Jadwal Mengajar Guru Madrasah Diniyah Takmiliyah

Posted on
Jadwal Mengajar Guru Madrasah Diniyah
Muslimah Sarajevo

pontren.com – download contoh jadwal mengajar guru Madin format doc tingkat Awwaliyah Wustha Ulya MDT MDTA MDTW MDTU DTA beserta jam mengajar sesuai buku pedoman dari Kementerian Agama Republik Indonesia di Jakarta.

Assalamu’alaikum para pengasuh lembaga pendidikan Diniyah Takmiliyah, berikut adalah contoh jadwal mengajar bagi ustadz ustadzah Madrasah Diniyah yang pembuatannya mengacu kepada buku pedoman terbitan Kemenag RI.

baca;

Apa saja sih yang dijadikan pedoman dalam pembuatan ini? Memang ada aturan dan ketentuan ya dalam jadwal mengajar?

Sebenarnya bukan ketentuan mengajarnya yang menjadi acuan, akan tetapi jumlah jam pelajaran dalam satu minggu dan durasi menit untuk satu jam pelajaran.

Berikut adalah patokan dalam pembuatan jadwal mengajar jam pelajaran ini untuk diketahui bagi yang menginginkan mengunduhnya.

Pertama, jadwal ini dibuat dengan alokasi waktu menit dalam 1 jam pelajaran sebagai berikut;

  • 30 menit untuk 1 jam pelajaran madin Awwaliyah kelas 1
  • 40 Menit untuk 1 jam pelajaran madin Awwaliyah kelas 2, 3 dan 4
  • 45 Menit untuk 1 jam pelajaran madin Wustha dan Ulya pada setiap kelas

Kedua, Mata pelajaran terdiri dari 7 pelajaran ditambah muatan lokal, adapun pelajaran dimaksud adalah Qur’an, Hadist, Aqidah, Akhlak, Fiqih, Tarikh Islam, Bahasa Arab, dan muatan lokal

Ketiga, alokasi jam mengajar sudah mengikuti petunjuk dalam buku dimaksud, misalnya pelajaran al Qur’an untuk MDT awwaliyah adalah 4 jam dalam satu minggu, dan seterusnya

Keempat, jumlah jam pelajaran dalam seminggu berjumlah 18 jam, dimana dari 7 pelajaran tersebut dibagi bagi dengan sedemikian rupa sehingga mencapai batasan 18 jam dalam satu minggu.

Kelima, satu pelajaran diampu oleh seorang ustadz atau ustadzah, dimana ini berdasar kepada standar pelayanan minimum MDT.

contoh jadwal Mengajar Ustadz TPQ
Muslimah di Tiongkok

Catatan lain, waktu dimulai dan akhir dari pembelajaran adalah inisiatif saja tanpa adanya patokan kapan jam pelajaran dimulai sehingga nanti para kyai asatidz bisa menyesuaikan dengan lembaga masing masing.

Contoh ada Lembaga Madin yang dimulai jam 14.00 WIB, tinggal disesuaikan jam yang ada, atau ada yang mulai pelajaran setelah magrib, tinggal edit jam jam yang telah dicontohkan.

Bagaimana tentang kurikulum dari pelajaran diatas? Dalam buku panduan disebutkan bahwasanya urusan kurikulum diserahkan kepada lembaga wilayah masing masing sesuai dengan kearifan lokal.

Dengan begitu pengelola Madrasah Diniyah Takmiliyah bebas (tapi bertanggungjawab ya) dalam membuat kurikulum serta muatan isi yang diajarkan.

Jadwal Guru Madin untuk apa?

Secara administrasi, umumnya pembuatan jadwal ini dibuat untuk keperluan yang diantaranya adalah sebagai berikut ;

  1. Keperluan administrasi lembaga
  2. Keperluan administrasi pencairan BOP Lembaga
  3. Keperluan Pencairan Insentif Guru Madin

Kalau keperluan yang lain sih sepertinya saya belum mendapati kegunaanya untuk apa, anda punya informasi kegunaan jadwal ini selain hal diatas?

Download Jadwal Mengajar Guru Madrasah Diniyah Takmiliyah

download-file-pontren
download-file-pontren

Berikut adalah contoh file jadwal mengajar Ustadz Ustadzah Madrasah Diniyah dalam format doc bisa diunduh untuk dipergunakan sesuai keperluan yang ada.

Demikian informasi tentang contoh penjadwalan mengajar untuk guru madin, semoga ada manfaat yang bisa diambil dan menambah kemudahan para pengasuh MDT dalam kepengurusan administrasi, insentif maupun bantuan.

Wassalamu’alaikum Wa rahmatullah Wa Barakatuh.

loading...
loading...
Gambar Gravatar
Postingan baru : Kami usahakan Jadwal hari Senin dan Jumat akan ada tambahan postingan artikel baru. Terima kasih sudah menyimak. saran dan kritik serta sumbangan artikel kami tunggu. contact info : cspontren@yahoo.com twitter : PontrenDotCom FB : Gadung Giri

Silakan berkomentar