Tembung Panyandra Rambute (Golekana Tembung Panyandrane)

Tembung Panyandra Rambute (Golekana Tembung Panyandrane)

Golekana tembung panyandrane
a. Rambute
b. Pangandikane
c. Lembehane
d. Pamidhangane

pontren.com – assalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuhu, rambut adalah mahkota pria maupun wanita.

Dalam menggambarkan keindahan atau bagusnya mahkota perempuan atau laki-laki ini dalam Bahasa Jawa memiliki beberapa ungkapan.

Adapun beberapa tembung panyandra rambute yaiku;

  • Ngandhan-andhan
  • Ngombak banyu
  • Ngembang bakung

Mula iku candrane rambut kang apik diarani ngembang bakung, ngombak banyu, utawa ngandhan-andhan.

Dalam Bahasa Jawa, pujian untuk rambut yang indah adalah berbentuk seperti bunga bakung, ombak air, atau bagaikan andha atau anak tangga (alat untuk naik).

Bagaimana sih maksudnya? Berikut penjelasannya dalam Basa Jawa dan arti terjemahnya kedalam Bahasa Indonesia.

Candrane Rambute Ngombak Banyu (Tembung Panyandrane)

Tegese tembung panyandra rambut ngombak banyu yaiku rambute kaya ombaking banyu (melengkung apik). Artinya adalah rambutnya seperti ombak air, maksudnya yaitu melengkung indah.

Apabila anda melihat pantai, anda akan menemui ombak air yang datang bergulung-gulung secara teratur. Dalam khazanah budaya Jawa, maksud dari rambut indah salah satunya yaitu melengkung secara teratur.

Jadi meskipun panjang namun ada ornamen lengkungan pada bagian rambutnya. Sehingga membuatnya tampak indah dan aduhai bagi yang menyukainya.

Contoh kalimat atau tuladha ukara candrane rambute misalnya adalah : Kancaku nduwe rambut dawa, rambute ngombak banyu. Artinya adalah : Teman saya rambutnya panjang, rambutnya berombak seperti ombaknya air.

Contoh pemilik rambut ombak banyu (versi saya) di kalangan artis misalnya adalah : Krisdayanti, Song Hye-kyo, Naysilla Mirdad, Acha Septriasa, dan lain sebagainya.

Rambute ngandhan andhan (Tembung Panyandra rambut kang apik)

panyandra rambute ngandhan-andhan

Tefese tembung panyandra rambute ngandhan-andhan yaiku dawa lurus apik kaya andha. Andha yaiku piranti kanggo munggah.

Maksud ngandhan-andhan merujuk pada andha yaitu tangga, bertingkat, dan tinggi. Jadi rambut ngandhan-andhan adalah rambut yang panjang tinggi dan lurus namun sedikit bergelombang.

Contoh artis pemilik rambut ngandhan andhan misalnya adalah Tamara Bleszynski, Pevita Pierce, Titi Kamal, Siti Badriyah, dan lain sebagainya.

Tuladha ukara atau contoh kalimatnya adalah sebagai berikut ini.

Kancaku ayu banget, pakulitane ngulit langsep, rambute ngandhan-andhan. Artinya adalah : Teman saya sangat cantik, kulitnya kuning cerah halus mulus dan rambutnya panjang serta lurus.

Rambute Ngembang Bakung (candrane rambut kang apik)

Tegese tembung panyandra rambute ngembang bakung yaiku rambut kang apik bentuke kadya kembange bakung (bentuke ngombak mlengkung).

Ungkapan dalam khazanah budaya Jawa tentang rambut selanjutnya yaitu bentuknya melengkung seperti bunga bakung.

Gawea tuladha ukara nganggo tembung panyandra rambute ngembang bakung!

Berikut ini adalah contohnya dalam Bahasa Jawa.

Bintang iklan sampo iku ayu banget, rambute ngembang bakung. Artinya adalah model iklan sampo itu sangat cantik, rambutnya melengkung sebagaimana bunga bakung.

Contoh artis pemilik model rambut ngembang bakung misalnya adalah : ikke Nurjanah, Cita Citata, Nella Kharisma, Raisa, dan lain sebagainya.

Dari kesimpulan ini, sepertinya rambut lurus sebenar-benarnya lurus tidak masuk dalam kategori jenis rambut yang memukau. Namun begitu selama anda merawatnya kelihatan sehat indah berkilau saya yakin mahkota anda tetaplah kelihatan indah cantik menawan. Maturnuwun sudah mampir, wassalamu’alaikum.

Tentang

salam blogger

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*