Struktur Teks Drama Tradisional Bahasa Jawa

Struktur Teks Drama Tradisional Bahasa Jawa

Struktur teks drama tradisional (tradhisional) bahasa jawa anal 5 (lima) yaiku, sebutna! Artinya sebutkanlah strukturnya teks drama tradisional dalam Bahasa Jawa misalnya ketoprak, dan lain sebagainya.

pontren.com – assalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuhu, dalam hal ini kita akan membahas bab pada materi pelajaran Bahasa Jawa dalam buku kirtya Basa klas 9 yang dalam angka romawi yaitu IX.

Berikut ini uraian penjelasan secara singkat.

5 Struktur Teks Drama Tradisional Bahasa Jawa

Nintingi Struktur Teks Drama Tradhisional. Struktur teks naskah kethoprak bisa disumurupi liwat unsur instrinsik kang ana ing naskah. Unsur mau dumadi saka :

  1. Tema
  2. Alur
  3. Setting/ latar
  4. Penokohan; lan
  5. Amanat

Artinya dalam Bahasa Indonesia adalah; struktur teks naska ketoprak bisa diketahui melalui unsur intrinski yang ada dalam naskah, adapun unsur tadi terbentuk dari kelima hal diatas (tema, alur, setting atau latar, penokohan serta amanat).

Kepriye pangertene nganggo basa Jawa? Bagaimanakah pengertian dari tema, alur, setting/latar, penokohan, amanat dalam Bahasa Jawa (pangertene)? Ini dia ulasannya

Tema

Pangertene tema yaiku yaiku gagasan pokok kang dikembangake dadi crita kang digelar ing pementasan kethoprak.

Pengertian tema dalam ketoprak adalah gagasan utama yang dikembangkan menjadi serita yang digelar dalam pementasan ketoprak.

Alur

Pangertene alur yaiku Alur, yaiku tata urutan lumakune crita ing naskah/ pagelaran kethoprak. Pengertian alur adalah tata urutan berjalannya cerita dalam naskah atau pagelaran ketoprak.

Kawiwitan saka pengenalan tokoh utamane, tuwuhing masalah kang dialami tokoh utama, ngrembakane masalah kang saya ngambra-ambra ndadekake critane saya muyeg, nganti mbledhose prakara/ masalah mau minangka klimaks-e.

Mulai dari pengenalan tokoh utama, munculnya permasalahan yang dialami oleh tokoh utama, berkembangnya permasalahan, semakin berkembang menjadikan cerita semakin rumit, sampai dengan puncak permasalahan tadi sebagai klimaksnya.

Wusana lagi tinemu dalan kanggo mungkasi crita, gumantung marang urutan critane. Sabanjure alur bisa digolongake dadi alur maju, alur mundur, lan alur campuran.

Pada akhirnya ketemu jalan untuk menyelesaikan cerita bergantung kepada urautan ceritanya. Selanjutnya alur bisa dikelompokkan menjadi alur maju, alur mundur dan alur campuran.

Setting/latar

Pangertene Setting/ latar tegese yaiku gegambaran swasana lumakuning crita kang ginelar.

Pengertian setting atau latar adalah gambaran suasana berjalannya cerita yang dihelat.

Dumadi saka gegambaraning panggonan, gegambaran waktu, lan gegambaran swasana nalika prastawa dumadi.

Terjadi dari gambaran tempat, waktu dan gambaran keadaan pada saat kejadian terjadi.

Mula sabanjure setting kabedakake dadi telu, yaiku: setting waktu, setting panggonan, lan setting swasana.

Maka selanjutnya setting dibedakan menjadi tiga yaitu setting waktu, tempat dan suasana/keadaan.

Penokohan

Pangertene Penokohan tegese yaiku nggambarake sapa sing dadi rol utawa paraga utama, paraga panyengkuyung, sarta nggambarake kepriye watak, lan sipate saben tokoh.

Pengertian penokohan adalah menggambarkan siaapa yang menjadi tokoh utama, peran pembantu serta menggambarkan bagaimana watak dan sifat setiap tokoh.

Amanat

Tegese utawa pangertene amanat yaiku pesan moral kang kinandhut ing crita utawa pementasan kethoprak. Pesan moral iki kang sabanjure bisa dadi tuntunan tumrap sapa bae kang nonton.

Arti atau pengertian dari amanat dalam Bahasa Jawa dalam struktur teks drama tradisional Bahasa Jawa adalah pesan moral yang diambil dari cerita atau pementasan ketoprak. Pesan moral ini selanjutnya bisa menjadi tuntunan bagi siapa saja yang melihat pertunjukan.

Demikianlah informasi tentang Struktur Teks Drama Tradisional Bahasa Jawa beserta arti dalam Bahasa Indonesia dan penjelasannya. Maturnuwun sudah mampir, wilujeng dalu, salam kenal, wassalaamu’alaikum.

Postingan baru : Kami usahakan Jadwal hari Senin dan Jumat akan ada tambahan postingan artikel baru. Terima kasih sudah menyimak. saran dan kritik serta sumbangan artikel kami tunggu. contact info : cspontren@yahoo.com twitter : PontrenDotCom FB : Gadung Giri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*