Term-of-reference-TOR-Hari-Santri

TOR Hari Santri

Term of Reference TOR Peringatan Hari santri tanggal 22 Oktober tahun 2019 bersumber dari Direktorat Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren (Ditpdpontren) Kementerian Agama Republik Indonesia

pontren.com – Assalamualaikum para kalangan santri di segala penjuru tanah air, sugeng enjang good morning sobaahul khaer, semoga semangat dipagi hari membuahkan solusi untuk segala problematika maupun pekerjaan yang harus diurai dan di selesaikan.

Baca;
Logo Hari santri 2019
Informasi tentang Hari Santri 22 Oktober
Teks Syair Lagu Hari Santri

Semalem mendapat share kiriman surat dalam format PDF tentang surat edaran tentang peringatan Hari Santri di lingkungan Kementerian Agama Republik Indonesia, didalamnya terdapat link tautan yang menuju kepada logo peringatan hari santri beserta Term of reference Hari Santri.

Setelah mencoba mengikuti link tautan pada file format PDF tersebut ternyata tidak menghasilkan sebagaimana yang diharapkan alias tautan pada file dimaksud tidak ada informasi tentang logo maupun TOR Hari santri tahun 2019.

Kemudian cari cari saja lewat situs resmi milik kemenag yang saya pribadi meyakini informasi tentang tor ini ada dalam website yang dikelola oleh Kementerian Agama Republik Indonesia di Jakarta ini.

Sebelum mengunduh atau download TOR Hari Santri 2019 dalam format PDF, berikut sekilas tentang apa itu arti Term Of Reference alias TOR. Diyakini para PNS ASN banyak yang mendengar tentang istilah ini, tapi entah berapa persen yang memahami apa sih itu arti dari TOR, saya yakin tidak semua paham tapi saya juga yakin lebih banyak yang memahaminya dibanding yang tidak tahu.

Pengertian TOR Hari Santri

santriah roudlotul mubtadiin 2
santriah roudlotul mubtadiin 2

Yang dimaksud dengan TOR Hari Santri 2019 adalah (versi saya sendiri lho ya) Term of Reference (TOR) adalah gambaran tujuan peringatan Hari santri, ruang lingkup dan struktur sebuah proyek kegiatan maupun kepanitiaan untuk bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama yang dalam hal ini adalah peringatan hari santri 22 Oktober di Tahun 2019.

Dengan begitu dalam tor ini menjadi petunjuk dan batasan apa yang perlu dilakukan dalam rangka peringatan hari santri dan sangat bisa sekali menjadi pedoman dasar dalam kegiatan yang berkaitan dengan Hari santri pada tanggal 22 Oktober nantinya.

Pokok Isi Tor Hari Santri Kemenag

Berikut adalah pokok inti yang terdapat dalam term of reference Hari Santri yang di rilis Kementerian Agama RI melalui website ditpdpontren.

peringatan Hari Santri 2019 mengusung tema

“Santri Indonesia untuk Perdamaian Dunia”

tema hari santri tahun 2019

Setidaknya ada sembilan alasan dan dasar mengapa pesantren layak disebut sebagai laboratorium perdamaian yaitu;

Pertama; Kesadaran harmoni beragama dan berbangsa;
Kedua; Metode mengaji dan mengkaji;
Ketiga; Para santri biasa diajarkan untuk khidmah (pengabdian);
Keempat; Pendidikan kemandirian, kerja sama dan saling membantu di kalangan santri;
Kelima; Gerakan komunitas seperti kesenian dan sastra tumbuh subur di pesantren;
Keenam; Lahirnya beragam kelompok diskusi dalam skala kecil maupun besar;
Ketujuh; Merawat khazanah kearifan lokal;
Kedelapan; Prinsip Maslahat (kepentingan umum) merupakan pegangan yang sudah tidak bisa ditawar lagi oleh kalangan pesantren;
Kesembilan; Penanaman spiritual. Tidak hanya soal hokum Islam (fikih) yang didalami, banyak pesantren juga melatih para santrinya untuk tazkiyatunnafs, yaitu proses pembersihan hati.

Pada bagian akhir tulisan pada tor tertulis kata kata sebagai berikut;

Demikian Term of Reference ini disusun sebagai acuan pelaksanaan Peringatan Hari Santri 2019. Apabila terdapat kekeliruan akan dilakukan perbaikan seperlunya.

Download TOR Hari Santri PDF

Untuk mengetahui secara lengkap isi dari TOR Hari santri Kemenag, anda dapat melihat atau review sebelum mengunduh melalui tautan yang akan dibagikan.

Berikut tampilan review file PDF dari Term of reference Hari Santri

Apabila anda berkehendak untuk mengunduhnya dapat didownload melalui tautan link berikut;

Download TOR Hari Santri 22 Oktober 2019

Demikian informasi tentang Term Of Reference atau biasa disingkat dengan TOR Hari santri yang dapat dipergunakan dalam proposal kegiatan atau dimasukkan dalam laporan pertanggungjawaban dalam rangka peringatan hari santri.

Semoga menambah wawasan dalam berkegiatan.

Sugeng siang, sugeng makaryo, beraktivitas, wassalamu’alaikum warahmatullahi wa barakatuh.

Silakan berkomentar

%d blogger menyukai ini: