Pembukaan Pawarta Bahasa Jawa

Contoh pembukaan pawarta Bahasa Jawa lengkap dengan arti dan terjemahnya untuk materi pembelajaran mapel Basa Jawa SD SMP SMA maupun Madrasah Ibtidaiyah Tsanawiyah dan Aliyah (MI MTs MA).

pontren.com – assalaamu’alaikum wa rahmatullaahi wa barakatuhu, wilujeng enjang selamat pagi para pelajar di Indonesia khususnya wilayah Jawa bagian tengah dan Timur.

Berikut ini adalah beberapa contoh kata atau kalimat pembawa acara berita menggunakan Bahasa Jawa yang kami ambil dari beberapa TV yang ada di Indonesia melalui channel youtube.

Kemudian kami berikan arti dan terjemahnya kedalam Bahasa Indonesia.

Adapula yang contoh dari situs semisal brainly untuk melengkapi pilihan jawaban dalam membuat tugas mata pelajaran Basa Jawa.

Tanpa banyak basa basi, Langsung saja berikut contohnya.

Contoh Pembukaan Pawarta Bahasa Jawa

Teks PAMBUKA PAWARTA memakai Basa Jawa tuladha kaya ana ing ngisor iki.

Assalamualaikum Wr.Wb

Sugeng Enjing para pamiarsa, kepanggihan malih kalih kula Asti Setyorini ing Pawarta Pontren dot Com Ingkah badhe ngaturaken pawarta babagan Gugur Gunung ing Nitikan Ngayogyakarta. Sumangga panjenengan pirsani pawarta ing enjang punika.

Selamat pagi para pemirsa, bertemu lagi dengan saya Asti Setyorini dalam berita pontren dot com yang hendakmenyampaikan informasi berkenaan kerja beramai ramai di Nitikan Yogyakarta. Mari anda simak berita pagi hari ini.

PENUTUP PAWARTA

Mekanten ingkang saged kawula aturaken, menawi wonten kalepatan nyuwun pangapunten. Matur Nuwun, Wassalamualaikum Wr.Wb

Demikian yang bisa saya sampaikan, apabila ada kesalahan mohon maaf, terima kasih dan wassalam.

Contoh yang kedua misalnya yaitu

Assalamualaikum Wr.Wb

Sugeng Enjing para pamiarsa, kepanggihan malih kalih kula Asti Setyorini ing Pawarta Aira news Ingkah badhe ngaturaken pawarta babagan Cafe Omah Cokelat ing Janturan Umbul Harjo Kota Yogyakarta. Sumangga sami mirsani pawarta punika.

Selamat pagi para pemirsa, bertemu lagi dengan saya Asti Setyarini di berita Aira News yang akan menyampaikan berita tentang Cafe Omah Coklat di Janturan Umbulharjo Kota Yogyakarta. Silakan anda simak berita ini.

PENUTUP PAWARTA

Mekanten ingkang saged kawula aturaken, menawi wonten kalepatan nyuwun pangapunten. Matur Nuwun, Wassalamualaikum Wr.Wb

Demikianlah yang bisa saya sampaikan, apabila ada kesalahan mohon maaf, terima kasih dan wassalamu’alaikum.

Contoh kedua pembawa acara berita pembuka menggunakan Basa Jawa

Contoh ketiga, merupakan Juara Juara 1 Nasional lomba membaca berita Bahasa Jawa dari LTV MTsN 1 Jepara. Berikut ucapan pembukaan berita berbahasa Jawa yang bisa anda jadikan contohnya.

Sugeng enjang para pamiyarsa, kiyaran pawartos LTV Jawa Tengah dinten Rebo Pahing kalih welas Nopember Setunggal Ewu Sangangatus Wolongndoso saget panjenengan pirsani malih.

Laporan-laporan ingkang akurat tuwin merakyat sampun sumadya kagem panjenengan.

Antawisipun, gamelan dipun tetepaken minangka warisan budhaya tak bendha dening UNESCO. Sarengan kalih kulo Feby Zulfa Nafisah menika pawartos jangkepipun.

Artinya adalah sebagai berikut;

Selamat pagi para memirsa, siaran berita LTV Jawa Tengah hari Rabu Pahing tanggal sebelas November seribu sembilan ratus delapan puluh (12 Nopember 1980) bisa anda saksikan kembali.

Laporan-laporan yang akurat serta merakyat sudah siap bagi anda.

Antaranya gamelan ditetapan sebagai warisan budaya non benda oleh UNESCO. Bersama saya Feby Zylfa Nafisah berikut berita lengkapnya.

Nah itulah contoh kalimat pembuka berita menggunakan Bahasa Jawa yang bisa anda jadikan tuladha pambuka pawarta Basa Jawa. Maturnuwun sudah mampir, salam kenal dan wassalamu’alaikum.

Tinggalkan komentar