Mbukak Wadi Tegese, Tuladha Ukara, Kalebu Tembung

mbukak wadi tegese
Share

Mbukak wadi tegese yaiku ngandhakake wewadining liyan, mbukak rahasia, artinya membuka atau membongkar rahasia, kalebu jenise tembung entar Basa Jawa, tuladha ukara contoh kalimat ukarae “Ora pareng mbukak wadi kanca,kuwi tumindak sing ala”.

pontren.com – assalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakaatuhu, wilujeng sonten, selamat sore, kali ini kita akan membahas tembung entar kang ateges mbukak rahasia atau membongkar sesuatu yang secret.

Apakah yang dimaksud dengan tembung entar?

Adapun pengertian tembung entar dalam Bahasa Jawa adalah tembung silihan,dudu tembung salugune (makna kias basa Indhonesiane). Yang artinya yaitu kata pinjaman, bukan kata terjemahan apa adanya (letterlijk), yang dalam bahasa Indonesia kita biasa menyebutnya dengan perumpamaan.

untuk mendapatkan 10 tuladha ukara tembung entar lainnya anda bisa membaca pada artikel contoh kalimat tembung entar an artinya.

selanjutnya mari kita menyimak artinya dalam ungkapan ini perkata.

Tegese Mbukak Wadi dan artinya, Tuladha ukara ukarae (contoh kalimat)

Secara ringkas tentu anda sudah paham makna tembung entar ini yaitu membongkar rahasia, ateges ngandhakake wewadining liyan (mengadukan atau membocorkan rahasia orang lain).

Untuk lebih mendalami lagi, mari kita mencoba mengerti arti dan terjemahannya melalui bausastra Basa Jawa dalam kamus online.

Mbukak asale saka tembung bukak, basa krama aluse yaiku bikak, tegese yaiku;

  1. wis mênga utawa wis diwêngakake (tumap lawang, kantor, toko lan sak piturute) sudah membuka atau sudah dibuka (terhadap pintu, kantor, toko dan lain sebagainya).
  2. ora ditutup, upama bukak topi, artinya tidak ditutup, semisal buka topi.
  3. (tembung enggon-eggonan) dicopot (dilèrèni ênggone cêkêl gawe); kata tempat, dicopot, diberhentikan dalam memegang pekerjaan atau jabatan.

Untuk ungkapan tembung entar ini paling pas maksudnya adalah yang pertama yaitu terbuka, sehingga bisa kelihatan.

Wadi yaiku wewadi, wewaden, tegese barang utawa kedaden kang kasengaja didhelikake supaya ora dimangerteni liyane, sesuatu hal yang sengaja disembunyikan supaya orang lain tidak tahu.

Wenehana utawa Gawea tuladha ukara nganggo tembung “mbukak wwadine” beserta arti dan terjemahnya.

Berikut adalah contoh kalimatnya beserta artinya.

Agustinus senengane mbukak wadine tanggane, amarga iku akeh sik wong ora seneng karo dheweke. Artinya adalah Agustinus suka membongkar rahasia tetangganya, karena inilah banyak orang yang tidak suka dengannya.

Nah demikianlah informasi tentang tembung entar kang ateges mbukak rahasia dalam Bahasa Jawa lengkap dengan contoh kalimat beserta artinya.

Maturnuwun sudah mampir, akhirnya wilujeng sonten, salam kenal dan wassalamu’alaikum.


Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *