedua (kamu) dalam bahasa arab dibedakan antara kamu sebagai laki-laki, dan kamu untuk seorang perempuan.

Disinilah bagaimana pemilihan kalimat syafakillah atau syafakallah yang tepat, jangan rancu dalam penggunaannya baik dalam bahasa lisan maupun tulisan teks di media sosial.

Singkatnya begini, Untuk kata ganti kamu laki laki dalam bahasa arab dengan ka (كَ), sedangkan kata ganti bagi kamu perempuan menggunakan dhamir ki (كِ), maka kesimpulannya adalah sebagai berikut;

Mengucapkan semoga lekas sembuh untuk laki – laki menggunakan syafakallah
Mengucapkan semoga lekas sembuh untuk wanita atau teman perempuan dengan syafakillah.

Jangan tertukar, masa mengucapkan semoga segera sehat untuk teman yang ganteng dengan memakai kalimat syafakillah syifaan ajilan yang artinya semoga Allah menyembuhkan kamu (perempuan) dengan segera.

Atau ucapan kepada cewek imut yang keseleo kakinya dengan memakai kalimat syafakallah syifaan ajilan, yang artinya semoga Allah menyembuhkan segera untukmu (wahai cowok). Nampak salah kaprah banget khan.

Syafakillah syifaan ajilan teks arab dan terjemahnya

Untuk yang hendak turut mendukung rekannya yang sedang dalam kondisi tidak fit di rumah sakit atau mengalami kesusahan karena penyakit, anda dapat menyampaikan dalam kalimat kata bahasa arab Syafakillah syifaan aajilan (untuk perempuan.

Disini sudah kami siapkan tulisan syafakillah syifaan ajilan dalam teks arab maupun versi syafakallah lengkap dengan harakat dan syakalnya maupun model huruf arab gundul.

Langsung saja, here they are arabic text syafakillah completely

شَفَاكِ اللهُ شِفَاءً عَاجِلًا

Tulisan latin : syafakillah syifaan ‘aajilan artinya semoga Allah menyembuhkan kamu (perempuan) dengan segera.

شَفَاكَ اللهُ شِفَاءً عَاجِلًا

Syafaakallahu syifaan ‘aajilan artinya semoga Allah menyembuhkanmu (laki-laki) segera.

Untuk model teks arab gundul tentunya akan sama saja tulisannya baik syafakillah maupun syafakallah sebagaimana dibawah ini.

شفاك الله شفاء عاجلا

Secara teknis, tulisan ucapan semoga lekas sembuh dalam versi tulisan arab gundul ini lebih aman jika dipergunakan dalam bentuk teks tulisan karena dapat dibaca dengan syafakillah ataupun syafakallah, sehingga menghindarkan pengirim tulisan untuk disalahkan.

Apabila hendak mendoakan secara lengkap dengan doa kesembuhan, sampean bisa memakai doa dibawah ini yang bersumber dari hadits riwayat Imam Bukhari nomor 5742 dan hadits imam Muslim nomor 2191.

Berikut bunyi matan hadits dimaksud beserta tulisan teks dalam huruf arab serta latinnya.

اللَّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ مُذْهِبَ الْبَاسِ اشْفِ أَنْتَ الشَّافِى لاَ شَافِىَ إِلاَّ أَنْتَ ، شِفَاءً لاَ يُغَادِرُ سَقَمًا

ALLAHUMMA RABBAN NAAS MUDZHIBAL BA’SI ISYFI ANTASY-SYAAFII LAA SYAFIYA ILLAA ANTA SYIFAA’AN LAA YUGHAADIRU SAQOMAN.

Arti terjemah dalam bahasa Indonesia: “Ya Allah Wahai Tuhan segala manusia, hilangkanlah penyakitnya, sembukanlah ia. (Hanya) Engkaulah yang dapat menyembuhkannya, tidak ada kesembuhan melainkan kesembuhan dariMu, kesembuhan yang tidak kambuh lagi.”

Syafakillah untuk diri Sendiri

Ada kesalahan penafsiran orang yang awam bahasa arab akan tetapi semangat dalam mengucapkannya.

Sebenarnya tidaklah salah kalau ucapan syafakillah merupakan sebuah doa karena memiliki makna semoga segera sembuh.

Akan tetapi mengucapkan kata syafakillah untuk diri sendiri jika ditinjau dari segi tata bahasa Arab merupakan suatu kesalahan yang imut imut dan sangat unyu-unyu.

Kenapa begitu? Apabila anda membaca dari atas, maka anda dapat mengira dimana letak kesalahan mengucapkan sayafakillah untuk diri sendiri.

Letaknya adalah syafakillah memiliki arti semoga Allah menyembuhkan kamu (perempuan), jadi bagaimana bisa singkron apabila secara teknis bahasa kata ini dipakai diri sendiri padahal dalam tata bahasa arab ditujukan kepada lawan bicara.

Apabila ingin mengucapkan syafakillah untuk diri sendiri tentu perlu disesuaikan dengan kata ganti dari kamu (perempuan) menjadi diriku atau saya.

Maka lebih tepatnya anda mencari doa untuk kesembuhan diri sendiri, seperti contoh pada https://islam.nu.or.id/post/read/97195/ini-doa-untuk-kesembuhan-penyakit-diri-sendiri

Jawaban syafakillah

Apa jawaban dari ucapan syafakillah atau syafakallah? Masa dijawab dengan terima kasih? Wah gak imbang dong, nampak ketinggalan kereta, diucapin istilah arab dijawab dengan lokal.

Sebenarnya anda dapat menjawab dengan kata yang dikenal oleh orang di penjuru dunia ini, merupakan bahasa Universal, bukan hanya orang arab indonesia Islam saja, tapi di kalangan kristen katholik juga menggunakannya.

Kata apa itu?

Ucapkan aamiin, kalau dalam text inggris adakalanya ditulis Ameen. Intinya sama saja.

Apabila hendak menjawab dengan lebih berkelas, sampean dapat menggunakan kata dibawah ini, kami lampirkan juga teks arab dan latin sebagai jaga-jaga untuk membalas dengan seimbang dari yang mengucapkan.

Sampean dapat menggunakan kata jazakallah apabila yang mengucapkan adalah laki laki, apabila yang mengucapkan cewek atau wanita, silakan memakai kalimat jazakillah.

Akan tetapi saran saya apabila ucapan itu berupa teks arab, sampean kirim saja balasannya dengan memakai arab gundul supaya tidak ribet keliru dikritik salah penggunaan secara bahasa.

Here they are jazakallah jazakillah arabic text

جزاك الله – جَزَاكَ اللهُ – جَزَاكِ اللهُ

Mau ditambahkan dalam versi jazakallah atau jazakillah khairan katsiran juga selera saja, tinggal dipilih menyesuaikan situasinya.

Gambar DP WA Syafakillah

Dengan mengguritanya aplikasi perpesanan gratis whatsapp di abad 21 ini, apa apa banyak diunggah melalui status whatsapp maupun dijadikan DP WA.

Salah satunya apabila ada orang dekat, kawan teman yang sedang sakit pada memberikan doa dan dukungan melalui status maupun gambar Display Picture whatsapp.

Untuk melancarkan hal diatas, kami bagikan beberapa gambar DP syafakillah maupun gambar Status whatsapp syafakillah syafakallah yang di desain pas lebar panjang tingginya sebagai status di smartphone saya (semoga juga muat pas pada milik anda).

Di buat dalam bentuk ucapan dan disertakan doanya sebagaimana kami tuliskan diatas disertai arti dari doa dimaksud.

Gambar ini ada yang dibuat dalam versi JPEG, JPG maupun dalam format PNG yang dapat anda unduh download langsung dari blog ini yang diarahkan ke flickr yang kami kelola.

Pada settingan tersebut kami buat bisa dipergunakan oleh siapa saja dan apa saja gratis, akan tetapi bukan untuk komersial.

dp-wa-syafakillah
DP WA Syafakillah
status-whatsapp-syafakillah-syifaan-ajilan
status wa syafakillah untuk sahabat
status-wa-syafakillah
status wa untuk gebetan

Tidak banyak contoh gambar yang kami lampirkan, karena bikin gambar emang ribet, kalau praktis sampean bisa copy paste tulisan arab diatas sebagai tampilan status Whatsapp anda.

Monggo disimak, kalau anda longgar, sampean bisa iseng meninggalkan jejak komentar di blog ini.

Nah itulah ulasan mengenai kata dan ungkapan syafakillah, artinya beserta makna dan terjemah kedalam bahasa Indonesia, cara penggunaan, contoh gambar DP WA sekaligus tulisan teks arab baik versi lengkap harakat maupun arab gundul.

Bagi yang sedang tidak fit semoga lekas sembuh, untuk yang taksirannya sedang pilek panas atau di rumah sakit juga semoga sidia segera sehat.

Wilujeng siang, selamat berapapun, wassalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakaatuh.

monggo silakan komen atau tanya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.