Ora ilok dolanan beras mengko tangane kithing

ora ilok dolanan beras mengko tangane kithing

Tulisen tegese Gugon Tuhon ing ngisor iki Ora ilok dolanan beras, mengko tangane kithing nduweni teges yaiku beras iku bahan panganan, sing ora becik kanggo dolanan. Amarga menawa kanggo dolanan mengko bisa semrawut lan reged.

Pontren.com – assalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuhu, barusan kita menjawab mengenai gugon tuhon tentang tidak baik bermain main dengan beras yang nanti bisa menyebabkan tangan menjadi kiting.

Ungkapan diatas masuk dalam kategori gugon tuhon.

Apa sih pengertian gugon tuhon dalam bahasa Jawa?

Pangertene gugon tuhon yaiku Gugon tuhon yaiku Piwulang sing ora tinemu nalar nanging digatekake lan dituruti dening masyarakat.

Artinya yaitu ajaran yang tidak masuk akal namun mendapatkan perhatian dan dituruti oleh masyarakat.

Secara harfiah gugon berasal dari kata gugu yang artinya dipercaya apa adanya tanpa ditelaah.

Sedangkan tuhon berasal dari kata tuhu yang artinya yaitu sesungguhnya.

Ora ilok dolanan beras mengko tangane kithing Gugon Tuhon Wewaler

Jadi dalam bahasa Jawa, bermain beras merupakan wewaler.

Wewaler yaiku samubarang kang ora kena diterak. Artinya yaitu larangan, semua hal yang tidak boleh dilanggar.

Menyitir dari situs asepprasetio wordpress bahwasanya ungkapan ini masuk dalam kategori Gugon tuhon kan kalebu pepali utawa wewaler yaitu gugon tuhon yang termasuk larangan, yang berisi nasehat larangan.

Sebenarnya gugon tuhon tersebut memuat ajaran. Dan ajaran itu jelas dengan adanya sangsi ketika dilanggar.

Jadi sanksi bagi yang melanggar dalam bermain beras adalah jari jari tangannya menjadi cacat kithing, kaku tidak bisa lurus.

Jadi, gugon tuhon ora ilok dolanan beras mengko tangane kithing merupakan bentuk pancaran atau pengejawantahan budi manusia Jawa dalam menghargai bahan makanan.

Dan lebih luas lagi juga bisa mencakup kemauan, cita-cita, ide maupun semangat dalam mencapai kesejahteraan, keselamatan, dan kebahagiaan hidup lahir batin dalam kebudayaan Jawa.

Demikianlah informasi mengenai wawelar utawa gugon tuhon aja dolanan beras tegese yaiku ora apik dolanan bahan panganan amarga mengko berase iso semrawut lan reget.

Maturunuwun sudah mampir dalam salah satu artikel gugon tuhon pepali utawa wewaler ini, salam kenal wilujeng dalu dan wassalaamu’alaikum.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *