SK BKM Masjid Tingkat Kecamatan

Download Contoh Surat Keputusan Badan Kesejahteraan Masjid (SK BKM) Tingkat Kecamatan yang dalam hal ini Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota yang menandatangani SK mengacu kepada juknis dalam Peraturan Menteri Agama (PMA) nomor 54 tahun 2006 tentang susunan organisasi dan tata Kerja Badan Kesejahteraan Masjid.

pontren.com – assalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa baakatuhu, setelah (menurut) beberapa saat berhibernasi, saat ini BKM sudah mulai menggeliat.

Salah satu indikasinya adalah adanya pembuatan SK untuk para pengurus BKM mulai dari tingkat Nasional, Provinsi, Kabupaten, Kecamatan dan semoga nanti juga menjalar kepada jenjang di Desa.

Dalam PMA no 54 tahun 2006, mengatur tentang struktur organisasi BKM, untuk susunan pengurus BKM Masjid tingkat kecamatan sebagaimana berikut ini;

Struktur Organisasi dan Susunan Pengurus Badan Kesejahteraan Masjid Tingkat Kecamatan

Pengurus BKM Kecamatan diangkat dan diberhentikan oleh Kepala Kankemenag Kabupaten/Kota atas usul dari Kepala Kantor Urusan Agama.

  • Ketua : Kepala Kantor Urusan Agama (KUA)
  • Sekretaris : Pegawai pada KUA;
  • Bendahara : Pegawai pada KUA;
  • Bidang Manajemen (idarah)
  • Bidang Kemakmuran (imarah),
  • Bidang Pemeliharaan (riayah)
  • Bidang Bantuan Hukum (advokasia)

Keterangan;
Ketua bidang dan anggota diangkat dari Penyuluh Agama Islam pada KUA dan instansi terkait serta unsur tokoh ulama dan agama masyarakat.

Kemudian dari susunan kepengurusan ini saya mendapatkan file dalam format doc ms word yang bisa anda edit untuk membuat SK BKM pada tingkat Kecamatan.

Sebagaimana sudah kami sampaikan bahwasanya keberadaan SK ini berdasarkan surat usulan dari Kepala KUA yang pengangkatan dan pemberhentiannya oleh Kepala Kankemenag Kabupaten atau Kota.

Seperti apa contoh SK yang kita dapatkan?

Berikut teks tulisan beserta nanti kami haturkan tautan pengunduhan untuk unduh gratis free download yang bisa anda edit sesuai dengan selera anda.

Contoh SK BKM Masjid Tingkat Kecamatan

KEPUTUSAN
KEPALA KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN KARANGANYAR
NOMOR …… TAHUN 2023
TENTANG
SUSUNAN PENGURUS
BADAN KESEJAHTERAAN MASJID KECAMATAN KARANGPANDAN
PERIODE 2023-2027

DENGAN RAHMAT TUHAN YANG MAHA ESA
DIREKTUR JENDERAL BIMBINGAN MASYARAKAT ISLAM,

Menimbang:bahwa dengan berakhirnya masa kepengurusan Badan Kesejahteraan Masjid KecamatanKarangpandan Periode 2023 – 2027, maka perlu dilakukan pergantian pengurus baru;bahwa mereka yang namanya tercantum dalam lampiran Keputusan ini dipandang mampu dan  memenuhi  syarat untuk diangkat  sebagai pengurus  Badan  Kesejahteraan Masjid  Kecamatan Karangpandan;bahwa berdasarkan pertimbangan sebagaimana dimaksud pada huruf a dan huruf b di atas, perlu menetapkan Keputusan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karanganyar tentang Susunan Pengurus Badan Kesejahteraan Masjid Kecamatan Karangpandan Periode 2023-2027;
   
Mengingat:Peraturan Presiden Nomor 83 Tahun 2015 tentang Kementerian Agama (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2015 Nomor  168);Peraturan Menteri Agama Nomor 54 Tahun 2006  tentang Susunan Organisasi dan Tata Kerja Badan Kesejahteraan Masjid;Peraturan Menteri Agama Nomor 19 Tahun 2019 tentang Organisasi dan Tata Kerja Instansi Vertikal  Kementerian Agama (Berita Negara Republik Indonesia  Tahun  2019 Nomor 1115);Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor SK.178/DJA/ 1982 Tahun 1982 tentang Penunjukan Badan Kesejahteraan Masjid Pusat sebagai Badan Hukum yang Dapat Mempunyai Tanah Dengan Hak Milik;Keputusan Menteri Agama Nomor 350 Tahun 2014 tentang Pengawasan dan  Pengelolaan Aset-Aset BKM;Keputusan Menteri Agama Nomor 245 Tahun 2022 tentang Pengangkatan Pengurus Badan Kesejahteraan Masjid Pusat Periode 2022-2026;Peraturan Ketua Harian Badan Kesejahteraan Masjid Pusat Nomor 1 Tahun 2023 tentang Revitalisasi Organisasidan Tata Kerja Badan Kesejahteraan Masjid;
   
MEMUTUSKAN:
   
Menetapkan:KEPUTUSAN KEPALA KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN KARANGANYAR NOMOR … TAHUN 2023 TENTANG SUSUNAN PENGURUS BADAN KESEJAHTERAAN MASJID KECAMATAN KARANGPANDAN PERIODE 2023-2027.
   
KESATU:Mengangkat Pengurus Badan Kesejahteraan Masjid Kecamatan Karangpandan Periode 2023-2027 dengan susunan personalia sebagaimana tercantum  dalam Lampiran  yang  merupakan bagian  tidak terpisahkan dari  Keputusan ini.
   
KEDUA:Segala pembiayaan akibat pelaksanaan Keputusan ini dibebankan kepada anggaran Badan Kesejahteraan Masjid Kecamatan.
   
KETIGA:Pada saat Keputusan ini berlaku, maka Keputusan kepengurusan sebelumnya dicabut dan  dinyatakan tidak berlaku.
   
KEEMPAT:Keputusan ini mulai berlaku pada tanggal ditetapkan.
   

Ditetapkan di
pada tanggal Maret 2023

KEPALA KANTOR
KEMENTERIAN AGAMA KAB. KARANGANYAR

Drs. H. Wiharso.,MM.

LAMPIRAN
KEPUTUSAN KEPALA KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN KARANGANYAR NOMOR … TAHUN 2023 TENTANG SUSUNAN PENGURUS BADAN KESEJAHTERAAN MASJID KECAMATAN KARANGPANDAN PERIODE 2023-2027

Ketua:Kepala Kantor UrusanAgama KecamatanKarangpandan
Majelis Pertimbangan PengurusBadanKesejahteraan Masjid(nama-nama yang dapatberasaldari ASN Kemenag, pengurusormaskemasjidan, takmir, pengurusormas, pesantren, akademisi, danulamasetempat, paling banyak 9 orang):1.Zaenal 2.Ust. Hanafi 3.Parmuji 4. H. Amin Yusupadi 5. H. Sunarto 6. Sri Sugiyanto, Ama. OT 7. Drs. Djupri., M.Pd.I 8. H. MuslihKasino, M.Pd.I 9.AgungPamuji
WakilKetua (nama-nama yang dapatberasaldari ASN Kemenag, pengurusormaskemasjidan, takmir, pengurusormas, pesantren, akademisi, danulamasetempat, dengan total sebanyakjumlahbidang yang ada):1. DanangKusumaWardana, SH. 2.Ust. HasanHanafi 3.UstadzSholehMasrur 4.Ust. M. AbdurRo’uf 5.Ust. H. AbdusSomad 6.Sunarto, SE. 7. Suharto 8.Ust. Gun GunGhofur 9.Ust. Apri
Sekretaris:Ida Hamidah, S.HI
Bendahara:HenyPurwanti, S. Kom.
Bidang-bidang: 
Bidang Idarah (UntukBidang 1-4, ketua bidang dan anggota diangkat dari Penyuluh Agama lslam pada KUA dan instansi terkait serta unsur tokoh ulama dan tokoh rnasyarakat)
Ketua:Iswandiyanto
Anggota (jumlah tergantung kebutuhan):1.Fadil, S.Ag.,M.Ag. 2.Gunung Harjanto 3.Shodiq Anshori 4.Nuril Huda 5.MuhyidinRais, SE.
Bidang Imarah  
Ketua:Suparmin, S.Sn.
Anggota:1.Sunarso 2.Ust. Kadafi 3. H. Sutrisno 4. H. Pono 5.Ust. M. Dimyati 6. Ust. Fayakun 7. Ust. Ahmad Romli
Bidang Riayah  
Ketua:H. Tamlikha
Anggota:1.Sugiyarto 2.Eko Tristiyanto 3.HM. AbdusSyakur 4.Edi Suyanto,SE. 5.Widodo Edi Mulyono 6. Romly Androfunny, M.Pd.
Bidang Bantuan Hukum (Advokasi)  
Ketua:Nuryadi,SH.
Anggota:1.Yulli Supriyanto, SH. 2.Parmono 3.H. Saerofi 4.Madi 5.Fauzi 6. Illa Sutarto
Bidang Pemberdayaan Perempuan dan Anak (Untuk Bidang 5-9, jika ada penambahan, ketua dan anggota adalah nama-nama yang dapat berasal dari ASN Kemenag, penyuluh agama Islam, pengurus ormas kemasjidan, takmir,  pengurus ormas, pesantren, akademisi, dan ulama setempat, dengan jumlah sebanyak kebutuhan)
Ketua:Hj. Khayatun.,M.Pd.
Anggota:1.Siti Atik Nur Latifa 2.Fenty Condrowati 3. Sri Wahyuni 4.Winda Eka S 5.Ustadzah Aisyah
Bidang Humas Data dan Informasi  
Ketua:Sartono
Anggota:1.Choiruddin Muslim, S.HI. 2.Romli Hidayat Ali, S.Kom 3.Wardoyo 4.Sularno 5.Marsono
Bidang Hubungan Antar Lembaga  
Ketua:Tri HudiWinarno
Anggota:1.Sarwoko 2.Fredy Sularso 3.Sugino 4.Catur Susilo 5.Sutarmin
Bidang Kepemudaan dan Remaja Masjid: 
Ketua:Anto Abdullah Thohir
Anggota:1.Dwiyatmoko 2.Ust. NurulHimawan 3.Harsono 4.Wiji Rahayu 5.Muniroh
Bidang Zakat dan Wakaf: 
Ketua:Samsuri, S.Ag.,M.Pd.
Anggota:1.Supriyono 2.Ridho Nur Arifin 3.Suyono 4.Alif Sugiyarto 5.Siti Khotimah

Ditetapkan di
pada tanggal Maret 2023

KEPALA KANTOR
KEMENTERIAN AGAMA KAB. KARANGANYAR

Drs. H. Wiharso.,MM.

Download format Doc MS Word

Anda bisa copy paste dari file yang ada dalam blog ini, namun jika morak marik alias tidak beraturan, kami sudah menyiapkan file ini dalam bentuk microsoft word format doc yang bisa anda unduh langsung.

Sebelum anda mengunduhnya, kami lampirkan penampakannya sebagai pertimbangan apakah anda hanya sekedar melihat-lihat saja atau memang perlu untuk ngedownload.

Ini dia penampakannya.

Jika memang hendak memiliki file ini, anda bisa mengambil dari tampilan preloved yang kami unggah pada google drive.

Lebih mudahnya berikut tautan untuk mengunduhnya.

Download contoh SK BKM Masjid tingkat Kecamatan

Demikianlah informasi tentang contoh surat keputusan pengangkatan pengurus BKM Masjid tingkat kecamatan atas usulan Kepala KUA kepada Kankemenag Kabupaten atau Kota.

Maturnuwun sudah mampir, orang bijak silakan tinggalkan jejak pada kolom komentar dan akhirnya salam kenal wassalaamu’alaikum.

Tinggalkan komentar