Mogel Ilate tegese, Tuladha Ukara, Kalebu Tembung

You are currently viewing Mogel Ilate tegese, Tuladha Ukara, Kalebu Tembung

Mogel ilate tegese yaiku seneng mangan enak, artinya adalah suka atau menyukai makanan yang enak, kalebu jenise tembung entar Basa Jawa. Tembung-tembung entar ngisor iki gawenen ukara!

pontren.com – assalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuhu, wilujeng enjang selamat pagi, kali ini kita akan membahas tentang tembung entar sing nduweni teges seneng mangan enak (panganan kang rasane nengsemake).

Jadi tembung entar merupakan perumpamaan atau pemisalan, makanya apabila ada tembung entar, tidak bisa kita mengartikannya secara harfiah saja. Namun ada maksud atau makna dari arti kata yang apa adanya.

Misalnya lunyu ilate bukan berarti lidah yang licin, namun maksudnya yaitu omongan yang manis dan indah yang sangat berpotensi membuat orang kena tipu atau keperosok karena lihainya seseorang dalam berbicara.

Kenapa bisa kata ungkapan bahasa Jawa tembung entar ini ateges seneng mangan panganan sing enak-enak?

Untuk itu kita perlu mengetahui dulu arti tembung utawa bausastra kang kaamot ana sajroning unen-unen tembung iki (tahu arti setiap kata yang ada dalam ungkapan ini).

Tegese mogel ilate, Tuladha Ukara

Jadi tegese mogel yaiku obah pucuke (tumrap buntut lan sakpiturute) artinya adalah bergerak ujungnya (untuk ekor ataupun hal lainnya).

Ilate asale saka tembung lingga ilat, yaiku daging ing cangkêm kang dianggo ngrasakake, ndilat lan sak piturute. Lidah adalah daging yang ada di dalam mulut berguna untuk mengecap (merasakan) menjilat dan lain sebagainya.

Tegese salugu tembung iki yaiku obahe pucuking ilat, artinya adalah bergeraknya ujung lidah. Hal ini menggambarkan bagaimana perilaku orang yang menikmati makanan.

Dalam bahasa Indonesia kita mengenal ungkapan goyang lidah, maka cocoklah apabila padanan arti dalam Bahasa Indonesia kata ilat mogel ini dengan goyang lidah.

Kemudian apabila ada perintah untuk membuat contoh kalimat (tuladha ukara) dalam basa Jawa yang berbunyi;

Gawea tuladha ukara nganggo tembung entar ilat mogel!

Berikut adalah contoh kalimat dan artinya dari Basa Jawa kedalam Bahasa Indonesia.

Amarga saiki wis sukses lan duite akeh, si Asti Setyorini mogel ilate. Artinya yaitu karena sekarang sudah sukses dan uangnya banyak si Asti menyukai makanan yang nikmat rasanya.

Demikianlah informasi tambahan tentang tembung entar kang ateges mangan sarwa enak. Maturnuwun sudah mampir, wilujeng enjang dan wassalamu’alaikum.

Mumtaz Hanif

salam blogger

Tinggalkan Balasan