Ora Ilok Lungguh Nang Bantal, Mengko Wudunen

Tulisen tegese gugon tuhon ing ngisor iki! Ora Ilok Lungguh Nang Bantal, Mengko Wudunen, tulislah arti atau maksud dari wewaler Basa Jawa jangan duduk di bantal.

pontren.com – assalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuhu, adapun jawaban atau wangsulane yaiku Nglungguhi bantal ora apik amarga bantal iku sing bener panggonan kanggo mustaka (basa ngokone yaiku sirah utawa endhas).

Tegese lungguh yaiku linggih, sumèlèh sing katapakake bokonge, artinya adalah duduk, meletakkan bokong pada sesuatu, dan menjadi tumpuan badan secara keseluruhan.

Bantal yaiku ganjel endhas nalika turu, artinya adalah penyangga atau alat untuk mengganjal kepala pada saat tidur (agar supaya nyaman posisinya).

Wudunen tegese yaiku nandhang lara wudun. Lara wuduh yaiku araning lêlara kulit saèmper gudhig nanging atos ngêmu nanah sarta ana matane; artinya adalah sakit bisul.

Bisulan atau bisul merupakan penyakit kulit serupa prurigo namun keras, mengandung nanah serta ada matanya.

Tegese gugon tuhon Ora Ilok Lungguh Nang Bantal, Mengko Wudunen

Jadi maksud dari wewaler ini adalah tidaklah bagus atau tidak sopan duduk atau menduduki bantal. Alasannya bantal merupakan alas untuk kepala pada saat tidur.

Pengertian singkat dari gugon tuhon atau wewaler dalam Bahasa Jawa yaiku piwulang sing ora tinemu nalar ananing digatekake lan dituruti masyarakat.

Artinya adalah ajaran yang tidak ketemu nalar atau tidak masuk akal namun diikuti dan diperhatikan oleh masyarakat.

Dalam wewaler ini menyatakan bahwa duduk diatas bantal bisa menyebabkan bisulan.

Apa hubungannya? Kaitannya bagaimana?

Secara ilmiah tentu tidak ketemu hubungan antar bisul dengan duduk diatas bantal.

Namun maksud dari gugon tuhon ora ilok nglungguhi bantal adalah berkaitan dengan kesopanan dan etika.

Sebagaimana orang mafhum, orang duduk akan menggunakan pantatnya sebagai penyangga tubuh. Jika menduduki bantal artinya adalah meletakkan pantat pada barang atau alat yang fungsinya untuk menyangga kepala.

Jadi seakan akan memantati kepala orang yang memakai bantal ini.

Demikian informasi tentang gugon tuhon ora ilok lunggung nang bantal beserta wangsulane penjelasan tegese dalam Bahasa Jawa beserta artinya.

Maturnuwun sudah mampir, wilujeng enjang selamat pagi dan wassalaamu’alaikum.

Tinggalkan komentar