Tembung Panyandra Mripate Blalak blalak tegese Yaiku, kalebu tembung

tembung panyandra mripate blalak blalak tegese
Share

Tembung Panyandra Mripate Blalak blalak tegese Yaiku mripat kang amba sarta katon bening artinya pemisalan mata yang indah itu mblalak-mblalak, yaitu suatu kata untuk menggambarkan alat penglihatan manusia yang lebar dan tampak jernih (bening). Kalebu jenise tembung panyandra perangane awak.

pontren.com – assalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakaatuh, selamat siang para pembaca internet khususnya siswa siswi sekolah dasar maupun SMP SMA, juga santri pada Madrasah baik MI MTs maupun Aliyah.

Kali ini kita akan membahas mengenai ungkapan kata atau unen unen basa Jawa sing nggambarake endahing mripat, basa krama mripat yaiku diarani paningal, basa ngokone yaiku mata (moto).

Jadi panyandra adalah ungkapan semisal, memiripkan, menggambarkan dalam hal ini perangane awak (bagian tubuh khususnya manusia) berupa alat penglihatan atau kita menyebutnya dengan mata. Bahasa Inggrisnya adalah eyes.

Kalau ada soal dalam mapel B. Jawa yang ukarane yaiku sing cinandra utawa candrane blalak-blalak iku apane? wangsulane Yaiku mripate, matane, paningale.

Tegese Tembung Panyandra Mripate Blalak blalak

Untuk menambah kosakata atau bausastra dasanama Bahasa Jawa, mari kita mencoba mengartikan dan menerjemahkan apa yang ada dalam tembung unen unen panyandra perangane awak yaiku mripat.

Mripat tegese yaiku perangane awak gunane kanggo nyawang, ndelok. Dalam bahasa Indonesia memberikan arti mata sebagai indra untuk melihat.

Blalak-blalak tegese yaiku bentuke amba lan katon bening, arti blalak blalak adalah bentuk mata yang lebar dan tampak bening, maksudnya lebar yaitu kebalikan dari mata sipit. Bukan hanya lebar saja namun juga kelihatan bening jernih dan indah menyenangkan untuk memandanginya.

Jadi kalau kita menerjemahkannya secara lebih luas atau pengertian dari ungkapan panyandra mripate blalak blalak yaiku perangane awak manungsa kanggo nyawang kang amba lan bening, apik uga nyenengake wong kang nyawang.

Arti mripate mblalak mblalak adalah alat indera penglihatan manusia yang bentuknya lebar dan tampak bening serta jernih.

Contoh tuladha ukara panyandra mripat contohnya kalimat dalam Bahasa Jawa adalah sebagai berikut;

Menawa nyawang mripate Asti Setyorini nengsemake banget amarga mripate blalak-blalak. Artinya adalah apabila melihat mata milik Asti Setyorini begitu menyenangkan, alasannya karena bentuk matanya yang lebar dan jernih.

Untuk nama dalam contoh bisa anda ganti dengan siapa saja semisal Aning Setyaningsih, Andri Setyaastuti atau Ana Setyowati dan lain sebagainya. Akhirnya terima kasih sudah berkunjung, selamat siang, salam kenal dan wassalamu’alaikum.


Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.