Liburan ke Bukit Jimber Kemuning Jeep Offroad (Tyta Sagita Family)

tyta sagita liburan jeep wista kemuning
Share

Liburan ke Bukit Jimber Kemuning (Tyta Sagita Family). Hari Libur idul fitri kali (tahun 2022) ini lumayan panjang. Kalau total libur nasional plus dengan cuti bersama kira kira sepekan lebih tiga hari alias 10 hari.

Sebagaimana keluarga lainnya, non Tyta Sagita berenam dengan keluarga juga memanfaatkan kesempatan untuk piknik keluar kota. Tepatnya di Kabupaten Karanganyar, menginap pada wilayah Kecamatan Tawangmangu yang kondang dengan grojogan sewu (padahal tingginya juga engga seribu meter juga).

Selain wilayah tawangmangu, di dekat lokasi ini yang merupakan tetangga kecamatan juga memiliki tempat untuk wisata yang memanjakan mata serta menyegarkan napas.

Yaitu di area tempat wisata kebun teh.

Bukan hanya pemandangan alam yang menjadi tempat tawaran berpiknik ria dan ngehits di Karanganyar, namun juga wahana outbound mulai dari udara berupa tandem paralayang segoro gunung, jeep tour adventure Kemuning dan sekitarnya beserta river tubing di Ngargoyoso.

Kemudian pada malam hari kisaran jam delapan non Tyta yang asalnya jakarta kemudian merantau mencari nafkah di Kudus Jateng dan malang ini browsing di internet untuk mencoba mencari informasi Tour jeep Wisata Kemuning adventure di Ngargoyoso.

Slow Respond vendor Penyedia Jeep Wisata Kemuning

Beberapa saat kemudian menemukan nomor kontak pada blog dan menghubunginya via whatsapp.

Sayangnya slow respond.

Mengontak vendor penyedia jeep jam 20.14 (jam delapan malam lebih seperempat), baru mendapatkan jawaban jam 22.07 (kisaran pukul sepuluh lebih sepuluh menit).

Usut punya usut ternyata hape vendor penyedia pemesanan jeep wisata kemuning ini berada di tangan anak-anak untuk main game. Maklum liburan.

Keesokan harinya pihak vendor menanyakan kembali apakah sudah mendapatkan unit jeep atau memesan pada tempat lain.

Ternyata belum.

Akhirnya komunikasi dan mempelajari jarak rute kemudian sepakat untuk mengambil rute kebun teh bukit jimber yang ada susur sungainya.

Awal mula ada sedikit tarik ulur karena jumlah peserta, namun setelah beberapa kali komunikasi vendor dengan driver serta komunitas, menimbang ada yang masih belum sekolah dan masih SD maka beres urusan.

Rampung komunikasi mengenai jarak rute serta tarif dan jumlah penumpang, kemudian sepakat dengan rute bukit jimber.

Karena harga flat maka tidak ada tawar menawar, pihak vendor pun akan berberat hati tidak bisa menurunkan harga apabila ada menawar harganya. Namun memang keluarga Tyta Sagita juga tidak menawar paket harga yang ada.

Komunikasi waktu yang tepat untuk start dan lokasi pertemuan dan parkir kendaraan

Untuk efisiensi waktu dan kenyamanan ber jeep wisata adventure offroad Kemuning, penyewa menanyakan enaknya kapan mulai start dan ketemu dimana.

Vendor menyarankan jeep start pada pukul jam 9 pagi dan ketemuan di terminal wisata Ngargoyoso (sebenarnya di Kemuning, namanya aja terminal wisata Ngargoyoso).

Alasannya memang itu terminal untuk parkir kendaraan sehingga mobil bisa parkir pada tempatnya tidak bingung naruh kendaraan dimana.

Untuk kemudahan, pihak vendor dan mengirimkan foto unit jeep yang nanti akan membawa jalan jalan ke Bukit Jimber Kemuning dan bertanya kedatangan ke kemuning menggunakan kendaraan apa.

Sejurus kemudian memberitahukan kendaraannya dan mengirimkan gambar picture mobil.

suzuki katana wuling almaz

Alhamdulillah rancangan acara ini sesuai dalam pelaksanaannya.

Pukul 08.17 WIB cus dari Tawangmangu menuju Terminal Wisata Ngargoyoso di Kemuning.

Jaraknya lumayan jauh juga. Beberapa kilo meter.

Kira kira 35 menit kemudian beliau sudah berada di Kemuning. Tepatnya ngabari pada pukul 08.52 sudah sampai di lokasi.

Tidak perlu waktu lama, (belum lima menit) driver Katana Belalang Tempur dengan Driver mas Hari bisa ditemukan dengan mudahnya oleh keluarga ini. Kemudian langsung ngeenngggg menuju bukit jimber.

Karena ada anak kecil usia 2 tahun dan cewek yang masih SD, maka driver menyesuaikan cara menyetir untuk mengutamakan kenyamanan piknik keluarga ini.

Lebih ke bagaimana supaya ayah ibu bisa mendampingi putra putrinya dalam menikmati perjalanan offroad menggunakan unit kendaraan suzuki katana (entah kenapa kok kondang dengan sebutan jeep ya??).

Kondisi medan offroad berupa tanah berlumpur dan menyusuri sungai yang relatif aman untuk piknik keluarga.

Rampung ber jeep bukit njimber ria Mas Hari driver Jeep belalang tempur memberikan tambahan bonus berupa trip ke Bukit teletubbies.

Kenapa driver memberikan bonus perjalanan lagi lebih dari perjanjian awal menyewa jeep adventure?

Ada 2 alasan yaitu;

Pertama, pihak penyewa nampak menikmati dan senang dengan perjalanan jeep adventure di wilayah kemuning ini.

Kedua, kebaikan hati driver itu sendiri.

Apabila pihak penyewa kurang antusias, tentu driver pikir pikir hendak memberi tambahan trip. Ibarat orang kurang menyukai menu suatu makanan malah di imbohi, tentu malah mubadzir.

Beda lagi jika nampak menyenangi menu nya, tentu akan bermanfaat apabila menambahkan menu tersebut.

Kedua, tidak semua driver jeep memiliki kelonggaran hati untuk memberikan tambahan bonus perjalanan kepada wisatawan tanpa ada charge tambahan.

Alasannya ada beberapa, yang pertama adalah waktu, seharusnya dia bisa antri lagi. Alasan yang kedua yaitu setidaknya entah sedikit banyak beberapa tetes atau liter partelite tentu dibutuhkan untuk perjalanan tambahan.

Pengalaman piknik naik jeep tour kemuning via jalur kebun teh – bukit jimber

bukit kemuning karanganyar
foto di bukit teletubbies kemuning Ngargoyoso Karanganyar

Pihak penyedia jeep tentu sangat ber terima kasih kepada keluarga Tyta Sagita. Alasannya karena sudah mempercayakan kepada pontren com untuk menemani dalam menyusuri sungai di bukit jimber serta jalan berlumpur.

Karena tidak kenal sebelumnya, belum pernah bertemu tetap saja mempercayakan liburan saat berada di kemuning melintasi bukit jimber dan teletubbies (biasa juga mendapat sebutan bukit kemuning).

Untuk pelayanan lebih baik, pihak penyedia jeep meminta kepada pengguna untuk memberikan ulasan mengenai pelayanan yang ada. Pertama kesopanan driver, yang kedua yaitu menyangkut unit kendaraan.

Tentu tidak harus seketika, nanti jika sudah longgar santai dan sempat menyampaikan ulasan.

Ternyata lebih dari harapan pihak vendor, ora nganggo nanti, tidak pake mengko, beberapa detik.

Ada tiga point ulasan beliau sebagai berikut ini;

  • Terimakasih atas layanannya serta dokumnetasimya
  • Drivernya sangat sopan sekali
  • Sekali lagi keluarga km merasa puas atas layanannya

Begitulah kisah liburan keluarga ngadem di Kabupaten Karanganyar menuju tempat rekreasi terbaru dan ngehits di Kemuning (bukit jimber relatif baru baru saja buka untuk track offroadnya).

Semoga bisa memberikan kesegaran pikiran, meningkatkan semangat saat pulang kembali selesai liburan.

Oh iya, sekedar info durasi waktu perjalanan, start jam 9 pagi dan driver mengirimkan foto dokumen ke vendor pukul 10.50 WIB.

Pertanda perjalanan telah usai.

Jadi kalau menghitung mulai start sampai selesai perjalanan kira kira 2 jam kurang 5-10 menit untuk rute kebun teh – bukit Jimber – bukit teletubbies (bukit tinggi kemuning).

Kisah unik dibalik liburan offroad kemuning keluarga Tyta Sagita

Ada beberapa kisah unik atau dibuang sayang untuk tidak disampaikan.

Minimal ada dua kisah menarik dalam rangka libuan hari raya idul fitri tahun 1443 Hijriyah atau tahun 2022 masehi keluarga ini.

Berikut kisah unik dibuang sayang.

Ternyata bukan hanya jalan raya yang macet

Karena berangkat ngejeep start jam 9 pas (on time sekali nih family) maka keluarga ini lolos dari jebakan macet.

Karen melihat pada status beberapa driver jeep yang melayani tamu kisaran setelah waktu dhuhur menyebutkan bahwa,

Gagas dalan gede, dalan ngalas wae melu macet 😀 😀 😀

Yang artinya,” kok memikirkan jalan raya, lha jalan hutan saja ikutan macet (maksudnya jalur track offroad juga ada kemacetan karena ramainya penyewa).

jalur jeep wisata kemuning macet
antri untuk memasuki area offroad karena membludak pengunjung saat liburan hari raya idul fitri, namun hanya sebentar saja

Dokumentasi

Tentunya sebagai penyedia pariwisata, pihak jeep (dalam hal ini driver) berusaha sebaik mungkin untuk mendokumentasikan liburan penyewa dengan maksimal.

Biasanya untuk kepraktisan, driver membantu memfoto pada lokasi spot yang menarik menggunakan kamera milik penyewa. Alasannya tidak perlu nanti mengirimkan dokumen file gambar atau video kepada tamu.

Kedua, bagi driver yang bagus dan lihai, dia akan mengabadikan momen momen menarik tamu secara candid dengan kameranya sendiri.

Kemudian memberikan file ini via vendor yang menjadi tempat pemesanan.

Kenapa harus lewat vendor?

Apa tidak bisa langsung saja mengirimkan kepada tamu?

Sebenarnya ada etika driver dengan pihak vendor atau jobber yang memberikan order kepada driver.

Salah satu etikanya yaitu driver tidak boleh meminta kontak apapun dari penyewa.

Kenapa begitu?

Karena ya seperti itu sopan santunnya 😀

anak kecil sadar kamera
sadar kamera

Padahal dalam hal ini perjalanan keluarga Tyta, vendor meminta file foto tujuannya untuk dokumen dan publishitas semata.

Bukan alasan merahasiakan nomor pihak penyewa.

Namun karena mas Hari menjunjung etika dalam melayani tamu di tempat pariwisata akhirnya beliau mengirimkan seluruh file foto yang ada di kamera kepada vendor atau jobber, kemudian pihak vendor mengirimkan kepada tamu atau penyewa jeep.

Sebenarnya masih ada ulasan lagi tentang kira kira berapa estimasi partelite untuk perjalanan tersebut, berapa lama mencuci jeep setelah berkotor ria menempuh jalur offroad. Atau mengulas driver yang just a driver, maksudnya jeepnya milik orang lain dengan cara setoran.

Mungkin lain waktu kami akan mengulasnya pada artikel tersendiri.

Demikian reportase tentang liburan di Jimber dan bukit teletubbies, terima kasih sudah mampir, salam kenal dan selamat berwisata.


Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.