10 Perguruan Tinggi Islam Terbaik di Indonesia (Webometrics)

10 Perguruan Tinggi Islam Terbaik di Indonesia (Webometrics)

Daftar 10 Perguruan Tinggi Islam (PTKIN / Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri) kampus Islam mengacu kepada peringkat versi webometrics pada tahun 2024.

pontren.com – assalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuhu. Dalam daftar ini UIN Sunan Gunung Djati Bandung menempati peringkat paling atas sebagai perguruan Tinggi Islam Negeri di Indonesia.

Apa itu webometrics?

Menurut Isidro. F. Aguillo dalam tulisan ‘Rangking Web of Universities, Motodology’ Webometrics adalah pemeringkatan akademik terbesar dari institusi pendidikan tinggi, yang menyediakan praktik ilmiah yang independen, objektif, gratis, dan terbuka setiap enam bulan untuk memberikan informasi yang andal, multidimensi, terkini, dan berguna tentang kinerja universitas di seluruh dunia.

Ada juga yang lebih spesifik menyebutkan bahwa salah satu pemeringatan (membuat peringkat) ini mengacu kepada google scholar.

Pemeringkatan webometrics merupakan salah satu perangkat untuk mengukur kemajuan perguruan tinggi atau universitas melalui situs web yang sudah dapat pengakuan dunia

Apa itu sitasi?

Sitasi adalah rujukan, referensi, adalah sebuah referensi atau kutipan yang memungkinkan kita untuk mengakui sumber-sumber yang telah dikutip.

Ada beberapa bentuk dan Jenis Perguruan Tinggi Islam Negeri (PTKIN). Misalnya Universitas Islam negeri (UIN), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) maupun Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN). Yang swasta tentu tidak ada huruf “N” pada bagian belakang singkatan ini.

10 Nama Perguruan Tinggi Islam Terbaik no 1-10 Peringkat PTKIN Peringkat Nasional Peringkat Global

prodi manajemen pendidikan islam terbaik
Dosen UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta sedang berada ditengah-tengah Mahasiswa dan Mahasiswinya (tebak yang mana hayo pak dosennya?).

Berikut adalah 10 Kampus Islam Negeri terbaik di Indonesia berdasarkan peringkat dari Webometrics. Yaitu mengacu kepada peringkat rujukan karya ilmiah yang bisa menjadi parameter kualitas Perguruan Tinggi.

Selamat untuk UIN Bandung yaitu Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Jati yang mengacu kepada ranking ini menjadi jawara Kampus Islam terbaik di Indonesia pada tahun 2024.

Perguruan TinggiPeringkat PTKINPeringkat NasionalPeringkat Global
UIN Sunan Gunung Djati Bandung1232309
UIN Syarif Hidayatullah Jakarta2413309
UIN Maulana Malik Ibrahim Malang3765128
UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta4785177
IAIN Palangka Raya5825282
UIN Walisongo Semarang6835295
IAIN Ponorogo: peringkat7915480
UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi8945525
IAIN Parepare9995587
UIN Sunan Ampel Surabaya101155978

Semoga dengan adanya rilis informasi ini bisa menjadi promosi gratis lembaga yang menempati 10 besar Perguruan Tinggi Islam Negeri paling top di Indonesia baik UIN, IAIN, STAIN.

Juga memberikan dorongan dan semangat bagi civitas akademika pada masing-masing kampus semakin meningkatkan karya ilmiah yang mereka tulis.

Melihat susunan Daftar Kampus Islami Negeri ini ada 7 Kampus yang berlokasi di Pulau Jawa. Sedangkan 3 Kampus Perguruan Tinggi yang bertempat di Luar Jawa.

Akhirnya wilujeng enjang dan wassalaamu’alaikum.

Sumber berita : Dirjen Pendis kemenag.go.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top