Wong Tuwa sing Nemu Reribet Mergo Polah Anak Paribasane

Wong Tuwa sing Nemu Reribet Mergo Polah Anak mujudake tegese saka unen unen paribasan sing unine yaiku anak polah bapa kepradah artinya adalah orang tua yang mendapatkan permasalahan, kerepotan karena perbuatan anaknya dalam pepatah basa Jawa yaitu anak bertingkah bapak atau ayah kena getahnya.

pontren.com – assalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuhu, wilujeng sonten selamat sore pembaca internet yang budiman. Utamanya para penikmat budaya Jawa serta kalangan pelajar pada jenjang SD SMP SMA yang sedang belajar bahasa Daerah.

Kali ini kita akan membahas mengenai ungkapan bahasa Jawa yang membahas mengenai orang tua yang mendapatkan kerepotan karena perbuatan perilaku anaknya.

Apa sih paribasan?

Wong Tuwa sing Nemu Reribet Mergo Polah Anak Paribasane

Dalam pangertene basa Jawa, paribasan yaiku unen-unen kang ajeg panganggone, mawa teges entar (kiasan) lan ora ngemu surasa pepindhan.

Artinya adalah pengertian paribasan dalam bahasa Jawa yaitu ungkapan yang tetap tempatnya, menggunakan kata kiasan dan tidak mengandung makna pemisalan.

Jadi dalam situasi ini orang tua (wong tuwa) yang mendapatkan kesulitan atau kerepotan (nemu reribet) karena tingkah laku perbuatan anak (mergo polah anak) paribasane yaiku anak polah bapa kepradah.

Apa arti polah dan kepradah?

Dalam kamus online menyebutkan bahwa tegese pola yaiku kakean pratingkah, yang arti dalam Bahasa Indonesia yaitu banyak tingkahnya.

Sedangkan kepradah tegese yaiku repot, ndadak polah dan lain sebagainya.

Paribasane Wong Tuwa sing Nemu Reribet yaiku Anak Polah Bapa Kepradah

Jadi singkatnya atau kesimpulan berkenaan dengan perbuatan ini adalah Sak paripolahe anak bapa mesthi kembet. Artinya bagaimanapun tingkah polah anaknya maka bapaknya (orang tua atau wali si anak) akan terlibat atau kena getahnya.

Contoh misalnya, anda ingat waktu anak artis yang mengalami kecelakaan?

Jadi Dul Jaelani anak dari musikus Ahmad Dhani dengan Maia Estianty mengalami kecelakaan maut di Tol Jagorawi pada tanggal 8 September 2013 (kalau ga salah ya).

Bukan hanya anaknya alias si dul Jaelani saja yang pening pusing karena kejadian ini. Namun ayahnya yaitu Ahmad Dhani Manaf juga kena getahnya kesana kemari mengurusi akibat dari kejadian ini.

Bahkan menurut kabarnya sampai saat ini Ahmad Dhani masih memberikan santunan sampai yang anak-anak kecil bisa mandiri.

Begitulah sekilas tentang paribasane kang ateges utawa tegese Wong Tuwa sing Nemu Reribet Mergo Polah Anak yaiku anak polah bapa kepradah, maturnuwun sudah menyimak, salam kenal dan wassalamu’alaikum.

Tentang

salam blogger

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*