Sepi ing Pamrih Rame ing Gawe Tegese, Kalebu, Tuladha Ukara

Tegese Sepi ing Pamrih Rame ing Gawe yaiku nyambut gawe tanpa pamrih, artinya adalah sepi dalam mengharapkan imbalan ramai dalam pekerjaan. Maknanya atau maksudnya bekerja dengan ikhlas tanpa mengharap imbalannya, kalebu jenise tembung unen unen bebasan, tuladha ukara contoh kalimat sebagai berikut.

Pontren.com – assalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuhu, wilujeng enjang selamat pagi, kali ini kita akan membahas tentang bebasan kang nduwe teges/ateges nyambut gawe tanpa pamrih.

Gawea tuladha ukara contoh kalimat nganggo tembung bebasan kang ana dhuwur utawa ngisor. Berikut tuladhane ukarane “Para warga anggone ngresiki dalan umum sepi ing pamrih rame ing gawe.

Artinya adalah para warga dalam membersihkan jalan umum bekerja secara ikhlas tanpa mengharapkan imbalan.

Jadi ungkapan unen unen tembung ini memiliki makna yaitu bekerta dengan tidak ada tendensi apapun kecuali ikhlas dalam mengerjakannya.

Jadi contoh dari ungkapan ini misalnya bekerja dalam membersihkan fasilitas umum, membantu tetangga yang punya hajatan, relawan sosial dan lain sebagainya.

Adapun tulisan huruf aksara Jawa sebagaimana dalam gambar berikut ini.

Sepi ing Pamrih Rame ing Gawe

Setelah memahami maksudnya, saya kira mudah saja anda membuat kalimatnya tuladhane ukarane atau menjodohkan kiri dan kanan dalam tembung bebasan.

Tegese Tembung Bebasan Nyambut Gawe Tanpa Pamrih

Secara harfiah, sepi tegese yaiku nyenyet, yang artinya adalah lengang.

Tegese pamrih yaiku karep, tujuan, maksud, kamelikan, artinya adalah keinginan, tujuan, maksud, dan lain sebagainya.

Rame tegese yaiku suarane banter lan akeh, okeh lan sak piturute, artinya adalah ramai, suaranya banyak, dan lain sebagainya.

Tegese gawe yaiku prakaryan, artinya adalah pekerjaan.

Secara harfiahnya adalah sunyi dalam keinginan dan ramai dalam mengerjakan. Yang maksudnya yaitu keikhlasan dalam bekerja karena tidak ada maksud dan tujuan maupun imbalan dalam bekerja.

Jadinya wangsulan atau jawaban apabila ada yang menanyakan paribasan bebasan ini ya secara lugasnya adalah ikhlas tulus dalam melaksanakan sesuatu.

Demikianlah informasi kali ini tentang paribasan bebasane nyambut gawe tanpa pamrih. Yaiku Sepi ing Pamrih Rame ing Gawe, gawea tuladha ukara contoh kalimat tuladhane ukarane.

Maturnuwun sudah mampir, salam kenal dan wassalamu’alaikum.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *