Cucian Motor Tantam Tasikmadu, Murah Cepat Mengkilap

Share

Cucian Motor Tantam Tasikmadu, Murah Cepat Mengkilap. Pengalaman nyucikan motor di Tantam Tasikmadu. Begitulah tagline usaha cuci motor yang barusan saya ngumbahne motor supra fit lawas warisane mbah kakung lansiran honda tahun mbuh kae, nganti mbuka STNK untuk melihat tahun produksinya (ternyata tahun 2005).

pontren.com – assalaamu’alaikum mas bro, kisaran tahun 2004 saya juga pernah bekerja pada cucian motor, kala itu tarifnya kisaran Rp. 5000,- pukul rata semua merk dan jenisnya. Zaman kuwi belum usum motor matik.

Kebanyakan pelanggannya honda supra, grand, GL Pro, jupiter, shogun dan lain sebagainya, beda dengan masa kekinian, akeh-akehnya motor matik kayak BeAT, Mio, Vario dan pit montor Jumbo semisal N-Max dan Honda PCX.

Alamat Cucian Motor Salju Tantam

Oh iya, lokasi Cucian motor ini berada di sebelah Kanan Jalan dari arah kolam renang Intan Pari menuju prapatan kongan (arah ke Barat). Jadi nek sampean arah ngetan berarti di sebelah kiri jalan.

Jika melihat alamat TK yang berada di samping usaha cuci motor ini, alamatnya yaitu Pendem Wetan RT 01 RW V Suruh Tasikmadu Karanganyar.

Lebih tepatnya ini dia pada lokasi google maps.

Awalnya nama pada titik google maps cuci motor salju, kemudian saya edit tambahkan namanya tantam serta saya cantumkan jam buka dan tutupnya. Acuannya berdasarkan keterangan mase yang nyambut gawe.

Nah disitulah saya nglebokne motor supaya mendingan memper ora kuwuk di sawang. Mesakne Cuma di tumpaki ora di resiki, padahal udan panas kena pasir tanah dan kecipratan krikil.

Sebagai pemilik motor dan orang yang pernah bekerja pada cucian motor saya pribadi puas dengan hasilnya setelah selesai cuci salju ini.

Kapan-kapan insyaallah balik lagi kesini untuk nyuciin sepeda nek wis ra kober ngumbah dewe.

Alhamdulillah rampung cuci salju bisa bersih, mendingan jauh.

sebelum dan sesudah motor dicuci
sebelum dan sesudah motor dicuci

Kalau kemilau mengkilapnya sih saya enggak ngarep-arep, lha wong memang cat motornya sudah usang dan kusam, jadi mau di gosok bagaimanapun tidak akan kinclong kayak motor baru.

Jam Buka Tutup

Awalnya saya agak bingung lihat banner MMT pada belakang tempat duduk pelanggan yang menunggu antrian atau sepedanya sedang dalam proses pencucian.

Yang satu keterangannya buka jam 08.00 dan satunya lagi mulai buka jam 09.00 WIB.

Mana yang bener?

Akhirnya saya nanya masnya dan mase bilang MMT yang lebih baru yang dipake, maksudnya yang benar mulai buka beroperasi adalah jam 09.00 WIB alias jam songo esuk.

Untuk jam tutup, kedua MMT banner menginformasikan tutupnya jam 17.00 WIB alias jam 5 sore.

Hari minggu tetep buka bro, namun khusus hari jum’at, waktu bukanya kisaran jam 1 siang.

Jadi nek sampean meh ngumbahne motor pada hari jum’at, silakan datang bar salat jum’atan.

Biaya Cuci Motor

Berapa biaya sekali cuci motor disini?

Ada kelas kelasnya. Tidak sama biaya antara Yamaha Nmax dengan supra fit.

Jika mengacu kepada MMT maka tarif cuci motor tantam Tasikmadu adalah sebagai berikut;

  • Bebek/Matic kecil Rp. 12.000,-
  • Vario 125/Vario 150 : (tulisane di sensor) hihiiiiii
  • NMAX, PCX, Moge : Rp. 15.000,-

Kalau motor bebek dan matic kecil tentu kita paham semisal honda grand, supra, suzuki smash, yamaha vega.

Sedangkan matic kecil golongane honda BeAT, vario 110 cc, yamaha mio, suzuki nex, apalagi? Ya sebangsa itulah pokoknya.

Ada sejenis lagi tarifnya yang mungkin ada perubahan banner yaitu Vario 125 maupun 150.

Mungkin antara 12 ribu atau 15 ribu, atau bisa jadi 12 ribu saja. saya malah belum sempat nanya tadi.

Untuk motor besar semisal N-Max, Honda PCX maupun moge (motor gede) tarifnya 15 ribu. Apa motor laki semisal vixion, tiger, GL Pro masuk kategori mana, mungkin saja mlebu kategori moge.

Durasi menyelesaikan pekerjaan mencuci motor

motor selesai dicuci
motor bersih selesai dicuci dan siap jalan nggo golek duittt…..

Mengacu kepada jam hape saya, motor tuwek supra fit lansiran 2005 mulai naik ke panggung pencucian pada jam 10:11 menit.

Rampung selesai semua prosesnya mulai dari awal semprot sampai pelumuran cairan sabun yang jadinya kayak salju, poles ban dan finishing, saya melihat jam pada hape saya rampungnya kisaran jam 10:27

Jadi kalau satu sepeda motor digarap dua orang, estimasi pengalaman saya pribadi memakan waktu kisaran 15 menit, paling kalau molor tambah satu atau dua menit saja.

Itu diluar situasi kalau ngantri ya, hitungannya mulai di semprot sampai selesai pengelapan.

Kalau motor gede berapa lama? Misalnya N-Max atau honda PCX?

Wah saya tidak tahu, paling sama saja atau lebih lama dikit.

Saya perkirakan tidak lebih dari 20 menit pengerjaannya.

Proses Pencucian Motor pada Cucian Motor Tantam Tasikmadu

Jika sampean memperhatikan bagaimana proses pencucian sepeda motor anda yang sampean kumbahne pada tantam, saya kira sama saja seperti yang saya alami.

Ini dia prosesnya

Penyemprotan awal seluruh body Kendaraan

Yang pertama, kendaraan di tempatkan pada posisinya, kemudian dengan alat khusus bermesin dengan tekanan tinggi air di semprotkan ke sekujur body motor.

Mulai yang mudah di jangkau seperti bagian depan samping dan lampu-lampu, kemudian yang susah di jangkau seperti kolong slebor motor depan belakang dan bagian bawah mesin.

Pokoknya kabeh bagian motor di semproti secara merata.

Pemberian Sabun dan Proses pensaljuan

proses salju cuci motor
adus aduuusssss sabunan siiik

Saya bingung apa namanya ya, anggap saja sabun atau shampoo motor.

Penggunaan shampoo ini menyeluruh ke sekujur badan kendaraan.

Menggunakan alat semisal tabung (jaman saya dulu belum usum), kemudian di semprotkan isinya.

Setelah merata, kemudian di gosok gosok supaya kotoran yang menempel pada body maupun mesin kendaraan bisa luntur dan lepas sehingga motor menjadi terbebas dari regetan.

Pembilasan Salju

Rampung menggosok sekujur badan motor secara menyeluruh, kemudian sabun shampoo motor ini di guyur dan dibilas sampai bersih.

Semua shampoo yang berguna melepaskan daki daki bolote motor ini turut serta membawanya meninggalkan motor kesayangan sampean (ceilee puitisnya).

Rampung itu motor di lap supaya kering dan tidak ada air yang menempel pada kendaraan.

Finishing mengilapkan kendaraan dan menyemir Ban Motor

menyemir ban motor
ban di semir ben ireng mengkilap

Setelah proses pengeringan motor dengan kanebo, selanjutnya yaitu memoles body motor dengan silicon atau bahan sejenisnya, saya sampe lupa apa namanya saking lamanya sudah tidak kerja di cucian motor (terakhir kalau gak salah tahun 2004).

Seluruh body motor mulai dari slebor, body samping dan lain-lain di semprot memakai silicon atau sejenisnya, kemudian di gosok supaya body menjadi tampak kemilau cetar membahana dan mengkilap.

Kalau body motor sampean isih sip, tentu dadi mengkilap kinclong, kalau motor saya sih ketok memper disawang ae maturnuwun, alhamdulillah hasilnya malah lumayan kinclong (body nya udah kusam banget sih), maturnuwun pokokment.

Kemudian pada bagian kaki kaki supaya tampak hitam pekat berkilau ora ketok buthuken alias kusam, ban ini di semir memakai gel atau liquid tertentu.

Kalau bilangnya istri saya dalam jangka waktu 1 bulan masih nampak sisa-sisa semirannya, jadi lumayan tahan lama juga hasil semir cucian motor ini.

Kalau kinclong body ya agak susah ya, karena kena hujan panas. Tentu tidak sama situasinya dengan semir ban.

Nah demikian pengalaman saya nyucikan motor di wilayah tasikmadu pada tantam cucian motor, saya pribadi sih puas dengan hasilnya. Wilujeng siang, salam kenal dan wassalaamu’alaikum.


Share

Mumtaz Hanif

salam blogger

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *