Pratelan Ngisor iku Golekana Bebasan utawa Saloka Sing Wis Cumawis Ing Ngisore!

Paribasan Bebasan Lan Saloka Ing Ngisor Iki Tegesana

Pratelan dalam bahasa Indonesia memiliki arti daftar. Jadi dalam soal berbahasa Jawa ini anda diminta untuk mencari bebasan ataupun saloka yang sudah tersedia dengan jawaban yang ada di bagian bawahnya.

Dalam pengertian Bahasa Jawa Bebasan yaiku : unen-unen kang ajeg panganggone, ngemu surasa pepindhan kang dipindhakake kahanane wong utawa barang.

Sedangkan pengertian saloka dalam basa Jawa yaiku unen-unen kang ajeg panganggone, ngemu surasa pepindhan lan sing dipindhakake kahanane wong.

Berikut adalah contoh pertanyaan bebasan atau saloka dengan menggunakan bahasa jawa beserta pilihan Jawabannya.

Pratelan ngisor iku golekana bebasan utawa saloka sing wis cumawis ing ngisore!

  1. perkara sepele ngambra-ambra dadi gedhe.
  2. melu anut grubyuk ora ngerti arah tujuwane.
  3. Bisa njunjung drajate wong tuwa.
  4. Nindakake pagawean kanthi lega lila ora duwe pamrih apa-apa.
  5. Prabot sing rusak amarga ora digunakake.
  6. Wong sing seneng janji nanging ora dileksanani.
  7. Wong sing duwe kapinteran nanging ora dimanfaatke nganti saat akhire.
  8. Wong sing rupane apik ditambah becik bebudene.
  9. Pasulayan amung ngrebutake barang sing ora ana gunane.
  10. Wong uripe rekasa amarga omongane dewe.

Adapun pilihan Jawabannya adalah sebagai berikut;

a. Belo melu seton
b. Mikul dhuwur mendhem jero
c. Emprit abuntut bedhug
d. Sepi ing pamrih rame ing gawe
e. Wastra lungset ing sampiran
f. Tekek mati ing ulone
g. lahang karoban manis
h. Jurang growah ora mili
i. Kebo bule mati setra
j. Madu balung tanpa isi

Mari kita bahas satu persatu wangsalane utawa salokane tembung-tembung kang ana ing ndhuwur

Perkara sepele ngambra-ambra dadi gedhe Salokane yaiku

Perkara sepele ngambra-ambra dadi gedhe salokane yaiku emprit abuntut bedhug.

Artinya permasalahan yang remeh alias kecil (sepele) kemudian berkembang kemana – mana (ngambra-ambra) menjadi besar. Tembung saloka yang benar untuk situasi ini adalah emprit abuntut bedhug.

Emprit adalah burung pipit. Yaitu jenis burung yang kecil, suka memakan biji – bijian (seringnya tanaman padi) yang suka hidup berkelompok.

Adapun bedhug bahasa Indonesianya adalah beduk (bukan bedug ya, karena dalam KBBI yang benar adalah beduk). Beduk adalah genderang besar yang ditabuh.

Dari sini saloka ini menggambarkan burung pipit (manuk emprit) yang berekor beduk (alat tabuh atau genderang yang sangat besar) menggambarkan suatu permasalahan remeh temeh yang berbuntut menjadi persoalan yang besar dan merembet kemana mana.

melu anut grubyuk ora ngerti arah tujuwane Salokane

belo melu seton

melu anut grubyuk ora ngerti arah tujuwane tembung Salokane yaiku belo melu seton.

Ungkapan ini menggambarkan orang yang hanya ikut – ikutan orang lain tanpa mengerti apa maksud dan tujuannya.

Kenapa menggunakan ungkapan tembung saloka belo melu seton?

Secara singkat belo atau anak kuda yang ikut-ikutan kemanapun ibunya (si kuda) pergi pada kegiatan hari sabtu.

Pada Zaman dahulu, hari sabtu adalah jadwal latihan para prajurit. Karena belo ini tidak bisa dipisahkan dengan induknya, maka dia ikut saja pergi bersama induknya pada hari sabtu ke tempat latihan tanpa mengetahui apa maksud dan tujuan kegiatan di hari sabtu itu.

Oleh karenanya maka saloka Belo Melu Seton Tegese yaiku anut grubyuk sanajan ora ngerti dhodhok selehe.

Bisa Njunjung Drajate Wong Tuwa Bebasane

mikul dhuwur mendhem jero

Bisa Njunjung Drajate Wong Tuwa Bebasane yaiku Mikul dhuwur mendhem jero.

Pepatah Jawa yang maksudnya menjunjung atau mengangkat derajat orang tua adalah mikul dhuwur mendhem jero.

Mikul dhuwur artinya adalah memikul dengan tinggi, sedangkan mendhem jero artinya adalah mengubur dengan dalam-dalam.

Makna dalam bebasan ini yaitu kepada orang tua semestinya untuk mikul duwur, mengangkat derajatnya, harkat martabat, mengingat – ingat jasa – jasanya.

Dan kemudian juga untuk mendhem jero (mengubur dalam dalam) yang maksudnya yaitu menutup aib-aibnya, melupakan kesalahan maupun kekeliruannya.

Jadi dalam falsafah Jawa ini untuk senantiasa mengangkat derajat orang tua dan juga menutupi aib kedua orang tua maupun keluarga.

Nindakake pagawean kanthi lega lila ora duwe pamrih apa-apa

sepi ing pamrih rame ing gawe

Nindakake pagawean kanthi lega lila ora duwe pamrih apa-apa Paribasane utawa salokane yaiku Sepi ing pamrih rame ing gawe.

Lega lila itu artinya adalah dengan lega hati, sedangkan lila artinya yaitu rela.

Kalau dalam bahasa Indonesia atau Bahasa Agama kita akan cepat menjawab dengan kata kata “ikhlas”.

Secara harfiah, artinya sepi ing pamrih adalah sepi atau tidak ada maksud tersembunyi untuk memperoleh keuntungan pribadi. Sedangkan rame ing gawe yaitu ramai alias banyak dalam bekerja.

Kalau kita menggabungkan ungkapan ini sehingga memiliki makna ramai dalam melakukan pekerjaan namun sepi atau tidak ada motif untuk mencari keuntungan pribadi.

Prabot sing rusak amarga ora digunakake

Prabot sing rusak amarga ora digunakake bebasane yaiku wastra lungset ing sampiran. Dalam ungkapan lain memakai kata lungsêd.

Artinya adalah perabot yang rusak karena tidak dipergunakan atau dipakai peribahasanya adalah wastra lungsed ing sampiran.

Wastra artinya yaitu pakaian atau jarit (kain yang dililitkan pada tubuh, biasanya untuk kemben dan motifnya batik) yang lungsed (sudah tampak kusam, lama, tidak baru, tidak terawat) di gantungan.

Dalam falsafah jawa ini menggambarkan keadaan tidak dipergunakannya barang atau kepintaran seseorang sehingga menjadi rusak atau tidak terawat.

Contoh dalam hal kepandaian, jika orangtersebut lama tidak mempraktekkannya atau menggunakan ilmunya, bisa jadi dia akan lupa dalam pengejawantahan kemampuannya.

Wong sing seneng janji nanging ora dileksanani

Wong sing seneng janji nanging ora dileksanani bebasane yaiku jurang grawah ora mili.

Salah satu pepatah Bahasa Jawa yang menggambarkan orang yang suka berjanji namun tidak menepati adalah jurang growoh ora mili.

Apa itu jurang grawah/growoh (dalam tulisan lain menulisnya dengan growah)?

Dalam bahasa Jawa, arti grawah grawah yaitu suara air yang mengalir. Dalam hal ini jurang grawah adalah jurang mengalirnya aliran air.

Namun sayangnya ora mili yang artinya adalah tidak mengalir alias tidak ada airnya.

Ungkapan ini bisa mengandung arti pelit, juga dapat pula memiliki makna banyak berjanji namun hanya pepesan kosong saja janji-janjinya.

Wong sing duwe kapinteran nanging ora dimanfaatke nganti saat akhire Salokane yaiku

kebo bule mati setra

Wong sing duwe kapinteran nanging ora dimanfaatke nganti saat akhire salokane yaiku kebo bule mati setra.

Orang yang memiliki keahlian kecerdikan serta kepandaian, namun tidak dipergunakan sampai akhir tembung saloka ungkapan ini adalah kebo bule mati ing setra.

Kebo bule artinya yaitu kerbau yang memiliki warna kulit putih seperti orang bule. Adapun setra artinya yaitu tempat pembuangan bangkai.

Jadi ada kerbau yang berwarna bule (unik, berbeda dengan kerbau biasa lainnya) yang mati di tempat pembuangan bangkai. Falsafah Jawa ungkapan ini yaitu kecerdikan seseorang yang tidak dipergunakan sampai ajal menjemputnya.

Wong sing rupane apik ditambah becik bebudene Salokane

lahang karoban manis tegese

Wong sing rupane apik ditambah becik bebudene Salokane yaiku lahang karoban manis.

Gambaran orang Jawa tentang orang yang cantik ataupun ganteng (rupane ayu utawa bagus) dan juga memiliki perilaku sopan santun tindak tanduk yang baik adalah lahang karoban manis.

Arti lahang yaitu legen yang dalam bahasa Jawa artinya adalah manisan. Sedangkan karoban artinya adalah kena banjir (dari laut).

Karoban berasal dari kata rob yang artinya adalah banjir karena naiknya air laut.

Adapun kata manis artinya adalah rasa manis atau rasanya gula. Sehingga dalam ungkapan ini ada manisan yang kebanjiran dengan rasa manis. Dampaknya adalah semakin menjadi-jadi manisnya.

Hal ini menggambarkan falsafah jawa yang menggambarkan orang yang memiliki paras rupawan (ganteng jika laki-laki, cantik kalau perempuan) dengan postur tubuh bagus, dan juga memiliki akhlak yang mulia.

Pasulayan Amung Ngrebutake Barang Sing Ora Ana Gunane

madu balung tanpa isi

Pasulayan amung ngrebutake barang sing ora ana gunane bebasane yaiku Madu balung tanpa isi

Pepatah Jawa ini menggambarkan pasulayan (pertikaian) yang hanya memperebutkan sesuatu hal yang tidak ada manfaatnya atau tanpa ada gunanya.

Bebasane yaiku madu balung tanpa isi. Artinya madu bukan cairan manis yang berasal dari lebah. Namun berasal dari kata padu yang artinya adalah bertikai.

Dalam hal ini yang menjadi pertikaian yaitu balung tanpa isi (tulang yang tidak ada isinya). Maknanya yaitu sesuatu yang tidak ada harganya.

Wong uripe rekasa amarga omongane dewe Bebasane yaiku

tekek mati ing ulone

Wong uripe rekasa amarga omongane dewe Bebasane yaiku tekek mati ing ulone.

Ungkapan bijak bahasa Jawa ini menggambarkan orang yang berkesusahan atau menemui kesulitan karena perkataannya sendiri. Yang bunyi tembung bebasan ungkapan ini yaitu tekek mati ing ulone.

Secara harfiah, ungkapan tekek mati ing ulone adalah tokek yang mati karena tenggorokannya. Maknanya yaitu penyebab kematian tokek ini yaitu karena tenggorokannya (sumber suara) sendiri.

Dengan begitu falsafah ini memberikan gambaran bahwasanya ucapan seseorang dapat mengakibatkan kecelakaan atau kesusahan apabila tidak berhati-hati dalam berbicara.

Sudah banyak contoh dan kasus, apalagi masa sekarang dengan pesatnya perkembangan teknologi informasi. Kasus pencemaran nama baik, perbuatan tidak menyenangkan banyak yang bermula dari unggahan di media sosial baik berupa status tulisan maupun ucapan melalui video.

Demikianlah rangkuman jawaban materi pelajaran Basa Jawa Pratelan ngisor iku golekana bebasan utawa saloka sing wis cumawis ing ngisore! Maturnuwun sudah mampir, wassalamu’alaikum.

Ibnu Singorejo

Postingan baru : Kami usahakan Jadwal hari Senin dan Jumat akan ada tambahan postingan artikel baru. Terima kasih sudah menyimak. saran dan kritik serta sumbangan artikel kami tunggu. contact info : cspontren@yahoo.com twitter : PontrenDotCom FB : Gadung Giri

Tinggalkan Balasan