Wong Sing Sabar lan Ora Gampang Nesu Tembung Entare

tembung entar tegese

Tembung entar Basa Jawa kanggo uwong kang nduweni kesabaran lan ora gampangan dadi nesu lengkap dengan penjelasan sekilas untuk mengerjakan soal mapel muatan lokal pelajaran Bahasa Jawa.

pontren.com – assalaamu’alaikum wa rahmatullaahi wa barakatuhu, dalam soal pertanyaan muatan lokal Bahasa Jawa berkenaan dengan tembung entar yang membahas kesabaran seseorang dan tidak mudah marah beserta jawabannya.

Berikut bunyi dari soal pertanyaan tersebut dan pilihan a b c d di aplikasi soal jawaban brainly

Wong sing sabar lan ora gampang nesu tembung entare yaiku …
a. jembar polatane
b. jembar kubure
c. jembar dhadhane
d. jembar kawruhe

Jawabannya yang benar adalah jembar dhadhane. Secara harfiah, artinya yaitu lebar dadanya. Yang dalam istilah Bahasa Indonesia menggunakan ungkapan istilah lapang dada.

Pada artikel kampus menyebutkan bahwa sikap lapang dada adalah sikap menerima keadaan yang dialami dan hati selalu dipenuhi rasa syukur.

Jika kita menerjemahkan kedalam basa Jawa artinya adalah ; wateg kang nampa keadaan kang dialami lan atine tansah kebak rasa syukur.

Dalam hal ini tegese jembar polatane tegese yaiku sumringah. Artinya dalam Bahasa Indonesia adalah lebar mimic wajahnya atau keseluruhan penampakan sikap tindak tanduknya. Artinya adalah berseri-seri, tampak riang gembira.

Sedangkan istilah tembung entar jembar kubure tegese yaiku dingapura dosane saengga bisa mlebu swarga. Artinya adalah ungkapan yang merupakan doa agar mendapatkan ampunan dari Allah SWT sehingga dimasukkan kedalam Jannah.

Selanjutnya tembung entar jembar kawruhe tegese yaiku akeh ngelmune, artinya adalah lebar ilmunya, maknanya yaitu luas wawasannya, banyak pengetahuannya dan mendalam pemahaman pada suatu hal.

Wong sing sabar lan ora gampang nesu tembung entare yaiku jembar dhadhane utawa dawa ususe

dawa ususe

Masih ada ungkapan tembung entar yang lain untuk menggambarkan keadaan orang yang penyabar dan tidak mudah marah. Nggambarake wong sing ora gampang nesu lan nduweni kesabaran akeh.

Pada model pertanyaan lain lengkap dengan pilihan jawabannya, pada pelajaran Bahasa Jawa berbunyi;

wong sing ora gampang nesu diarani …
a. dawa tangane
b. dawa ususe
c. dawa jenggote
d. dawa rambute

Jawabannya yang benar adalah dawa ususe. Secara harfiah artinya adalah memiliki usus yang panjang. Secara makna atau maksud yaitu orang yang mempunyai kesabaran dan tidak mudah marah.

Adapun dawa tangane tegese yaiku clemer, artinya panjang tangan adalah suka mencuri, mengambil milik orang lain dengan diam-diam untuk dimiliki.

Sedangkan dawa jenggote saya tidak menemukan istilah ini untuk penggambaran sesuatu makna. Jadi hanya arti apa adanya yang menggambarkan panjangnya jenggot atau rambut yang tumbuh pada dagu pria.

Sama seperti dawa rambute, bukanlah tembung entar, namun kata biasa yang menunjukkan panjangnya rambut seseorang atau makhluk hidup lainnya.

Demikian informasi tentang tembung entar wong sabar ora gampang nesu beserta penjelasan sekilas. maturnuwun sudah mampir, wassalamu’alaikum.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *