buku pedoman penyelenggaraan madrasah diniyah takmiliyahPontren.com – informasi mengenai penulisan Madrasah Diniyah Takmiliyah dalam huruf hijaiyah atau Bahasa Arab yang bisa dicopy dan ditempel pada words maupun media lain yang diperlukan.

Sebelumnya untuk mengingatkan kembali bahwasanya Madrasah Diniyah Takmiliyah termasuk dalam kategori Pendidikan Diniyah nonformal. Aturan ini dapat dilihat dalam peraturan menteri agama nomor 13 Tahun 2014.
Penyelenggara lembaga ini adalah masyarakat dengan ketentuan jumlah jam pelajaran yang sudah diatur oleh pemerintah dalam hal ini kemenag.

Baca :

Terkait kurikulum, disebutkan bahwa urusan ini diserahkan kepada pengelola menyesuaikan dengan situasi dan kondisi lingkungan.
Selanjutnya bagi madrasah diniyah takmiliyah yang telah memiliki santri sejumlah 15 diwajibkan untuk mendaftarkan lembaganya tersebut kepada Kementerian Agama melalui Kankemenag Kabupaten Atau kota yang nantinya akan mendapatkan piagam terdaftar sebagai bukti telah memiliki landasan hukum secara kelembagaan.

Madrasah diniyah berkedudukan sebagai pendidikan islam nonformal yang berbasis masyarakat. Dimana lembaga ini secara kelembagaan berada dibawah pembinaan Kepala Kantor Kemenag Kabupaten atau Kota lewat Seksi PD Pontren atau Pendidikan Agama & Keagamaan Islam (PAKIS).

Arti Madrasah Diniyah Takmiliyah

Secara umum, kata Madrasah Diniyah Takmiliyah merupakan kata atau kalimat dari Bahasa Arab yang terdiri dari 3 yaitu

  1. Madrasah yang berarti tempat belajar
  2. Diniyah dan Keagamaan
  3. Takmiliyah Kelengkapan

Dengan begitu, secara bahasa dalam kata diatas MDT merupakan tempat belajar keagamaan sebagai pelengkap pendidikan bagi anak didik di sekolah formal.

Tulisan Arab Madrasah Diniyah Takmiliyah

Dibawah ini akan dicontohkan tentang tulisan Madrasah Diniyah Takmiliyah dalam Huruf Hijaiyah atau Arab. Dalam format yang bisa di copy paste bukan dalam bentuk gambar baik model GIFT atau PNG. Berikut contoh tulisannya

المدرسة الدينية التكميلية
المدرسة الدينية التكميلية الاولية
المدرسة الدينية التكميلية الوسطي
المدرسة الدينية التكميليةاالعلىا

Demikian tentang cara penulisan huruf arab madrasah diniyah takmiliyah baik Awwaliyah wustha ulya. Semoga lembaga ini semakin maju berkembang dan bisa menjadi barometer pendidikan keagamaan yang menghasilkan santri anak didik kualitas unggul dalam keilmuan dan akhlak.

loading...