Panas Atine Tegese, Tuladha Ukara, Kalebu Jenise Tembung

panas atine tegese
Share

panas atine tegese yaiku nesu, artinya panas hatinya, maksudnya adalah marah, kalebu jenise tembung entar basa Jawa, gawea ukara nganggo tembung ana ing dhuwur! Contoh kalimatnya adalah sebagai berikut; Anoman panas atine sawise ngerti anggada ora trima dheweke dadi duta panas atine.

pontren.com – assalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuhu, wilujeng enjang, selamat pagi para pembaca internet, kali ini kita akan membahas tembung entar kang ateges nesu, yang artinya marah.

Jadi secara pengertian dalam Basa Jawa menggunakan krama alus, pengertiannya tembung entar Inggih menika tembung ingkang tegesipun boten salumrahipun,saha mawi teges kias.

Maksudnya yaitu kata dalam Bahasa Jawa yang artinya tidak apa adanya dan menggunakan maksud pemisalan atau pengiasan.

Jadi dalam menerjemahkan tembung entar ini tidak letterlijk atau harfiah apa adanya, namun makna dalam ungkapan ini menyesuaikan kebiasaan orang mengartikannya.

Jika kita menerjemahkan secara harfiah ungkapan ini maka yang panas adalah secara fisik dari hati seseorang. Hati dalam artian lever, bukan heart, hati yang merupakan bagian fisik manusia yang berandil dalam memproses makanan.

gawea ukara nganggo tembung panas atine dan artinya

sebagaimana dalam bahasa Indonesia, dalam Basa Jawa ati juga memiliki 2 makna atau arti.

Yang pertama yaitu arti atau makna secara harfiah. Ati adalah bagian tubuh manusia, makna yang satunya lagi adalah ati yang maksudnya perasaan manusia.

Pada wikisastra memberikan penjelasan sebagai berikut;

Ati yaiku peranganing jêroan kang dianggêp tandhon sarining pangan utawa bisa têlênging rasa kabatinaning manungsa utawa rasa-rumangsa, pangrasa.

Jadi ada tiga pengertian hati dalam Bahasa Jawa, pertama adalah bagian dalam yang dianggap sebagai tampungan sarinya makanan atau rasa batin manusia ataupun perasaan.

gawenen ukara saka tembung entar kang an ing ndhuwur lan jelasno opo tegese tembung kuwi! Buatlah kalimat dari kata entar basa Jawa yang ada diatas kemudian jelaskan apa maksudnya ungkapan tersebut!

Tuladha ukara sebagai berikut ini;

Anoman panas atine sawise ngerti anggada ora trima dheweke dadi duta.
Artinya, Hanoman (tokoh berbentuk kera dalam wayang) marah setelah mengetahui Anggada tidak terima dia menjadi duta.

Demikian informasi mengenai tembung entar basa jawa lan ukarane kang ateges nesu, lengkap dengan arti dan terjemahnya dalam bahasa Indonesia. Wilujeng enjang, selamat pagi dan wassalamu’alaikum wa rahmatullah wa barakaatuhu.


Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *