Lobok Atine Tegese, Contoh Tuladha Ukara, Kalebu Tembung

Lobok Atine Tegese, Contoh Tuladha Ukara, Kalebu Tembung

Tegese Lobok atine yaiku sabar, ora gampang muringan, artinya adalah penyabar, tidak mudah marah atau naik darah, kalebu jenise tembung entar Basa Jawa, adapun contoh tuladha ukara akan kita sampaikan pada bagian bawah.

pontren.com – assalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuhu, wilujeng sonten alias selamat sore para pembaca internet, baik kalangan pecinta Bahasa Jawa maupun murid anak didik yang sedang mengerjakan soal ulangan mapel b Jawa.

Kali ini kita akan membahas tentang tembung entar kang ateges sabar, ora gampang muringan utawa nesu yaiku lobok atine.

Mengacu kepada kamus Basa Jawa online lobok tegese yaiku logro, ora sêrêt tmr. anjing-anjingan, ali-ali lsp; atau bisa juga mempunyai arti (utawa lobokan) blatèr, gampang anggone têtêpungan. Maksudnya yaitu kebesaran (baju, celana, ali-ali) dan lain sebagainya.

Artinya yang lain dalam bahasa Indonesia adalah mudah akrab, supel, gampang berkenalan dan berkawan.

Adapun atine artinya adalah hatinya. Ati atau hati mempunyai dua arti.

Yang pertama yaitu bentuk fisik dari organ tubuh yang memproses berbagai keperluan tubuh, dan satunya lagi memiliki arti yang tidak berwujud yaitu berupa rasa, perasaan, feeling dan lain sebagainya.

Dalam sanepa ini maksudnya atine atau hatinya yaitu arti yang kedua, yang berarti berkenaan dengan perasaan atau rasa.

Jadi secara harfiah makanya adalah hatinya yang kebesaran sehingga apapun yang masuk menjadi muat atau bahkan masih ada sisa ruangan (kebesaran = logro lobok , jawa – red).

Makanya sangatlah pas apabila ungkapan ini mempunyai arti penyabar, tidak mudah naik darah atau marah. Karena hatinya yang luas sehingga mampu menampung apapun itu bahkan masih ada ruangan sisa untuk menempati.

Tegese Lobok atine, Contoh Kalimat Tuladha Ukara

Tentunya relatif mudah untuk membuat contoh kalimat dengan ungkapan ini.

Paling mudah yaitu nama seseorang kemudian diikuti dengan kata sanepa yang artinya sabar tidak mudah marah ini.

Misalnya,” Dewi Astuti Nurlaila (nama orang) kemudian pada belakangnya diikuti dengan tembung sanepa tersebut.

Maka hasilnya contoh kalimat tuladha ukara sanepa Dewi Astuti Nurlaila lobok atine, yang maksudnya adalah si Dewi adalah orang yang penyabar.

Atau anda dapat membuat kalimat yang lebih panjang dan patut sebagai jawaban dalam materi soal ujian maupun ulangan.

Berikut contohnya.

Sanajan sugih mblegedhu, wonge lahang karoban manis, ananging Dewi Astuti Nurlaila ora gedhe endhase lan tansah lobok atine.

Artinya meskipun sangat kaya raya, wajahnya cantik rupawan manis tidak ketulungan. Namun dia tidak sombong dan selalu penyabar dan tidak mudah marah.

Nah demikianlah informasi mengenai contoh jawaban tuladha ukara sanepa kang ateges sabar, ora gampang nesu utawa muring. Yang lengkap dengan arti dan terjemahnya kedalam Bahasa Indonesia.

Sampai ketemu lain waktu, wilujeng sonten, salam kenal dan wassalamu’alaikum.

Tentang

salam blogger

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*