Tembung Panyandra Poconge yaiku, Tuladha Ukara

Tembung panyandra kanggo perangane awak pocong utawa poconge yaiku manjang ilang artinya adalah pujian untuk bentuk tubuh pantat atau bokong adalah memanjang hilang, berikut tuladhane ukarane ana ing ngisor iki.

pontren.com – assalaamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuhu, wilujeng dalu selamat malam para pemirsa internet di ponsel maupun laptop komputer.

Kali ini kita akan membahas tentang tembung panyandra perangane awak Basa Jawa yaitu pocong atau poconge.

Sudah berhari-hari saya penasaran, apa sih maksudnya pocong dalam bahasa Jawa?

Saya sendiri yang lahir dan tumbuh besar di area eks Karesidenan Surakarta alias solo serta beberapa tahun di Yogyakarta kok sampai tidak tahu apa itu pocong sebagai bagian tubuh manusia.

Setau saya yang namanya pocong yaitu mayat dengan kain kafan putih dengan ikatan pada bagian kepala.

Tentunya bukan ini maksudnya.

Setelah mencari di primbon kawruh basa Jawa, baru saya menemukan artinya yaitu bagian tubuh manusia yang biasanya mendapatkan sebutan agak genit yaitu semok dan lain sebagainya.

Tegese panyandarne pocong Basa Jawa

panyandra poconge yaiku manjang ilang

Setelah mengerti artinya secara harfiah, ada baiknya kita memahami lebih dalam melalui kamus online yang bisa anda akses melalui hape anda.

Berikut adalah arti kata dan pengertiannya memakai Basa Jawa.

Tegese pocong yaiku basa krama ngoko bokong, daging kang ngapit dubur (sangganing linggih) artinya yaitu daging yang mengapit lobang pembuangan atau penyangga duduk.

Hayo jujur saja berapa banyak orang yang tau artinya poconge sebelum membaca artikel ini?

Selain itu ada istilah lain untuk silit atau lobang pembuangan dalam Basa Jawa yaitu canthoka.

Tembung chantoka yang memiliki arti lobang dubur. Ini saya ketahui saat melihat pementasan wayang kulit ki manteb Sudharsono melalui situs youtube.

Pada saat itu menceritakan bagaimana werkudara alias bima yang tidak bisa mengalahkan patih Harya Sengkuni . Karena kebal terhadap pukulan senjata apapun.

Dan akhirnya semar dan sri Kresna memberitahu kepada Bima titik lemah patih harya sengkuni adalah bagian duburnya (cantoko) dan mulutnya.

Karena bagian tubuh itulah yang tidak kena minyak tala.

Minyak ini memiliki khasiat bagian tubuh yang kena oles minyak ini menjadi tidak mempan gaman (senjata). Baik senjata yang ada di dunia maupun senjata kahyangan.

Manjang ilang tegese kaya panjang ilang. Apa iku panjang ilang? Yaiku wadhah panganan sing digawe saka anyaman janur. Yaitu tempat makanan yang terbuat dari daun kelapa yang masih muda.

Bentuk dari tempat makanan atau wadhah panganan panjang ilang ini membulat bagian bawahnya yang menjadi pemisalan untuk bentuk pantat atau bokong yang berisi dan sintal padat.

Tuladha Ukara Panyandra Poconge utawa Bokonge

Adapun tuladha ukara contoh kalimatnya adalah sebagai berikut.

Pancen nengsemake nalikane nyawang Asti Setyorini kang nduwe esem pait madu, pundake nraju mas, rambute ngandhan andhan, mripate ndamar kanginan lan poconge manjang ilang.

Artinya adalah memang menyenangkan pada saat melihat si Asti yang memiliki senyuman sangat manis, pundaknya seimbang kiri kanan, rambutnya indah sedikit berombak, matanya sayu menyala-nyala dan bokongnya yang semok.

Demikian sekedar tambahan tulisan karena kepo dengan arti dan terjemah poconge kedalam bahasa Indonesia dan akhirnya menjadi sebuah artikel.

Maturnuwun sudah mampir, salam kenal dan wassalamu’alaikum.

Tinggalkan komentar