jenjang-pendidikan-islam-nonformal

Pendidikan TPQ dan Madrasah Diniyah Tidak Nyambung secara Jenjang

Opini tentang kesinambungan jenjang pendidikan Pendidikan Diniyah dari Lembaga Pendidikan Al Qur’an (LPQ) yang terdiri dari TKQ, TPQ dan TQA serta Madrasah Diniyah Takmiliyah ditinjau dari menyambungnya jenjang pendidikan pada tingkatan yang lebih tinggi.

pontren.com – mengamati tentang pedoman dalam pelaksanaan lembaga LPQ (yang biasanya paling terkenal yaitu TPQ, sedangkan TKQ dan TQA jarang yang menyentuhnya) serta kaitan dengan kesinambungan pendidikan pada Madrasah Diniyah Takmiliyah yang berfungsi sebagai komplemen pada pendidikan agama di sekolah formal.

Baca;
Jenjang pendidikan pada Madrasah Diniyah Takmiliyah #
Jenjang pendidikan TPQ secara detil #
Jenjang pendidikan madin membuat saya bingung #

Saya berusaha untuk mengotak atik tentang jenjang pendidikan pada TKQ TPQ dan TQA dengan Jenjang pendidikan yang ada pada Madrasah Diniyah Takmiliyah.

Bagian yang di utak atik yaitu bagaimana menyatukan atau mencoba memahami pendidikan yang berkesinambungan berdasarkan jenjang pendidikan yang ada pada lembaga TPQ maupun Madin di kombinasikan dengan tingkatan anak didik pada sekolah formal semisal SD MI MTs maupun SLTP sampai dengan SMA bahkan Perguruan Tinggi.

Pun nantinya ada yang membantah atau berargumen yang berbeda atau menyalahkan, saya pribadi juga welcome menerima dengan lapang lapang dada terbuka selebar luas yang bisa dijangkau.

Untuk memahami apa yang saya otak atik, pertama akan kami sampaikan tentang data dan fakta mengenai jenjang pendidikan pada kedua lembaga ini.

Jenjang pendidikan Lembaga Pendidikan Al Qur’an (TKQ TPQ dan TQA)

back to TPQ
back to TPQ

Lembaga Pendidikan Al Qur’an memiliki 3 jenjang pendidikan yaitu;

TKQ ditempuh 2 tahun
TPQ ditempuh 3 tahun
TQA ditempuh 2 tahun

Masing masing lembaga memiliki jenjang yang disebut dengan level, yaitu

TKQ terdiri dari 2 level yaitu level a dan b
TPQ terdiri dari 3 level yaitu level a, b, dan c
TQA terdiri dari 2 level yaitu a dan b

Dengan asumsi bahwa TKQ 2 level maka untuk anak yang sekolah pada paud TK mestinya berada pada jenjang pendidikan di tingkatan ini. Setelah lulus dan memasuki madrasah ibtidaiyah atau sekolah dasar maka sang anak naik pada jenjang TPQ, kelas 1 berada di level a, kelas 2 di level b dan kelas 3 mi atau SD berada pada jenjang pendidikan TPQ level C.

Itu yang dapat dipahami secara analisa pribadi. Selanjutnya jika memilih TQA sebagai lanjutan pendidikan pasca kelulusan Taman Pendidikan Alquran level C maka sang anak berada pada jenjang pendidikan kelas 4 dan disaat kelas 5 dia ada pada TQA level b.

Terus kelas enam sekolah dasar atau mi, sang santri melanjutkan pendidikan kemana? Ke madrasah diniyah takmiliyah?? Mau masuk jenjang apa kalau dia lulus TQA disaat kelas 5 naik kelas enam? Diketahui bahwa madrasah diniyah awaliyah terdiri dari 4 jenjang pendidikan.

Jenjang pendidikan Madrasah Diniyah Takmiliyah

santri Madrasah Diniyah Takmiliyah sedang belajar (ilustrasi)
santri Madrasah Diniyah Takmiliyah sedang belajar (ilustrasi)

Untuk madin terdiri dari beberapa tingkatan yaitu;

Madrasah Diniyah Takmiliyah awaliyah
Madrasah diniyah takmiliyah wustha
Madrasah diniyah takmiliyah ulya
Madrasah diniyah takmiliyah aljamiah

Dan pada masing masing jenjang madin ini memiliki kelas atau tingkatan sebagai berikut;

Madin Awaliyah dibagi menjadi 4 tingkatan
Madin wustha terdiri dari 2 tingkatan
Madin ulya terdiri dari 2 tingkatan
Madin aljamiah entah berapa tingkat yang diperlukan, bisa jadi di desain 6 tingkat mengakomodasi 6 semester pendidikan di kampus.

Itulah data dan fakta mengenai lembaga pendidikan madrasah diniyah takmiliyah.

analisa usia santri dan jenjang pendidikannya pada sekolah formal SD dan MI

Sekarang mari kita coba menganalisa umur atau usia anak santri dan tingkat pendidikan formal pada lembaga di gabungkan dengan kedua lembaga ini.

Anak tk a belajar di tkq level a
Anak tk b belajar di tkq level b
Anak kelas 1 sd/mi belajar di TPQ level a
Anak kelas 2 sd/ mi belajar di TPQ level b
Anak kelas 3 sd/mi belajar di TPQ level c

Sampai disini tidak ada masalah atau problem kecuali permasalahan dana dan sumber daya manusia yang mengajar.

Setelah lulus dari TPQ, apakah anak akan melanjutkan ke TQA atau ke Madrasah Diniyah Takmiliyah?

Dengan asumsi melanjutkan ke TQA maka sang anak melanjutkan pembelajaran selama 2 tahun, berikut infonya

Kelas 4 SD/MI belajar di TQA level a
Kelas 5 SD/MI belajar di TQA level B -> anak lulus

Disini masalah kesinambungan pembelajaran muncul, disaat usia kelas enam, secara teknis juknis terdapat blind spot untuk jenjang lanjutan lulusan TQA.

Mau lanjut ke madrasah diniyah takmiliyah? kita lihat gambaran tentang desain madin sebagai komplemen pendidikan.

lulusan wisuda TPQ
ilustrasi wisuda santri putri

Berdasarkan asumsi saya, anak kelas 1 dan kelas 2 sd sepertinya tidak atau belum bisa memasuki pembelajaran pada Madrasah Diniyah Takmiliyah awaliyah yang terdiri dari 4 jenjang pendidikan.

Karena sang anak masih belajar dalam kegiatan belajar membaca alquran. Jadi asumsi saya santri yang belajar pada kelas 1 madrasah diniyah takmiliyah adalah murid pada sekolah formal kelas 3 pada SD atau MI, dengan analisa bahwa mereka kelas 6 lulus pendidikan Madin bersamaan dengan kelulusan dari lembaga MDTA.

Problem yang didapat adalah, berdasarkan jenjang pendidikan LPQ, anak lulusan TPQ yang menempuh lengkap level Taman Pendidikan alquran berada pada kelas 3 naik kelas 4, sehingga tidak match antara permulaan pendidikan madrasah diniyah awaliyah dimulai awal masuk kelas 3 SD atau MI.

Sedangkan lulusan TPQ adalah anak yang memasuki pendidikan kelas 4 SD atau MI, disini terdapati lagi 1 ketidaknyambungan dalam jenjang pendidikan.

Blind Spot dan penumpukan jenjang pada pendidikan Islam Nonformal

blind-spot-dan-jenjang-yang-bertumpuk

Dari opini saya pribadi bahwa terdapat blind spot (lulusan TQA berada pada kelas 5naik kelas 6) dan dan double level pendidikan yang bertabrakan (TPQ level C dengan Jenjang pendidikan Madin kelas 1 dimana sama sama berada pada kelas 3 pendidikan formal baik pada SD atau MI.

Belum lagi kalau anda menganalisa jenjang madin pada level wustha dan ulya, terdapat blind spot pada kelas 3 karena madin wustha dan ulya hanya mempunyai 2 level pendidikan.

Sampai saat ini saya belum menemukan kenapa setting dari jenjang pendidikan pada TPQ maupun madin seperti itu, dan harapan kami dapat memberikan pencerahan kepada kami bagaimana sebenarnya filosofi dan arah tujuan dalam setting jenjang tingkat pendidikan pada lembaga pendidikan Islam non formal khususnya LPQ yang terdiri dari TKQ TPQ TQA dan Madin baik jenjang awaliyah wustha ulya dan aljamiah.

loading...

Silakan berkomentar