Atine Ana Wulune Tegese, Tuladha Ukara

Atine Ana Wulune Tegese, Tuladha Ukara
tembung entar tegese contoh kalimat

Unen – unen tembung entar atine ana wulune tegese yaiku ala atine, nduweni watak iri dengki srei, ora seneng menawa ana uwong entuk kabegjan utawa kamulyan.

pontren.com – assalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuhu, dalam kata pinjaman atau tembung entar basa jawa unen unen atine metu wulune artinya secara harfiah adalah hatinya memiliki atau ada bulunya.

Namun karena ini berupa kata pinjaman maka kita tidak boleh mengartikannya secara harfiah, ora kena negesi salugune.

Maksud dari ungkapan ini merujuk kepada orang yang hatinya tidak baik. Mempunyai watak iri hati, dengki, susah melihat orang senang, dan bahagia apabila melihat orang lain dalam kesusahan.

Dalam kisah wayang, tokoh patih Harya Sengkuni cocok untuk sebutan ini. Karena watak, sifat dan hatinya yang jahat serta tidak suka melihat orang lain salam kesuksesan.

Tegese Atine Ana Wulune tuladhane Ukarane Basa Jawa

Lebih mamahami maksud dalam ungkapan ini, mari kita artikan setiap kata atau saben tembung entar kang ana ing unen – unen ing ngisor iki.

Atine asale saka tembung ati tegese yaiku pangrasa, artinya adalah hati yang artinya adalah perasaan. Bukan bentuk fisik dari hati yang bagian dari proses metabolisme tubuh.

Ana tegese yaiku wujud, nduweni, metu, artinya adalah ada, eksis, memiliki, mempunyai.

Wulune asale saka tembung wulu, tegese yaiku rambut kang lemes lan lembut banget. Artinya adalah bulu, yaitu rambut kecil yang sangat kecil dan lemas.

Wenehana lan gawea ukara ngango tembung kang ana ing ndhuwur nganggo Basa Jawa, sabanjure tegesana apa karepe.

Berikut ini adalah contoh kalimatnya beserta artinya.

Aja cedhak – cedhak karo Agustinus amarga atine ana wulune.

Artinya ; Janganlah dekat dekat dengan Si Agustinus karena hatinya jahat.

Dalam hal ini jangan dekat-dekat bukan berarti harus membenci orangnya. Namun lebih kepada tidak begitu dekat untuk menghindari dampak buruk karena kejelekan isi hatinya.

Demikianlah sekedar membahas tentang tembung entar Basa Jawa atine metu wulune kang ateges atine ala, nduweni wateg iri drengki srei yang artinya adalah hatinya berbulu, maksudnya yaitu hatinya jahat, iri dan pendengki. Wasaalamu’alaikum.

Tentang

salam blogger

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*